22 Juni 2010

Pesta Gol, Portugal Cukur Korut


Portugal bisa dipastikan lolos ke babak 16 besar setelah menang telak 7-0 atas Korea Utara. Bagi Korut, kekalahan ini sekaligus mengubur harapan mereka lolos ke fase gugur.

Meski mendapatkan perlawanan keras dari Korut sepanjang babak pertama, Portugal berhasil mencetak empat gol dalam waktu satu jam. Tiga gol di antaranya bahkan tercipta dalam waktu tujuh menit pada awal babak kedua. Tiga gol terakhir juga dicatat dalam waktu tujuh menit menuju akhir laga.

Jika melihat permainan kedua tim di babak pertama, maka rasanya sulit memercayai kemenangan besar Portugal tersebut. Meski mendominasi sepuluh menit pertama, "A Selecao" juga mendapat tekanan dari Korut pada sepuluh menit berikutnya.

Dengan penuh ketenangan, Portugal meladeni permainan cepat "Chollima". Kesabaran "A Selecao" itu berbuah ketika Raul Meireles mendapat umpan terobosan dari Tiago pada menit ke-29. Tanpa kawalan, Meireles melepas tendangan menyusur tanah melewati Myong-guk. Gol, Portugal memimpin 1-0 sampai turun minum.

Setelah jeda, Portugal langsung memberondong Korut dengan tiga gol. Trigol itu diawali dengan gol Simao Sabrosa pada menit ke-53 seusai bekerja sama dengan Meireles di depan kotak penalti.

Tiga menit kemudian, Hugo Almeida mengakhiri crossing silang Fabio Coentrao dengan sundulan apik ke gawang Myong-guk. Tepat pada menit ke-60, aksi Ronaldo di sayap kiri menghasilkan assist cantik kepada Tiago dan disodok dengan keras ke gawang lawan. Dalam tujuh menit, Portugal mencetak tiga gol lewat umpan-umpan indah.

Tak lama berselang, Ronaldo kembali memberikan ancaman melalui operan-operannya. Dari sayap kanan, CR7 melepas crossing kepada Meireles pada menit ke-63. Meireles gagal mengarahkan bola dengan tepat. CR7 kembali mengoper bola dari sayap, kali ini di sektor kiri, kepada Coentrao. Namun, sepakan Coentrao juga melebar.

Setelah Meireles ditarik keluar, Ronaldo mulai unjuk gigi. Pada menit ke-70, winger Real Madrid itu menjajal sendiri peruntungannya. Dari luar kotak penalti, ia melepas tendangan keras ke pojok gawang. Apes, bidikannya membentur mistar. Dua menit berikutnya, ia mencecar Myong-guk dari kanan. Ini pun gagal karena bola mengarah kepada kiper.

Gol kelima terjadi setelah Liedson masuk menggantikan Hugo Almeida. Memanfaatkan kesalahan Ri Kwang-chong, striker senior itu mencuri bola dan dengan mudah menendangnya ke gawang Myong-guk.

Liedson kembali merebut bola pada menit ke-87 dan bola pun mengarah kepada Ronaldo. CR7 maju ke depan dan mengelabui Myong-guk sebelum menceploskan si kulit bulat ke gawang kosong. Hanya berselang satu menit, Tiago mencetak gol keduanya pada pertandingan ini. Kali ini gol bermula dari umpan silang Coentrao.

Habis sudah perlawanan Korut. Hal ini juga menjadi kekalahan terbesar dalam Piala Dunia 2010. Skor ini semakin mempersulit Pantai Gading untuk menemani Brasil ke fase knock out. Rasanya mustahil Pantai Gading bisa melewati selisih sembilan gol dari Portugal.

Pemain:
Portugal: Eduardo; Miguel, Carvalho, Alves, Coentrao; Tiago, Mendes, Meireles (Veloso 70); Ronaldo, Simao (Duda 74), Almeida (Liedson 77).

Korea Utara: Myong-guk, Jong-hyok (Song-chol 74), Chol-jin, Jun-il, Kwang-chon, Yun-nam; Mun In-guk (Yong-jun 59), Yong-hak, Nam-chol (Kum-il 58), Yong-jo; Tae-se. (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar