09 September 2010

Yamaha Umumkan YZF-R6 2011



Yamaha Umumkan YZF-R6 2011

Yamaha Umumkan YZF-R6 Tahun 2011

Assalamu'alaikum saudara semuanya, YZF-R6 tahun 2011, sejatinya motor ini tak bakal dikeluarkan Yamaha sampai tahun 2012, entah sebabnya apa, namun dari spekulasi antara lain:

  • 1. Menunggu spesifikasi lengkap MotoGP 2011 YZR-M1 yang rencananya bakalan di aplikasikan di R6 ini
  • 2. Perencanaan yang masih kurang dari Yamaha tentang antusiasme konsumen
  • 3. dan sebagainya


Yamaha R6, sebuah sportbike terbaru yang berdesain ala MotoGP dan dengan teknologi terbaru, namanya Yamaha Chip Control Throttle, Ajib, dengan konsumsi bensin mencapai 17kpl/48mpg

Dengan mesin 599cc, 4 silinder, 16 katup dan pendingin cair, katupnya dari titanium yang diklaim bisa menghasilkan tenaga yang luar biasa, rpm tertingginya 16.000, Bore x stroke nya 62 x 42,5 dan ditambah dobel Injektor cukup membuat motor ini menjadi idaman, sama aja dobel injektor kayak M1 sama R1.

Injektor sekunder bakal beroperasi lewat 12 lubang pada rpm 6000 sampe 7000 sampe pada top speed, yang tak kalah menarik adalah fitur Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T), fitur ini berkolaborasi dengan Throttle Positiion sensor (TPS) dan mengontrol katup gas secara elektronis untuk respon dan kontrol pada RPM tinggi. bahkan cuma perlu 0,3 detik untuk sistem pengontrolan RPM dari tinggi ke rendah dan sebaliknya.

Fitur tambahan lainnya yaitu EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve) yang bisa memaksimalkan penikungan dan kestabilan dalam kecepatan tinggi,,, kalo diistilahin kayak ilmu “meringankan tubuh” dan Air Injection System (AIS) yang menyuntikan udara segar untuk mengoptimalkan pembakaran dan mengurangi emisi gas buang macam HC dan CO.

Dobel sok adjustable udah diaplikasikan di motor ini, bedanya yang belakang pake monocross, cukup nyaman, apalagi tangki yang pas dengan postur tubuh rata-rata dengan kapasitas BBM 17, 5 liter dan cadangan 3,5 liter.

Yang nggak kalah penting yaitu IIS (Immobilizer ignition system) yang berfungsi sebagai anti maling... yang menggunakan kode kunci kontak, jika sistem nggak mengenali kode kunci kontak dengan bener yaa,,, nggak bakalan bisa hidup mau diapain juga, mau dibongkar ato pake obeng… hmm, lebih aman kayaknya dibanding SKS.

Oh iya motor dengan panjang 2040 x lebar 705 x tinggi 1100 (dalam mm) , tinggi tempat duduk 850 mm (dingklik detected) , jarak dari tanah 130mm dan berat 189 kg ini memiliki pengaturan di tuas rem depan, entah gimana pengaturanya, yang jelas motor tahun depan bakalan semakin canggih dan mantap…

Spesifikasi diatas sepertinya tak jauh beda dengan yang didatangkan ke Indonesia, paling fiturnya aja yang beda. harganya? 100 jutaan OTR Amrik, tahun 2012, Silahkan berikan pendapat anda, semoga bermanfaat...

3 komentar:

  1. Too expensive u/ Indonesia. Itu sama dengan harga XENIA.

    Dan lagi di Indonesia is not very suitable.

    BalasHapus
  2. DI BANDAR LMAPUNG ada ngk motor r6 nya ??

    BalasHapus
  3. ktnya sampai d indo bisa sampai 300 jt

    BalasHapus