10 September 2010

Koleksi sms ucapan selamat hari raya idul fitri, sms lebaran (bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa gaul, bahasa tumbuh-tumbuhan)

kumpulan sms ucapan selamat hari raya idul fithri, sms lebaran (bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa gaul, bahasa tumbuh2an

AdA RaSa SeDiH kEtiKa RaMaDhAn PeRgi, aDa RaSa HaRu kEtiKa tAkBiR MeNgGeMa.KiNi hRp AmPun BeRgEmUrUh d HaTi.AgAr JiWa MeNjaDi BeRsiH.”miNaL aDziN WaLfAiDziN”

Jk Ht sJerniH aiR,jgN biaRkaN ia kEruH,Jk Ht sPutiH awAn,jgN biaRkaN ia MnDuNg,Jk Ht seIndAh bLn,hiAsi ia dgN imAn.Met LbaRan,maAf lhr&btn ya

Dlm krendahan hati ada kluhuran budi.Dlm kmskinan hrta ada kkyaan jw.Dlm kkhilafan diri ada untaian maaf nan indah. Slmt Idul Fitri 1427 H.Mäàf Làh!r & Båt!ñ.

“andai jari tak kuasa berjabat,” andai wajah tak kuasa bertatap, setulus hati ku sampaikan permohonan. maaf lahir batin ya..

walau langkah tak btemu,tangan tak bjabat,ucap tak terdengar,izinkan hati memohon maaf lahir&batin.met Idul Fitri..

As.DariSjutaKsalhan kuharapAdaScercahHarpn YgbsBwtkuLbTenangyaitu KATAMAAFygTulusDarimu semogaMshKauSisakn bwtku,mohonMaafLahrbtn,SmogaALLAHslaluMelindungiQt

4JJI pasti membhgiakn orng2 yg slng mmaafkan ssma saudarañ d hri yg fitri. raih dan nkmati stiap kruniaña yg tak akan kau sangka2.slmt idul fitri 1427 H.

Semoga Allah melapangkan hati kita u. lebih bsabar dan ikhlas.Begitupula sahabatmu yg penuh khilaf ini mohon dimaafkan jg.TAQOBBALALLAH MINNA WA MINKUM

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Shiyamanaa Wa Shiyamakum. Taqabbal Yaa Karim..Met Idul Fitri 1427H. Maaf atas segala salah & khilaf.

Dlm krendahan hati ada kluhuran budi.Dlm kmskinan hrta ada kkyaan jw.Dlm kkhilafan diri ada untaian maaf nan indah. Slmt Idul Fitri 1427 H.Mäàf Làh!r & Båt!ñ.

4 things I did wrong,4 words which might hurts,4 jokes u can’t take.Pls accept my apologies..Taqabalallahu minna wa minkum.Mohon maaf lahir&batin.

Taqabbalallahu minna wa minkum, shiamana wa shiamakum. Smoga qta mraih kmenangn dan mngambl hikmah dbln Ramadhan. Selmt Idul Fitri mohn maaf lhr&btn.

Mätà kädàñg sàlàh mélìhät mùlùt kàdäng sàläh b’ücàp hàtì kàdàng sàlàh m’dùgà mààfkàn sgl khäläf&khìlàf,,,Sélàmàt idùl fìtrì.Mòhòñ Mààf Làhìr Bäthìn..

Semoga Allah melapangkan hati kita u. lebih bsabar dan ikhlas.Begitupula sahabatmu yg penuh khilaf ini mohon dimaafkan jg.TAQOBBALALLAH MINNA WA MINKUM

As.DariSjutaKsalhan kuharapAdaScercahHarpn YgbsBwtkuLbTenangyaitu KATAMAAFygTulusDarimu semogaMshKauSisakn bwtku,mohonMaafLahrbtn,SmogaALLAHslaluMelindungiQt

(“,) t!mE iS c0miN9..TimE to geT for9ivEn3sS oF mY wRoNg doiN9 fr0m U,,K MaAfiN v ¥a!!4 aLL mY faULt._HapPy iduL fiTri_ ^-^

Adalh lidah pgkal dr ucpn.Dg lidah t’jalin p’shbatn, dg lidah jg rtakx p’shbatn.mhn maaf lhr btin. Wilujeng boboran siam!

Stiap indra pd tbh mnumbhkn prasgka.Adalh lidah pgkal dr ucpn.Dg lidah t’jalin p’shbatn,dg lidah jg pts p’shbatn.saat yg tpt tuk slg b’maafn.Met Idul Fitri!

4 things I did wrong,4 words which might hurts,4 jokes u can’t take. Pls accept my apologies…Taqabalallahu minna wa minkum.Mohon maaf lahir batin jg.

Taqabbalallahu minna wa minkum, shiamana wa shiamakum.Smoga lpas Rmdhn ni, qta m’capai drjt muttaqin.Slmt Idul Fitri mhn maaf lhr&btn.

sumber:http://rismayana.multiply.com/

==============================

* * * *

Kata telah terucap, tangan telah tergerak, prasangka telah terungkap,Tiada kata, Kecuali “saling maaf” jalin ukhuwah & kasih sayang raihindahnya kemenangan hakiki, Selamat Hari Raya Iedul Fitri

Selamat Hari …… ,Marilah Kita saling mengasihi n memaafkan…Ku tau kau telah banyak berbuat salah Dan dosa kepadaku, sering meminjamduit n Ga ngembaliin, pake motor Ga pernah isi bensin, tapi tak usahrisau… Ku t`lah memaafkanmu. ..

” Sepuluh jari tersusun rapi.. Bunga melati pengharum hati .. SMS dikirimpengganti diri… Memohon maaf setulus hati … Mohon Maaf Lahir Dan Batin.. Met Idul Fitri …

Andai jemari tak smpt berjabat,andai raga tak dpt b’tatapSeiring beduk yg mgema,sruan takbir yg berkumandangKuhaturkan salam menyambut Hari raya idul fitri,jk Ada kata serta khilafkumembekas lara mhn maaf lahir batin.SELAMAT IDUL FITRI

Mawar berseri dipagi HariPancaran putihnya menyapa nuraniSms dikirim pengganti diriSELAMAT IDUL FITRIMOHON MAAF LAHIR BATHIN

Sebelum Ramadhan pergiSebelum Idul fitri datangSebelum operator sibukSebelum sms pending muluSebelum pulsa habisDari hati ngucapin MINAL AIDZIN WAL FAIDZINMOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Jika HATI sejernih AIR, jangan biarkan IA keruh,Jika HATI seputih AWAN, jangan biarkan dia mendung,Jika HATI seindah BULAN, hiasi IA dengan IMAN.Mohon Maaf lahir Dan batin

Menyambung kasih, merajut cinta, beralas ikhlas, beratap DOA.Semasa hidup bersimbah khilaf & dosa, berharap dibasuh maaf.Selamat Idul Fitri

Melati semerbak harum mewangi,Sebagai penghias di Hari fitri,SMS ini hadir pengganti diri,Ulurkan tangan silaturahmi.Selamat Idul Fitri

Sebelas bulan Kita kejar dunia,Kita umbar napsu angkara.Sebulan penuh Kita gelar puasa,Kita bakar segala dosa.Sebelas bulan Kita sebar dengki Dan prasangka,Sebulan penuh Kita tebar kasih sayang sesama.Dua belas bulan Kita berinteraksi penuh salah Dan khilaf,Di Hari suci nan fitri ini, Kita cuci hati, Kita buka pintu maaf.Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir Dan batin

Andai jemari tak sempat berjabat.Jika raga tak bisa bersua.Bila Ada kata membekas luka.Semoga pintu maaf masih terbuka.Selamat Idul Fitri

Faith makes all things possible.Hope makes all things work.Love makes all things beautiful.May you have all of the three.Happy Iedul Fitri.”

Walopun operator sibuk n’ sms pending terus,Kami sekeluarga tetap kekeuh mengucapkanSelamat Idul Fitri, mohon maaf lahir Dan batin

Bila kata merangkai dusta..Bila langkah membekas lara…Bila hati penuh prasangka…Dan bila Ada langkah yang menoreh luka.Mohon bukakan pintu maaf…Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin

Fitrah sejati adalah meng-Akbarkan Allah..Dan Syariat-Nya di alam jiwa..Di dunia nyata, dalam segala gerak..Di sepanjang nafas Dan langkah..Semoga seperti itulah diri Kita di Hari kemenangan ini..Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin

Waktu mengalir bagaikan airRamadhan suci akan berakhirTuk salah yg pernah AdaTuk khilaf yg sempat terucapPintu maaf selalu kuharapMet Idul Fitri

Walaupun Hati gak sebening XL Dan secerah MENTARI.Banyak khilaf yang buat FREN kecewa,Kuminta SIMPATI-mu untuk BEBAS kan dari ROAMING dosaDan Kita semua hanya bisa mengangkat JEMPOL kepadaNyaYang selalu membuat Kita HOKI dalam mencari kartu ASSelama Kita hidup karena Kita harus FLEXIbelUntuk menerima semua pemberianNYA Dan menjalaniMATRIX kehidupan ini…Dan semoga amal Kita tidak ESIA-ESIA…Mohon Maaf Lahir Bathin.

Satukan tangan,satukan hatiItulah indahnya silaturahmiDi Hari kemenangan Kita padukanKeikhlasan untuk saling memaafkanSelamat Hari Raya Idul FitriMohon Maaf Lahir Batin

MTV bilang kalo MO minta maap g ush nunggu lebaranOrg bijak blg kerennya kalo mnt maap duluanUst. Jefri blg org cakep mnt maap gk prl disuruhKyai blg org jujur Ga perlu malu utk minta maapJd krn Mrs anak nongkrong yg jujur, keren cakep Dan baekYa gw ngucapin minal aidzin wal faizin , mohon maaf lahir Dan batin ..

http://febri.wordpress.com/

==============================

Sayup terdengar takbir berkumandangTanda Ramadhan akan lewatAmpunan diharap, barokah didapatTaqobalallahu minna wa minkumMohon maaf lahir dan bathin

———— ——— ——— ——— ——— —-

Bryan Adams said “Please Forgive Me……”Rio Febrian said “Ooo…. Maaf, maafkan diriku….”Ruben Studdard said “Well this is my sorry for 2004…”Yuni Shara said “Mengapa tiada maaf bagiku…”Elton John said “Sorry seems to be the hardest word…”Mpok Minah said “Maaf.. bukannya saya ngak ngerti.. bukannya sayanggak sopan..”I said “Minal Aidin wal faizin..”

———— ——— ——— ——— ——— —-

Bila ada langkah membekas laraAda kata merangkai dustaAda tingkah menoreh lukaMohon maaf lahir dan bathinSelamat hari raya Idul Fitri 1427 H

———— ——— ——— ——— ——— —–

Ketupat udah dipotongOpor udah dibikinNastar udah dimejaKacang udah digareminGak afdhol kalo gak Minal Aidin wal Faizin

———— ——— ——— ——— ——— —–

Taqobalallahu minna wa minkumSebelum takbir berkumandangSebelum ajal menjemputSebelum jaringan over loadIjinkan kami memohon maaf lahir dan bathin

———— ——— ——— ——— ——— ——

The holy and beautiful Syawal will come soonThere is no word proper to welcome itExcept the word of pray and forgivenessMy Majesty if you forgive all my faultAnd hope your worship accepted by AllahThe God of Merciful and the Beneficen

———— ——— ——— ——— ——— ——-

Orang yang paling mulia adalahOrang yang mau memaafkan kesalahan orang lainBersihkan diri, sucikan hatiDi hari yang Fitri ini.

———— ——— ——— ——— ——— ——-

Bulan Ramadhan telah berlaluDan hari Kemenangan telah datangUntuk itu mari kita bersihkan hati dan jiwa kitaDari gelimang dosaMohon Maaf Lahir dan Bathin

———— ——— ——— ——— ——— ——–

Berbuat khilaf adalah sifatMeminta maaf adalah kewajibanDan kembalinya Fitrah adalah tujuanMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

———— ——— ——— ——— ——— ——-

Ramadhan telah surutHari yang Fitri telah terbitMaaf kumohonkanAgar hati bersih dari dosaMinal Aidin wal Faizin

———— ——— ——— ——— ——— ——-

Let’s write all the mistakes down in the sandAnd let the wind of forgiveness erase it awayHappy Idul Fitri, Minal Aidin wal Faizin

———— ——— ——— ——— ——— ——–

MATA kadang salah melihatMULUT kadang salah mengucapHATI kadang salah mendugaDengan niat tulus suci dengan ikhlasMohon Maaf Lahir dan Bathin

———— ——— ——— ——— ——— ———

Jika langkahku membekas lara,Kataku merangkai dusta;Lakuku menoreh luka;Dari jeritan lubuk bathinkuDengan ketulusan hatikuKomohonkan maaf lahir bathinkuTaqobalallahu minna wa minkumMinal Aidin wal FaizinMohon Maaf Lahir dan BathinSelamat Hari Raya Idul Fitri1 Syawal 1427 H

———— ——— ——— ——— ——— ———

Andai tangan tak kuasa menjabatSetidaknya kata masih dapat terungkapSetulus hati mengucapkanSelamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir & batin

———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Ridho Allah dan berkahNyaMenyertai hambanyaYang saling ucapkan maafDan memberi maafSelamat Hari Raya Idul Fitri 1427 HMaaf Lahir Bathin

———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Ijinkan saya bersajakUntuk LISAN yang tak terJAGAUntuk JANJI yang terABAIKANUntuk HATI yang berPRASANGKAUntuk SIKAP yang meNYAKITKANDi hari yang FITRI ini, dengan TULUS HATISaya mengucapkan mohon MAAF LAHIR & BATHINSemoga ALLAH selalu membimbing kitaBersama di jalanNYA

———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Sepuluh jari kutangkupkanMaaf Lahir Bathin kupohonkanTaqobalallahu minna wa minkumMinal Aidin wal Faizin

———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Gema takbir bergumpal didalam dadaIdul Fitri seratus meter lagiSemoga kesucian hatiTidak hanya untuk Idul FitriSelamat Idul Fitri 1427 HMohon maaf atas kesalahan dan kekhilafan kami selama ini

———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Ramadhan akan berlaluJiwa bersih membalut kalbuDengan kerendahan hatiMohon diberi maaf yang suciSelamat idul fitri 1427 HMinal aidin wal faizin

———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun iniKemenangan akan kita gapaiDalam kerendahan hati ada ketinggian budiDalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwaDalam kesempatan hidup ada keluasan ilmuHidup ini indah jika segala karena ALLAH SWTKami sekeluarga menghaturkanSelamat Hari Raya Idul Fitri 1427 HTaqobalallahu minna wa minkumMohon maaf lahir dan bathin

———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Sama-sama dik… saya juga mohon maaf lahir dan bathin

———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hatiTulusnya jiwa membuka pintu maafMinal Aidin wal faizinMohon Maaf Lahir dan Bathin———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Suminten wonten pinggir margi sadean kupat bumbune santenPuniko dinten Riyadi sadaya kalepatan nyuwun pangapuntenTaqobalallahu minna wa minkum

———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Mata bisa salah lihatKuping bisa salah dengarMulut bisa salah bicaraHati bisa salah sangkaDi hari yang fitri iniMohon maaf lahir dan bathin

———— ——— ——— ——— ——— ——— -

Jika aku tak memberi maafBukan karena aku tak mau memberi maafTetapi engkau tak punya salahMaaf apa yang harus kuberikan?

Jika aku memberi maafBukan karena engkau meminta maafTetapi karena sepenuh maaf aku berikanSetulus hati, seikhlas niatkuMeski tanpa kau minta

****

Ramadhan akan berakhir…Lebaran semakin dekat.Mohon maaf ya, kalau selama ber-MP ria, ada perilaku tak menyenangkan/berkenan dari sang Tuan Rumah.SELAMAT IDUL FITRI 1428 H, mohon maaf lahir dan bathin.

May Allah the Almighty bestow upon us opportunity to meet this holy and blessed month in the year and years to come.

ronnie

===============================

* Mohon maaf kalau ada salah ketik salah klik, salah kata dan salah copy paste.. semoga kita kembali bersih seperti hard disk yang baru di format.. tak ada virus kebatilan, tak ada spam kesalahan, tak ada temporary kesalahan, dan tak ada bad sektor kelakuan.. semua bersih karena semua ingin memaafkan dan dimaafkan…

* Hatiku tak sebening XL, dan tak secerah MENTARI, banyak khilaf aku buat.. FREN, aku minta SIMPATImu, BEBASkan aku dengan maafmu. Met hari raya Idul Fitri semoga semua kesalahan kita hilang seperti kehilangan bonus SMS, semoga keilkhlasan kita mendapat acungan JEMPOL

* Sebening fiber optic, setingi tower antena radio, secepat broadband access. kami sekeluarga mohon dibukakan bandwidth maaf selebar lebarnya…

* Sebelu jiwa makin tercemar oleh polutan dosa,sebelum hati makin pekat seperti kadar jenuh asam sulfat, sebelum hati kita makin hitam seperti atom no.6, maafkanlah daku atas semua kesalahan…dan khilaf

* Taqobbalallahu minna wa minkum. semoga pulsa yang hilang membersamai hilangnya dosa dan salah yang tercipta dari khilaf kita Amin…

http://prayudi.wordpress.com/

========================================

========================================

Yang Muda Yang Bercinta

Bicara soal cinta selalu menarik. Makanya nggak perlu heran, film-film seputar kisah cinta banyak penontonnya. Laku bak kacang goreng. Film Titanic yang dibintangi Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet pun begitu heboh. Sleepless In Seattle-nya Tom Hanks dan Meg Ryan begitu romantis untuk diceritakan.

Pun tak ketinggalan kisah-kisah cinta film Iokal Iaris manis diserbu penonton. Sebut saja film Yang Muda Yang Bercinta karya sutradara beken Syumanjaya, yang dibintangi WS. Rendra waktu masih muda. Wuih, film itu jadi favorit ibu-ibu kamu saat remajanya. Meski konon kabarnya kontroversial, tapi film tahun 70-an itu tetap mendapat tempat anak muda di Iamannya. Bagaimanapun cinta memang berpengaruh besar dalam kehidupan.

Dan seperti nggak mau kalah dengan sukses para pendahulunya, film-film remaja saat ini sarat dengan tema cinta. Sebut Baja serial tivi seperti Dawson’s Creek, Beverly Hills 90210, atau film Iayar lebar teranyar keluaran 20th Century Fox garapan sutradara John Schultz, Drive Me Crazy. Tentu tema sentral tetap cinta. Film yang sepertinya khususan buat para remaja ini memang pinter bikin remaja kesengsem berat. Sepanjang nonton film ini, para remaja juga bakal larut dalam lagu-lagu keren’ milik Steps, Backstreet Boys dan Britney Spears. Lagi-Iagi cinta memang bikin hidup Iebih berarti, katanya.

Tapi jangan salah, kamu nggak bisa seenak udel kamu berbuat dalam hidup ini. Sebagai seorang muslim, tentu selalu terikat dengan aturan main dalam Islam. Bagaimana pun juga kamu harus terikat hukum syara. Termasuk dalam urusan cinta ini. Nggak sembarangan, Iho. Lagi pula masa remaja bukan waktu untuk sah-sah saja berhura-hura dan bebas bertingkah laku. Bisa gawat!

Jangan Mendewakan Cinta

Perlu diingat, meski cinta bisa bikin hidup asyik dan oke punya, bukan berarti cinta menjadi dewa. Segalanya hanya untuk cinta dan demi cinta. Nggak begitu, say. Walau bagaimanapun juga kamu tetap seorang muslim, yang dalam hidupnya harus selalu waspada, agar tak kecemplung ke dalam jurang maksiat.

Cinta harus dipahami sebagai sesuatu yang sakral. Sesuatu yang suci. Nggak bisa sembarangan. Karena cinta dan kasih sayang bukan cuma untuk dilampiaskan dalam gelimang kebebasan dan dosa. Nggak kawan. Nggak serendah itu. Setiap orang punya cinta. Kamu juga punya. Kita semua memiliki cinta. Tapi terus terang, cinta kan bukan cuma hubungan dua Iawan jenis Iaki dan perempuan. Bukan cuma sebagai hubungan sempit seperti itu, yang kemudian dijadikan pemuas nafsu liar kamu. Tapi cinta begitu Iuas. Karena ia merupakan perwujudan dari naluri mempertahankan jenis. Yang tentu diberikan oleh Allah SWT. Kita jadi khawatir sama kamu yang menilai cinta cuma sebagai hubungan antara cowok sama cewek. Soalnya, takutnya cinta maIah menjadi malapetaka. Banyak kasus gara-gara mendewakan cinta, malah akhirnya berantakan. lya, kan? Aborsi contohnya, adalah buah dan cinta terlarang. Jauh sebelum melakukan aborsi, pelakunya pasti aktif menjalin hubungan gelap atas nama cinta. Nggak perlu mengajukan alasan macem-macem untuk memperkuat penilaian kamu dalam mendewakan cinta. Cukup, mendewakan cinta itu berbahaya.

Hati-hati Dengan Pesonamu

Punya tampang secute Jason Behr atau segagah James Van Der Beek dan seganteng David Beckham, jangan terlalu mengumbar pesona. Hati-hati, soalnya bagi kebanyakan kaum Hawa, tampang yang begitu bisa bikin jantung berdegup lebih kencang. Suer, tampang kamu yang seperti itu bisa bikin para cewek histeris. Tak mustahil bila kemudian mereka ingin memburu kamu dan menobatkan sebagai cowok idaman. Tentu sesuai dengan kriteria ideal para cewek itu. Makanya, rumusan lagu Backstreet Boys yang berjudul I Want it that way bisa jadi lagu kebangsaannya, meski dalam praktek nggak selalu indah. Bener nggak Non?

Emang yang punya pesona cuma kaum Adam? Ya, nggak dong sayang. Cewek juga bisa bikin laki-laki gemeteran. Coba, temen-temen cowok yang ngeliat cewek secantik Natalie Portman bisa bikin telap. Barangkali efek samping kopi yang bisa bikin jantung berdegup kencang pun masih kalah dengan pengaruh sorot macanya yang tajam milik aktris yang pernah main dalam The Prafesional, dan berperan sebagai Ratu Amidaia di Star Wars: Episode I-The Phantom Menace ini. Malah disebut-sebut Natalie Portman ini sebagai reinkarnasi dan Audrey Hepburn, aktris cantik yang beken banget di tahun 60-an. Bukan cuma Natalie, yang bisa bikin pusing tujuh keliling kaum cowok, tipe Katie Holmes pun bisa membuat suasana hati kaum Adam berbunga-bunga.

Jadi, kalo di sekolah kamu ada tipe cowok dan cewek yang bisa bikin kamu deg-degan seumur-umur, kamu harus menasihatinya agar jangan sembarangan mengobral pesona. Karena kata orang, dari mana datangnya lintah, dari sawah turun ke kali. Dari mana datangnya cinta, dan mata turun ke hati. Jadi, pandangan mata adalah tahap awal. Bila tak dikendalikan dengan baik, bisa bikin berabe. Ujung-ujungnya bisa macem-macem. Cinta bisa membuat kamu gembira, senang, sedih, kecewa dan nyesel, termasuk rugi. Nggak percaya, yang bikin rugi itu adalah cinta terpadu alias terpaksa pakai duit. Lebih celaka lagi bila cinta kamu tak berbalas alias bertepuk sebelah tangan, bias-bisa terpadunya diplesetkan jadi terpaksa pekai dukun! Bisa gawat, Brur!

Nah, berarti sekarang harus hati-hati dengan pesona yang kamu miliki. Nggak boleh diobral kesana kemari. Bahaya!

Aduh, tapi gimana dong, kita kan ingin menikmati cinta juga. Kok sepertinya nggak boleh. Huss.. bukan nggak boleh, tapi harus dikendalikan. Jangan dibiarkan liar kagak karukaruan. Nggak baik, dan yang jelas nggak benar.

Boleh Nggak Pacaran?

Ah, kamu memang pandai dalam urusan ngotot. Begini sayang. Sekali lagi, cinta bukan untuk direndahkan nilainya dengan aktivitas seperti itu. Betul kalo cinta nggak bisa dimatikan, kita juga sependapat dengan pernyataan itu. Tapi, bukan berarti kemudian dipropagandakan dengan gencar lewat aktivitas frontal seperti itu. Pacaran, bagaimana pun juga adalah salah satu aktivitas yang bisa mendorong kamu ke dalam dosa bin maksiat. Nggak percaya? Allah SWT berfirman:

“Janganlah kamu mendekati zina, karena sesungguhnya (zina) itu adalah perbuatan yang tercela dan ialan yang buruk “(OS: Al lsra: 32).

Meski tidak secara tentulis dalam ayat itu kata-kata pacaran, tapi maksudnya jangan mendekati zina adalah perbuatan seperti pacaran itu. Coba, kamu bisa Iihat, atau bagi kamu yang masih doyan gaul bebas seperti itu bisa merasakan bahwa aktivitas pacanan itu nggak seru bila cuma ngobrol lewat telepon atau bertatap wajah dari seberang pagar sekolah. Pasti ada acara tambahan yang lain. Misalnya, janjian nonton film di bioskop, atau main ke tempat rekreasi. Tentu saja nggak pake acara bawa-bawa saudara atawa teman, apalagi tetangga. Emangnya mau selametan? Cuma kamu bendua. Di situlah aktivitas itu bisa lebih mengarah kepada penzinahan.

Percaya saja deh kalo dikatakan bahwa pacaran bisa mendekati perzinahan. Betul, Non. Ngobrol dengan lawan jenis di tempat yang sepi apalagi gelap bisa bikin setan tergoda untuk jadi provokator. Bayangkan, setan aja tergoda. Kalo sang iblis sudah menjadi provokator, pasti ia mengetuk-ngetuk pintu hatimu agar berjalan semakin jauh. Selain mengetuk-ngetuk pintu hatimu, setan aktif memblokir otak kamu agar nggak bisa berpikir dengan akal sehat untuk melihat kebenaran. Walhasil, prosesi perzinahan pun tak mustahil bila terjadi.

“Tapi kan kite pacarannya nggak bakal sejauh itu.” Ah, itu cuma alasan klise. Ngaku deh. Itu kan alasan agar aktivitas kamu yang nyerempet-nyerempet bahaya bisa tetap legal. lya, kan?

Eh, tapi kan ada juga yang pakai jilbab pacaran. Hayo, gimana tuh, boleh nggak?” Aduh, gimana sih. Mau yang pake jilbab atau nggak bukan urusan pokok. Yang penting kalo dia berbuat menyalahi aturan Allah dan Rasul-Nya, jelas ia melakukan dosa. Yang pake jilbab juga berdosa kalo pacaran. Jadi, pacaran itu nggak boleh, kawan!

Yang Benar Gimana?

Nan, ini baru pertanyaan. Kita seneng menjawabnya. Begini kawan. Karena celah-celah yang bisa menghantarkan kamu berbuat dosa itu salah satunya kanena akibat gaul bebas, maka peluang itulah yang harus ditutup. Paling tidak ketika kita berhubungan dengan lawan jenis. Itu ada etikanya alias ada batasannya. Nggak sembarangan, lho!

Cowok dan cewek boleh-boleh saja bengaul tapi tentu ada rambu-rambu yang harus ditaati bersama. Ada atunan yang harus diketahui barengan. Kapan boleh gaul kapan harus menjauh. Pada saat seperti apa boleh gaul dan kondisi sepenti apa yang pantang untuk barengan. Juga bagaimana upaya masing-masing dalam menjaga kehormatan dan kesucian dirinya.

Nah, jadi memang Islam nggak melarang gaul. Justru Islam membolehkan gaul. Tapi ada aturan-aturan yang harus ditaati. Tentu saja aturan yang bakal menyelamatkan kamu. Pada dasarnya Islam menetapkan aturan bahwa Iaki dan perempuan itu terpisah kehidupannya, baik dalam kehidupan umum-di masyanakat, seperti di sekolah, jalan umum, bis, angkot, dan di pasar-maupun dalam kehidupan khusus-di tempat pribadi, seperti rumah atau tempat kost. Tapi Islam nggak kejam dengan membiarkan selamanya terpisah seperti itu. Ada saat-saat tertentu yang dibolehkan bagi cowok dan cewek untuk berkumpul dan berinteraksi. Malah dalam beberapa kondisi, pentemuan antara keduanya nggak mungkin dihindani.

Nah, lalu kapan dan dimana boleh bertemu dengan lawan jenis? Kamu boleh-boleh saja berkumpul dan berinteraksi dengan lawan jenis di tempat-tempat umum (tempat dimana seseorang tidak penlu minta ijin untuk masuk ke dalamnya, seperti masjid, sekolah dsb), dalam aktivitas yang dlbolehkan oleh syara. Di pasar misalnya, kamu boleh berkumpul dan berinteraksi dengan penjual lain. Tapi ingat, hanya sebatas urusan jual beli. Nggak boleh ada embel-embel lain yang keluar dan pakem jual beli. Misalkan, mentang-mentang yang jualan cabenya saperti Kate Winslet, yang cowok jadi betah ngobrol ngalor ngidul.

Kemudian tempat lain yang dibolehkan berkumpul dan berinteraksi adalah dalam belajar-mengajar, dalam urusan pengobatan dan bentuk muamalah lainnya. Tapi jangan salah, meski di tempat-tempat umum itu dibolehkan untuk berkumpul dan berintenaksi, mata kamu jangan jelalatan kayak lagi belanja. Tetap harus menjaga pandangan dan juga hal-hal yang bisa menjungkirkan kamu ke dalam jurang kemaksiatan.

Kalau untuk berkumpul di tempat khusus, seperti rumah pribadi, mobil pribadi, dan tempat-tempat pribadi lainnya, kamu nggak dibenarkan untuk berinteraksi dengan lawan jenis secara mutlak kecuali bila kamu disertai mahrom.

Misalnya, jika kamu cowok-terpaksa harus berkunjung ke rumah lawan jenismu karena ada urusan yang sangat penting (masalah dakwah, misalnya)–, pastikan bahwa temanmu disentai mahromnya, bisa bapaknya atau kakaknya, baik yang laki maupun wanita. Jangan nekat jadi slonong boy.

Nah. selanjutnya kita harus tahu apa yang semestinya diperhatikan ketika berinteraksi dengan Iawan jenis. Baik laki maupun wanita, bila keluar rumah harus menutup auratnya. Daerah aurat laki-laki adalah sebatas pusar sampai Iutut. Sedangkan wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Makanya untuk yang wanita, diwajibkan memakai pakaian sempurna yang terdiri dari jilab (pakaian luar] dan kerudung (khimar) sebagaimana perintah Allah dalam QS. Al Ahzab ayat 59 dan An Nuur ayat 31. Dan jelas konsekuensinya haram bagi wanita yang nekat keluar rumah tanpa busana yang menutupi seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangannya. Bener, dosa Non!

Juga bagi para wanita ada Iarangan tersendiri dalam urusan ini, yakni jangan bertabaruj/ alias tampil all out atau berlebihan. Yakni dengan memamerkan kecantikan dan perhiasan di hadapan laki-laki yang bukan mahrom. Firman Allah: ‘..dan langanlah kamu bardandan seperti, dandanan perempuan (JahiIiyah) yang dahulu… (QS.AI Ahzab 33).

Survei membuktikan bahwa kebanyakan malapetaka pelecehan seksual itu berawal dari sikap tampil nekatnya para wanita sendini.

Wajar kan? Nah, makanya bagi kamu yang wanita harap hati-hati. Tak perlu seperti burung merak yang suka pamer bulu-bulu indahnya. Soalnya kamu kan bukan merak. Kamu manusia yang punya akal, jangan sampai dandanmu membuat klepek-klepek kaum Adam.

Khusus untuk urusan busana, yang wanita nggak usah ikut-ikutan gayanya Claudia Schieffer atau Naomi Campbel yang mahir berlenggak-lenggok di atas cat walk dengan body dibalut beberapa helai benang. Apalagi sampai tampil los polos kayak aksi nekatnya Kate Winslet dalam film Titanic dan Demi Moore dalam Streptease.

Langkah berikutnya,. Kamu harus menundukan pandangan ketika interaksi dengan lawan jenismu. Menundukkan pandangan bukan berarti harus terus konsentrasi ke jalan atau ke tanah kayak orang lagi nyari cacing yang lagi ngumpet. Tapi maksudnya adalah harus bisa menahan diri dari pandangan yang diharamkan. Yakni memandang aurat atau kepada selain aurat tapi dibarengi dengan syahwat. Pokoknya kalau kamu sudah bisa menundukkan pandangan alias ghadhul bashar ini, lnsya Allah kamu bisa saling menjaga kesucian dan kehormatan diri.

Kemudian ketika kamu berbicara dengan lawan jenis harus diperhatikan intonasi dan gaya bicaranya. Bagi wanita, jangan sekali-kali ketika berinteraksi dengan anak cowok menggunakan gaya bicara yang mendayu-dayu kayak penyanyi dangdut. Suaranya dibuat merdu merayu hingga menyisakan rasa penasaran yang amat sangat bagi kaum lelaki.

Firman Allah: “Jika kamu bertakwa, maka janganlah kamu terlalu lemah lembut (mengucapkani perkataan, nanti orang-orang yang dalam hatinya ragu ingin kepadamu. Dan berkatalah dengan perkataan yang balk. ” (QS. Al Ahzab 32).

Masalah yang harus diperhatikan juga adalah, jangan sekali-kali kamu berkhalwat atau berdua-duaan (mojok) dengan lawan jenis. Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka tidak boleh baginya berkhawat dengan seorang wanita sedangkan wanita itu tidak bersama mahromnya Karena sesungguhnya yang ketiga di antara mereka adalah setan. (HR. Ahmad).

Nah, meski kita main cinta-cintaan tapi harus tahu aturan mainnya dalam Islam. Walau bagaimana pun juga Islam harus jadi patokan dalam setiap aktivitas kita dalam kehidupan. Termasuk dalam urusan cinta ini. Tentu saja, agar kita nggak nyungsep dalam Iumpur maksiat. Ngeri, Non!

Jadi, cinta jangan dimatikan tapi harus dikendalikan. Syukur-syukur kalo kamu mampu untuk nikah. Nikah aja! Lebih aman. Paham kan?

(Buletin Studia – Edisi 11/Tahun 1)

http://www.gaulislam.com/yang-muda-yang-bercinta

================================================

SEKUNTUM “CINTA” PENGANTIN SYURGA

“Cinta itu mensucikan akal, mengenyahkan kekhawatiran, memunculkan keberanian, mendorong berpenampilan rapi, membangkitkan selera makan, menjaga akhlak mulia, membangkitkan semangat, mengenakan wewangian, memperhatikan pergaulan yang baik, serta menjaga adab dan kepribadian. Tapi cinta juga merupakan ujian bagi orang-orang yang shaleh dan cobaan bagi ahli ibadah,”

Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam bukunya Raudah Al-Muhibbin wa Nuzhah Al-Musytaqin memberikan komentar mengenai pengaruh cinta dalam kehidupan seseorang.

Bila seorang kekasih telah singgah di hati, pikiran akan terpaut pada cahaya wajahnya, jiwa akan menjadi besi dan kekasihnya adalah magnit. Rasanya selalu ingin bertemu meski sekejab. Memandang sekilas bayangan sang kekasih membuat jiwa ini seakan terbang menuju langit ke tujuh dan bertemu dengan jiwanya.

Indahnya cinta terjadi saat seorang kekasih secara samar menatap bayangan orang yang dikasihi. Bayangan indah itu laksana air yang menyirami, menyegarkan, menyuburkan pepohonan taman di jiwa.

Dahulu di kota Kufah tinggallah seorang pemuda tampan rupawan yang tekun dan rajin beribadat, dia termasuk salah seorang yang dikenal sebagai ahli zuhud. Suatu hari dalam pengembaraannya, pemuda itu melewati sebuah perkampungan yang banyak dihuni oleh kaum An-Nakha’. Demi melepaskan penat dan lelah setelah berhari-hari berjalan maka singgahlah dia di kampung tersebut. Di persinggahan si pemuda banyak bersilaturahim dengan kaum muslimin. Di tengah kekhusyu’annya bersilaturahim itulah dia bertemu dengan seorang gadis yang cantik jelita.

Sepasang mata bertemu, seakan saling menyapa, saling bicara. Walau tak ada gerak lidah! Tak ada kata-kata! Mereka berbicara dengan bahasa jiwa. Karena bahasa jiwa jauh lebih jujur, tulus dan apa adanya. Cinta yang tak terucap jauh lebih berharga dari pada cinta yang hanya ada di ujung lidah. Maka jalinan cintapun tersambung erat dan membuhul kuat. Begitulah sejak melihatnya pertama kali, dia pun jatuh hati dan tergila-gila. Sebagai anak muda, tentu dia berharap cintanya itu tak bertepuk sebelah tangan, namun begitulah ternyata gayung bersambut. Cintanya tidak berada di alam khayal, tapi mejelma menjadi kenyataan. Benih-benih cinta itu bagai anak panah melesat dari busurnya, pada pertemuan yang tersamar, pertemuan yang berlangsung sangat sekejab, pertemuan yang selalu terhalang oleh hijab. Demikian pula si gadis merasakan hal serupa sejak melihat pemuda itu pada kali yang pertama.

Begitulah cinta, ketika ia bersemi dalam hati… terkembang dalam kata… terurai dalam perbuatan…Ketika hanya berhenti dalam hati, itu cinta yang lemah dan tidak berdaya. Ketika hanya berhenti dalam kata, itu cinta yang disertai dengan kepalsuan dan tidak nyata…

Ketika cinta sudah terurai jadi perbuatan, cinta itu sempurna seperti pohon; akarnya terhujam dalam hati, batangnya tertegak dalam kata, buahnya menjumbai dalam perbuatan. Persis seperti iman, terpatri dalam hati, terucap dalam lisan, dan dibuktikan oleh amal. Semakin dalam makna cinta direnungi, semakin besar fakta ini ditemukan. Cinta hanya kuat ketika ia datang dari pribadi yang kuat, bahwa integritas cinta hanya mungkin lahir dari pribadi yang juga punya integritas. Karena cinta adalah keinginan baik kepada orang yang kita cintai yang harus menampak setiap saat sepanjang kebersamaan.

Begitupun dengan si pemuda, dia berpikir cintanya harus terselamatkan! Agar tidak jadi liar, agar selalu ada dalam keabadian. Ada dalam bingkai syari’atnya. Akhirnya diapun mengutus seseorang untuk meminang gadis pujaannya itu. Akan tetapi keinginan tidak selalu seiring sejalan dengan takdir Allah. Ternyata gadis tersebut telah dipertunangkan dengan putera bapak saudaranya.

Mendengar keterangan ayah si gadis itu, pupus sudah harapan si pemuda untuk menyemai cintanya dalam keutuhan syari’at. Gadis yang telah dipinang tidak boleh dipinang lagi. Tidak ada jalan lain. Tidak ada jalan belakang, samping kiri, atau samping kanan. Mereka sadar betul bahwa jalinan asmaranya harus diakhiri, karena kalau tidak, justeru akan merusak ’anugerah’ Allah yang terindah ini.

Bayangkan, bila dua kekasih bertemu dan masing-masing silau serta mabuk oleh cahaya yang terpancar dari orang yang dikasihi, ia akan melupakan harga dirinya, ia akan melepas baju kemanusiaannya dengan menabrak tabu. Dan, sekali bunga dipetik, ia akan layu dan akhirnya mati, dipijak orang karena sudah tak berguna. Jalan belakang ’back street’ tak ubahnya seperti anak kecil yang merusak mainannya sendiri. Penyesalan pasti akan datang belakangan, menangispun tak berguna, menyesal tak mengubah keadaan, badan hancur jiwa binasa.

Cinta si gadis cantik dengan pemuda tampan masih menggelora. Mereka seakan menahan beban cinta yang sangat berat. Si gadis berpikir barangkali masih ada celah untuk bisa ’diikhtiarkan’ maka rencanapun disusun dengan segala kemungkinan terpahit. Maka si gadis mengutus seorang hambanya untuk menyampaikan sepucuk surat kepada pemuda tambatan hatinya:

”Aku tahu betapa engkau sangat mencintaiku dan karenanya betapa besar penderitaanku terhadap dirimu sekalipun cintaku tetap untukmu. Seandainya engkau berkenan, aku akan datang berkunjung ke rumahmu atau aku akan memberikan kemudahan kepadamu bila engkau mau datang ke rumahku.”

Setelah membaca isi surat itu dengan seksama, si pemuda tampan itu pun berpesan kepada kurir pembawa surat wanita pujaan hatinya itu.

“Kedua tawaran itu tidak ada satu pun yang kupilih! Sesungguhnya aku takut akan siksaan hari yang besar bila aku sampai durhaka kepada Tuhanku. Aku juga takut akan neraka yang api dan jilatannya tidak pernah surut dan padam.”

Pulanglah kurir kekasihnya itu dan dia pun menyampaikan segala yang disampaikan oleh pemuda tadi.

Tawaran ketemuan? Dua orang kekasih? Sungguh sebuah tawaran yang memancarkan harapan, membersitkan kenangan, menerbitkan keberanian. Namun bila cinta dirampas oleh gelora nafsu rendah, keindahannya akan lenyap seketika. Dan berubah menjadi naga yang memuntahkan api dan menghancurkan harga diri kita. Sungguh heran bila saat ini orang suka menjadi korban dari amukan api yang meluluhlantakkan harga dirinya, dari pada merasakan keindahan cintanya.

“Sungguh selama ini aku belum pernah menemukan seorang yang zuhud dan selalu takut kepada Allah swt seperti dia. Demi Allah, tidak seorang pun yang layak menyandang gelar yang mulia kecuali dia, sementara hampir kebanyakan orang berada dalam kemunafikan.” Si gadis berbangga dengan kesalehan kekasihnya.

Setelah berkata demikian, gadis itu merasa tidak perlu lagi kehadiran orang lain dalam hidupnya. Pada diri pemuda itu telah ditemukan seluruh keutuhan cintanya. Maka jalan terbaik setelah ini adalah mengekalkan diri kepada ’Sang Pemilik Cinta’. Lalu diapun meninggalkan segala urusan duniawinya serta membuang jauh-jauh segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia. Memakai pakaian dari tenunan kasar dan sejak itu dia tekun beribadat, sementara hatinya merana, badannya juga kurus oleh beban cintanya yang besar kepada pemuda yang dicintainya.

Bila kerinduan kepada kekasih telah membuncah, dan dada tak sanggup lagi menahahan kehausan untuk bersua, maka saat malam tiba, saat manusia terlelap, saat bumi menjadi lengang, diapun berwudlu. Shalatlah dia dikegelapan gulita, lalu menengadahkan tangan, memohon bantuan Sang Maha Pencipta agar melalui kekuasaa-Nya yang tak terbatas dan dapat menjangkau ke semua wilayah yang tak dapat tersentuh manusia., menyampaikan segala perasaan hatinya pada kekasih hatinya. Dia berdoa karena rindu yang sudah tak tertanggungkan, dia menangis seolah-olah saat itu dia sedang berbicara dengan kekasihnya. Dan saat tertidur kekasihnya hadir dalam mimpinya, berbicara dan menjawab segala keluh-kesah hatinya.

Dan kerinduannya yang mendalam itu menyelimuti sepanjang hidupnya hingga akhirnya Allah memanggil ke haribaanNya. Gadis itu wafat dengan membawa serta cintanya yang suci. Yang selalu dijaganya dari belitan nafsu syaithoni. Jasad si gadis boleh terbujur dalam kubur, tapi cinta si pemuda masih tetap hidup subur. Namanya masih disebut dalam doa-doanya yang panjang. Bahkan makamnya tak pernah sepi diziarahi.

Cinta memang indah, bagai pelangi yang menyihir kesadaran manusia. Demikian pula, cinta juga sangat perkasa. Ia akan menjadi benteng, yang menghalau segala dorongan yang hendak merusak keindahan cinta yang bersemayam dalam jiwa. Ia akan menjadi penghubung antara dua anak manusia yang terpisah oleh jarak bahkan oleh dua dimensi yang berbeda.

Pada suatu malam, saat kaki tak lagi dapat menyanggah tubuhnya, saat kedua mata tak kuasa lagi menahan kantuknya, saat salam mengakhiri qiyamullailnya, saat itulah dia tertidur. Sang pemuda bermimpi seakan-akan melihat kekasihnya dalam keadaan yang sangat menyenangkan.

“Bagaimana keadaanmu dan apa yang kau dapatkan setelah berpisah denganku?” Tanya Pemuda itu di alam mimpinya.

Gadis kekasihnya itu menjawab dengan menyenandungkan untaian syair:

Kasih…cinta yang terindah adalah mencintaimu,sebuah cinta yang membawa kepada kebajikan.Cinta yang indah hingga angin syurga berasa maluburung syurga menjauh dan malaikat menutup pintu.

Mendengar penuturan kekasihnya itu, pemuda tersebut lalu bertanya kepadanya, “Di mana engkau berada?”

Kekasihnya menjawab dengan melantunkan syair:

Aku berada dalam kenikmatandalam kehidupan yang tiada mungkin berakhirberada dalam syurga abadi yang dijagaoleh para malaikat yang tidak mungkin binasayang akan menunggu kedatanganmu,wahai kekasih…

“Di sana aku bermohon agar engkau selalu mengingatku dan sebaliknya aku pun tidak dapat melupakanmu!” Pemuda itu mencoba merespon syair kekasihnya

“Dan demi Allah, aku juga tidak akan melupakan dirimu. Sungguh, aku telah memohon untukmu kepada Tuhanku juga Tuhanmu dengan kesungguhan hati, hingga Allah berkenan memberikan pertolongan kepadaku!” jawab si gadis kekasihnya itu.

“Bilakah aku dapat melihatmu kembali?” Tanya si pemuda menegaskan

“Tak lama lagi engkau akan datang menyusulku kemari,” Jawab kekasihnya.

Tujuh hari sejak pemuda itu bermimpi bertemu dengan kekasihnya, akhirnya Allah mewafatkan dirinya. Allah mempertemukan cinta keduanya di alam baqa, walau tak sempat menghadirkan romantismenya di dunia. Allah mencurahkan kasih sayang-Nya kepada mereka berdua menjadi pengantin syurga.

Subhanallaah! Cinta memiliki kekuatan yang luar biasa. Pantaslah kalau cinta membutuhkan aturan. Tidak lain dan tidak bukan, agar cinta itu tidak berubah menjadi cinta yang membabi buta yang dapat menjerumuskan manusia pada kehidupan hewani dan penuh kenistaan. Bila cinta dijaga kesuciannya, manusia akan selamat. Para pasangan yang saling mencintai tidak hanya akan dapat bertemu dengan kekasih yang dapat memupus kerinduan, tapi juga mendapatkan ketenangan, kasih sayang, cinta, dan keridhaan dari dzat yang menciptakan cinta yaitu Allah SWT. Di negeri yang fana ini atau di negeri yang abadi nanti.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya di antara kamu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Ruum : 21).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar