30 Juni 2010

Spanyol vs Portugal: Spanyol Tundukkan Portugal 1-0


Penyerang Spanyol, David Villa, mencetak gol yang menentukan kemenangan timnya 1-0 atas Portugal, di babak 16 besar Piala Dunia, Selasa (29/6/2010). Mereka pun melaju ke perempat final, di mana Paraguay sudah menanti.

Spanyol pantas kecewa dengan itu. Mendapat kesempatan pertama menguasai bola, mereka langsung memainkan penguasaan bola dan menekan sejak menit awal.

Nyaris tanpa ancaman, mereka menciptakan tiga peluang gol dalam sepuluh menit pertama melalui Fernando Torres dan David Villa. Namun, semua usaha itu mentah di tangan kiper Eduardo.

Di tengah tekanan itu, Portugal yang cenderung bermain bertahan dan menunggu peluang melakukan serangan balik, mampu menciptakan kegemparan di kotak penalti Spanyol dengan dua kali sepak pojok, yang tak membuahkan apa pun, pada menit kesembilan.

Meski gagal, hal itu menggoda Portugal untuk mencoba bermain terbuka. Namun, sebelum mereka menciptakan tekanan, Spanyol segera merebut kembali kendali permainan.

Meski agak kesulitan menyerang, karena Portugal bermain semakin agresif, Spanyol cukup konsisten menggulirkan tekanan demi tekanan. Sayang, buruknya koordinasi lini depan membuat alur umpan mereka kerap terbuang karena menemui ruang kosong atau disambut pemain lawan.

Setelah tak menciptakan ancaman apa pun, selain eksekusi Xavi di menit ke-12, yang melambung di atas mistar gawang Portugal, Spanyol malah dikejutkan oleh sebuah serangan cepat Portugal pada menit ke-20, yang berujung tembakan jarak jauh akurat dari Tigao. Namun, Casillas berhasil mengebloknya.

Hugo Almeida sempat berusaha mengejar bola yang diblok Casillas itu. Namun, Casillas tinju Casillas bergerak cepat dan tepat menjauhkan bola dari wilayah sarangnya.

Situasi kemudian sempat tenang, sampai Portugal mendapat tendangan bebas, menyusul pelanggaran Xabi Alonso kepada Fabio Coentrao pada menit ke-27 . Cristiano Ronaldo yang dipercaya melakukan eksekusi mengirim bola langsung ke gawang.

Tembakan itu tepat menyasar sudut kanan bawah gawang. Namun, Casillas berhasil mengebloknya, sebelum kemudian dibuang rekannya.

Dua kejutan Portugal membuat Spanyol menurunkan agresivitasnya. Itu terlihat dari semakin lambat dan berhati-hatinya mereka dalam mengalirkan serangan ke depan.

Portugal sendiri mulai kembali kepada permainan pasifnya. Meski tampak lebih dinamis, mereka tetap cenderung mengambil posisi menunggu.

Situasi kemudian kembali berlangsung tenang dengan disertai sejumlah kejutan-kejutan yang tak membuahkan apa pun selain angka 0-0 di papan skor, saat peluit turun minum berbunyi.

Memasuki babak kedua, permainan tak berubah, sampai pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque menarik Fernando Torres dan memasukkan Fernando Llorente pada menit ke-59.

Masuknya Llorente membuat permainan Spanyol lebih agresif dan variatif. Hasilnya, pada menit ke-61, Spanyol nyaris unggul berkat Llorente.

Saat itu, dari depan mulut gawang Portugal, ia berhasil menanduk umpan silang tepat ke sasaran. Sayang, bola berhasil diblok Eduardo.

Tak mau kehilangan momen, Spanyol terus melancarkan tekanan yang berujung gol Villa pada menit ke-63. Dari tengah kotak penalti, memanfaatkan bola muntah hasil tembakannya sendiri yang diblok Eduardo, Villa mengirim bola ke tengah gawang Portugal.

Gol itu melambungkan moral Spanyol. Dengan penguasaan bola yang lebih tenang, mereka semakin rajin mengancam gawang Portugal.

Pada menit ke-70, misalnya, Ramos menggiring bola masuk kotak penalti dan melepaskan tembakan mendatar yang menyasar tengah gawang Portugal. Namun, Eduardo berhasil menepis bola sehingga keluar lapangan.

Portugal belum berkutik ketika pada menit ke-77, Spanyol kembali menebar ancaman gol melalui Villa. Memanfaatkan umpan Ramos, ia melepaskan tembakan akurat, yang kembali dimentahkan Eduardo.

Tak mau terus tertekan, Portugal mencoba bangkit saat laga memasuki menit ke-80. Namun, belum menciptakan ancaman berarti, mereka dikejutkan oleh tembakan Fernando Llorente, yang sayangnya melenceng dari sasaran.

Situasi Portugal semakin sulit ketika Ricardo Costa diganjar kartu merah, menyusul pelanggarannya kepada Joan Capdevilla pada menit ke-89.

Betul saja, situasi ini dimanfaatkan Spanyol untuk terus mencecar benteng Portugal. Namun, Portugal tak mau menyerah begitu saja dan mencoba melakukan serangan.

Menjelang akhir laga, permainan pun berlangsung semakin seru. Namun, skor 1-0 untuk Spanyol tak berubah sampai akhir laga.

Susunan Pemain:
Spanyol: Iker Casillas; Sergio Ramos, Gerard Pique, Carles Puyol, Joan Capdevila; Xabi Alonso, Xavi, Andres Iniesta, Sergio Busquets; Fernando Torres (Fernando Llorente 59), David Villa (Pedro 87)
Portugal: Eduardo; Bruno Alves, Ricardo Costa, Ricardo Carvalho, Fabio Coentrao, Raul Meireles, Pepe (Pedro Mendes 72), Tiago, Cristiano Ronaldo, Simao Sabrosa (Liedson 72), Hugo Almeida (Danny 59)

(kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar