25 Juni 2010

van Persie Ngegol, Belanda Juara Grup

Belanda memastikan diri lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E setelah menekuk Kamerun dengan skor 2-1. Sebaliknya, Kamerun tersisih tanpa mendulang satu poin pun.

Kegembiraan "Der Oranje" itu semakin lengkap setelah gelandang Arjen Robben muncul sebagai pemain pengganti di laga tersebut. Dalam dua laga sebelumnya, pemain Bayern Muenchen itu belum bisa tampil karena belum bugar setelah mengalami cedera beberapa waktu lalu.

Meski baru masuk di menit ke-73, permainan pertama Robben itu langsung memberikan warna baru bagi armada Bert van Marwijk. Sepuluh menit setelah menggantikan Rafael van der Vaart, Robben hampir membuat gol ke gawang Souleymanou Hamidou. Tendangan Robben membentur tiang dan kembali ke lapangan permainan. Pemain pengganti, Klaas-Jan Huntelaar, menyodok bola liar itu ke dalam gawang.

Gol itu menjadi gol terakhir di laga tersebut. Sebelumnya, Robin van Persie membuka pergerakan skor lewat gol yang dibuatnya dari sudut sempit pada menit ke-25. Kamerun sempat menyamakan kedudukan lewat penalti Samuel Eto'o pada menit ke-66.

Dengan kemenangan ini, Belanda akan menghadapi Slowakia di babak perdelapan final. Adapun Jepang, yang mengalahkan Denmark, akan berhadapan dengan Paraguay.

Susunan pemain:
Kamerun: Hamidou; Geremi, N'Koulou (Song 74), M'Bia, Assou-Ekotto; N'Guemo, Makoun, Chedjou, Bong (Aboubakar 56); Eto'o, Choupo-Moting (Idrissou 72), N'Guemo.

Belanda: Stekelenburg; Boulahrouz, Mathijsen, Heitinga, Van Bronckhorst; De Jong, Kuyt (Elia 66), Van der Vaart (Robben 73), Van Bommel; Sneijder, Van Persie (Huntelaar 59). (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar