26 Juni 2010

Chile vs Spanyol: Atasi Chile, Spanyol Juara Grup


Spanyol akhirnya lolos ke 16 besar Piala Dunia 2010 sebagai juara Grup H Piala Dunia 2010 usai menaklukkan Cile, Jumat (25/6/2010). Tim "Matador" akan menghadapi Portugal pada perdelapan final.

Kemenangan Spanyol di laga terakhir penyisihan grup di Stadion Loftus Verfeld, Pretoria, itu ditentukan lewat dua gol di babak pertama. David Villa membuka skor melalui tendangan jarak jauh di sayap kiri, memanfaatkan umpan panjang dari Xabi Alonso yang gagal dibuang kiper Claudio Bravo.

Andres Iniesta menambah gol untuk Spanyol melalui kerja sama kaki ke kaki dengan Villa di menit ke-37. Cile yang bermain keras sejak awal pertandingan akhirnya bermain dengan sepulu pemain karena gelandang Marco Estarada mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Fernando Torres sebelum gol Iniesta terjadi.

Dalam kondisi tertinggal, Cile malah berbalik menekan di awal babak kedua. Hanya dua menit setelah jeda, Rodrigo Millar memperkecil ketinggalan menjadi 1-2. Pemain yang baru masuk di babak kedua itu melepas tendangan keras dan bola berbelok setelah mengenai dengkul Pique.

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque kemudian menarik Torres dan memasukkan Cesc Fabregas. Dengan satu striker, serangan-serangan Spanyol ini makin fokus. Bola-bola terobosan dari Fabregas dan Xavi Herandez selalu tertuju kepada Villa sebagai penyerang tunggal.

Cile meladeninya dengan permainan disiplin di segala ini. Begitu mendapat kesempatan menyerang, pasukan Marcelo Bielsa itu berani menyisakan dua pemain untuk menjaga pertahanan. Ketika diserang, pemain segera merapat di tengah dan belakang.

Meski kalah, Cile tetap lolos ke putaran selanjutnya. Mereka akan melawan tim lain dari Amerika Selatan, Brasil, yang menjadi juara Grup G setelah bermain imbang 0-0 lawan Portugal.

Susunan pemain:
Cile: Bravo; Medel, Ponce, Jara, Isla; Estrada, Vidal, Gonzalez (Millar 46); Beausejour, Sanchez (Orellana 65); Valdivia (Paredes 46).

Spanyol: Casillas; Ramos, Puyol, Pique, Capdevila; Xavi, Alonso (Martinez 73), Busquets; Torres (Fabregas 55), Iniesta; Villa. (kmp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar