22 Juni 2010

Dua Gol Villa Jaga Harapan Spanyol


Penyerang Spanyol, David Villa, mencetak sepasang gol yang menentukan kemenangan timnya, atas Honduras, pada lanjutan penyisihan Grup H Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Senin (21/6/2010). Hasil ini membuat peluang Spanyol maju ke 16 besar tetap terbuka.

Pada satu laga terakhir di fase grup, sementara Spanyol akan bertemu Cile, Honduras akan melawan Swiss. Dengan begitu, kecuali Swiss kalah dari Honduras, Spanyol menang atas Cile.

Mengacu performa saat melawan Honduras, Spanyol bisa berharap mengalahkan Cile. Namun, mereka masih harus memperbaiki kualitas penyelesaian akhir.

Selama melawan Honduras, Spanyol memang mengendalikan permainan. Namun, seandainya sentuhan akhir mereka lebih baik, Honduras bakal lebih menderita.

Pada menit ke-12, misalnya, Sergio Ramos berhasil menanduk umpan silang Xavi. Namun, bola melesat ke atas mistar gawang Honduras. Padahal, saat itu, kiper Noel Valladares sedang berada dalam posisi yang siap mengantisipasi tembakan.

Kegagalan Ramos dituntaskan oleh Villa yang sukses menjebol gawang Noel Valladares pada menit ke-16. Saat itu, menguasai bola di sektor kanan pertahanan Honduras, Villa menggiring bola masuk kotak penalti dan mengecoh dua pemain lawan, sebelum melesakkan bola ke sudut kiri atas gawang Valladares.

Gol itu membuat Honduras menaikkan intensitas serangan. Namun, Spanyol konsisten memainkan penguasaan bola sehingga selain mampu meredam musuh, mereka juga terus membahayakan benteng musuh.

Pada menit ke-24, misalnya, Jesus Navas melepaskan umpan silang kepada Xavi, yang nyaris tak terkawal lawan. Umpan itu begitu akurat sehingga Xavi tampak dengan mudah menjangkau dan mengarahkannya ke gawang. Namun, lompatan Xavi ternyata tak cukup tinggi untuk membuat kepalanya berkontak dengan bola.

Di sisi lain, Honduras sendiri bukannya tak mampu memberikan perlawanan. Meski minim peluang, mereka mampu melancarkan serangan efektif, yang membuat benteng Spanyol terancam.

Pada menit ke-15, misalnya, Martines berhasil melepas umpan terobosan kepada David Suazo yang berada di tengah kotak penalti. Namun, sebelum bola sampai kepada Suazo, Casillas berhasil membuang bola.

Dominasi Spanyol terus berlanjut dan Honduras berusaha berkelit sambil terus mencari cara membalas. Sayang, usaha keduanya tak membuahkan gol baru sampai turun minum.

Selama 45 menit pertama, Spanyol menguasai bola sebanyak 66 persen dan melepas dua tembakan akurat dari sepuluh usaha. Adapun, Honduras, cuma melepaskan satu tembakan, yang sayangnya juga tidak akurat.

Memasuki babak kedua, Spanyol langsung menggenjot serangan, yang berujung gol kedua dari David Villa pada menit ke-51. Menguasai umpan Jesus Navas di luar kotak penalti, Villa melepaskan tembakan, yang sempat membentur pemain Honduras, sebelum masuk gawang Valladares.

Villa berpeluang mencetak hat-trick ketika dipercaya mengeksekusi penalti, menyusul pelanggaran Emilio Izaguirre kepada Jesus Navas pada menit ke-62. Sayang, tembakan Villa melenceng ke sisi kiri gawang. Padahal, Valladares sudah telanjur salah bergerak.

Lima menit berselang, giliran Cesc Fabregas yang nyaris memperbesar keunggulan Spanyol. Menguasai bola di sektor kanan pertahanan Honduras, Fabregas menggiring bola masuk ke kotak penalti.

Begitu kiper Valladares maju hendak mengadangnya, ia berhasil berkelit dan melepaskan tendangan akurat ke tengah gawang. Sayang, sebelum bola melintasi garis gawang, bek Osman Chavez berhasil menjangkau bola dan membuangnya.

Di tengah tekanan itu, Honduras masih mencoba mencari celah melakukan serangan. Sayang, meski mampu selamat dari gempuran musuh, mereka sama sekali gagal meloloskan bola ke gawang Iker Casillas. Skor 2-0 untuk Spanyol pun bertahan sampai akhir laga.

Susunan pemain:
Spanyol: Iker Casillas; Sergio Ramos (Alvaro Arbeloa 75), Gerard Pique, Carles Puyol, Joan Capdevila; Jesus Navas, Xabi Alonso, Xavi (Cesc Fabregas 62), Sergio Busquets; Fernando Torres (Juan Mata 69), David Villa
Honduras: Noel Valladares; Sergio Mendoza, Osman Chavez, Maynor Figueroa, Emilio Izaguirre; Danilo Turcios (Ramon Nunez 62), Wilson Palacios, Amado Guevara, Roger Espinoza (Georgie Welcome 46); Walter Martinez; David Suazo (Jerry Palacios 83) (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar