04 Juli 2010

Paraguay vs Spanyol: Atasi Paraguay 1-0, Spanyol Ditantang Jerman



Gol tunggal David Villa sudah cukup bagi Spanyol untuk mengalahkan Paraguay di perempat final Piala Dunia 2010. Kemenangan 1-0 itu menandai langkah Spanyol ke semifinal dan bertemu dengan Jerman.

Butuh waktu 83 menit bagi Spanyol untuk mencetak gol semata wayang di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Sabtu (3/7/2010). Tak mudah bagi kedua tim untuk membuat gol karena alotnya pertandingan sejak menit pertama. Kedua tim bahkan gagal memanfaatkan hadiah penalti yang terjadi berurutan di babak kedua.

Spanyol yang mengawali permainan dengan tempo lambat bahkan tak bisa membuat bidikan ke arah gawang karena pressing ketat dari "La Albirroja". Di awal babak kedua, Spanyol pun masih kesulitan melahirkan peluang.

Bek tengah Spanyol Gerard Pique justru membuat kesalahan pada menit ke-58 ketika ia menarik Oscar Cardozo di kotak penalti. Cardozo sendiri yang mengeksekusi bola di titik putih, tapi Casillas berhasil menebak arah bola.

Hanya dalam waktu semenit, giliran Paraguay dijatuhi hukuman penalti karena pelanggaran Antolin Alcaraz atas David Villa. Xabi Alonso maju sebagai algojo dan berhasil mengeksekusinya. Namun, wasit Carlos Batres menganulir gol itu karena ada pemain masuk kotak penalti sebelum Alonso menendang bola. Pada usaha kedua, Alonso gagal menipu Villar. Bolanya ditepis sang kiper dan kembali ke lapangan permainan.

Tanpa Fernando Torres, "La Furia Roja" justru semakin sering masuk ke pertahanan Paraguay. Namun, gol Spanyol baru tercipta delapan menit sebelum bubar. Gol itu lahir setelah tendangan Pedro membentur tiang. Tendangan Villa pun tak langsung masuk, tapi dua kali mengenai rangka gawang.

Dua menit menjelang bubar, Paraguay hampir menyamakan skor lewat Roque Santa Cruz. Dasar apes, tendangan striker Manchester City itu membentur lutut Casillas. Semenit kemudian, giliran tendangan jarak dekat Villa pun dimentahkan oleh oleh Villar.

Susunan pemain:
Paraguay: Villar; Veron, Da Silva, Alcaraz, Morel; Barreto (Vera 64), Caceres (Barrios 84), Riveros; Santana, Cardozo, Valdez (Cruz 73).

Spanyol: Casillas; Ramos, Pique, Puyol (Marchena 84), Capdevila; Xavi, Busquets, Alonso (Pedro 75); Iniesta, Torres (Fabregas 56), Villa. (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar