18 Juni 2010

Grup A: Meksiko Permalukan Prancis 2-0

Peluang Prancis lolos ke fase 16 besar terancam. Dalam laga kontra Meksiko, Jumat (18/6) dinihari WIB, 'Tim Ayam Jantan' menyerah dua gol tanpa balas dari El Tri.

Duel yang dihelat di Peter Mokaba Stadium itu Prancis sama sekali tak berkutik sejak peluit awal dibunyikan, Mereka lebih banyak berada dalam tekanan Meksiko yang bermain nyaris tanpa cacat sepanjang laga.

Alhasil Meksiko pun mampu menang 2-0 lewat gol Javier Hernandez dan penalti Cuahtemoc Blanco.

Dengan kekalahan ini Prancis berada di urutan ketiga Grup A dengan satu poin dari dua laganya. Sementara Meksiko yang punya poin sama dengan Uruguay yaitu empat berada di posisi kedua karena kalah selisih gol.

Kemenangan besar dibutuhkan Les Blues saat menghadapi Afrika Selatan di laga pamungkasnya untuk lolos dari grup dengan syarat laga Meksiko kontra Uruguay tak berakhir imbang.

Jalannya Laga

Dua menit laga berjalan Giovani Dos Santos sudah punya peluang bersih di kotak penalti Prancis setelah sepakannya menerpa tiang dalam gawang Hugo Lloris. Sayang Dos Santos sudah terjebak offside lebih dulu.

Di menit ke-11 Guillermo Franco mengancam gawang Lloris. Sayang sepakannya di dekat kotak penalti masih melambung jauh dari sasaran. Tujuh menit berselang giliran tendangan mendatar Carlos Salcido melenceng tipis di sisi kiri jala Prancis.

Pertahanan Prancis kembali goyah di menit ke-26 ketika Salcido bisa merangsek masuk dan William Gallas yang berada di depan Salcio hanya terpaku ketika bek kiri Meksiko itu melepaskan tembakan keras yang masih bisa ditepis Lloris.

Pada menit ke-32 gawang Prancis kembali terancam. Crossing Salcido ke kotak penalti disambut tandukan Pablo Barrera namun Lloris lebih cepat untuk menghalau bola keluar.

Empat menit kemudian Dos Santos yang dikawal oleh satu bek Prancis melepaskan tembakan di luar kotak penalti yang lagi-lagi hanya menyamping dari sasaran.

Skor 0-0 pun tetap bertahan hingga peluit tanda usainya babak pertama dibunyikan.

Permainan Prancis di babak kedua membaik dengan sedikit memegang kendali permainan. Peluang pertamanya pun hadir di menit ke-51 setelah sepakan keras Florent Malouda dari luar kotak penalti memaksa Oscar Perez melakukan penyelamatan gemilang.

Keasyikan menyerang Prancis lupa pada pertahanan dan mendapat ganjarannya pada menit ke-63. Mendapat umpan lambung dair tengah, Hernandez yang lolos dari jebakan offside dengan mudah mengecoh Lloris dan menceploskan si kulit bundar ke jala yang kosong.

Pada menit ke-79 Meksiko mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Eric Abidal kepada Pablo Barrera. Blanco yang maju sebagai eksekutor mampu menempatkan bola di sudut kanan gawang Lloris meski kiper Prancis itu berhasil menebak arah bola.

Pemain

Prancis : 1-Hugo Lloris; 2-Bacary Sagna, 3-Eric Abidal, 5-William Gallas, 13-Patrice Evra; 14-Jeremy Toulalan, 19-Abou Diaby; 15-Florent Malouda, 7-Franck Ribery, 10-Sidney Govou (20-Mathieu Valbuena 69'); 21-Nicolas Anelka (11-Andre Pierre Cignac 45').

Meksiko : 1-Oscar Perez; 16-Efrain Juarez (14-Javier Hernandez 54'), 4-Rafael Marquez, 2-Francisco Rodriguez, 3-Carlos Salcido, 6-Gerardo Torrado, 15-Hector Moreno, 5-Ricardo Osorio, 17-Giovani Dos Santos, 9-Guillermo Franco (10-Cuauhtemoc Blanco 62'), 11-Carlos Vela (7-Pablo Barrera 31'). (mrp/key/dtk)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar