21 Agustus 2010

Arsenal vs Blackpool: Walcott 3 Gol, Arsenal Menang 6-0


Theo Walcott, mencetak tiga gol dan berperan dominan menentukan kemenangan Arsenal 6-0 atas Blackpool, pada laga Premier Premier League, di Emirates, Sabtu (21/8/2010). Berkat hasil ini, Arsenal melesat ke puncak klasemen dengan empat poin.

Walcott mengawali performa gemilangnya ketika mencetak gol pertama Arsenal pada menit ke-12. Dari sudut sempit di dalam kotak penalti, Walcott mengirim bola masuk ke sudut kanan bawah gawang Blackpool yang dikawal Matthew Gilks.

Aksi Walcott berlanjut. Dengan kecepatan, kecermatan, dan akurasi tinggi, ia melepas umpan matang kepada Andrei Arshavin (22) dan Maroune Chamakh (24), yang seharusnya membuahkan gol. Sayang, sementara tembakan Arshavin masih bisa dimentahkan Gilks, eksekusi Chamakh melenceng ke sisi gawang.

Kebuntuan serangan Arsenal akhirnya pecah ketika pada menit ke-31, wasit menghadiahkan penalti yang sukses dieksekusi Arshavin, menyusul pelanggaran Ian Evatt kepada Chamakh. Dari tayangan ulang terlihat, pelanggaran ini sebetulnya terjadi di luar kotak penalti. Namun, wasit Michael Jones tanpa ampun menunjuk titik putih seraya mengacungkan kartu merah kepada Evatt.

Unggul jumlah membuat Arsenal semakin mudah mengendalikan permainan. Nyaris tanpa kesulitan mereka berhasil menambah gol melalui Walcott pada menit ke-39. Berada di tengah kotak penalti, Walcott menyambut umpan Jack Wilshere sambil memunggungi gawang lawan. Ia mengontrol bola, membalikkan badan, dan mengirim bola masuk ke tengah gawang Blackpool.

Blackpool sendiri bukannya tanpa perlawanan, pun ketika mereka dalam keadaan kalah jumlah pemain. Dalam sejumlah kesempatan, mereka juga mampu menciptakan sejumlah ancaman serius, yang sayangnya gagal dieksekusi dengan sempurna.

Pada menit kesepuluh, misalnya, Harewood melepaskan tendangan jarak jauh akurat, yang sayangnya berhasil diamankan Manuel Almunia.

Lima menit berselang, Blackpool juga berpeluang menjebol gawang Arsenal melalui Gary Taylor-Fletcher. Berada dalam kawalan Clichy di tengah kotak penalti, ia berhasil menanduk umpan silang Crainey, yang sayangnya melenceng ke sisi kiri gawang Arsenal.

Ketika bermain dengan sepuluh pemain dan ketinggalan 2-0 pun, Balckpool tetap berusaha mencari celah melepaskan serangan. Namun, usaha dan tenaga mereka akhirnya tak membuahkan apa pun selain keadaan tertinggal 0-3 sampai peluit turun minum berbunyi.

Memasuki babak kedua, Arsenal kembali mengambil inisatif menyerang. Hasilnya, pada menit ke-49 atau dua menit setelah tembakan Jack Wilshere diamankan Gilks, Arsenal memperlebar jarak menjadi 4-0 berkat gol Abou Diaby. Dari tengah kotak penalti, ia menyambut umpan Bacary Sagna dengan tembakan kaki kanan yang membuat bola bersarang di sudut kanan bawah gawang Blackpool.

Dengan tetap menjaga fokus, Arsenal terus mengendalikan permainan. Selain mampu mematahkan serangan lawan, mereka juga konsisten melancarkan serangan, yang pada menit ke-58 membuahkan gol kelima dari kaki Walcott. Berada di tengah kotak penalti, ia berhasil menjangkau umpan Diaby dan melesakkan bola masuk ke sudut kanan bawah gawang Gilks.

Ketinggalan lima gol tanpa balas, Blackpool menolak menyerah. Setiap kali dalam keadaan tertekan, pemain mereka berkumpul di lini belakang mementahkan usaha lawan dan begitu menguasai bola, mereka juga tak langsung membuangnya, melainkan membangun serangan dari belakang.

Usaha itu cukup efektif mengurangi agresivitas Arsenal. Sayang, mereka gagal mencegah terjadinya gol keenam Arsenal, yang dicetak Marouane Chamakh pada menit ke-83. Di tengah kawalan sejumlah pemain lawan di tengah kotak penalti, Chamakh berhasil menanduk umpan Robin van Persie masuk ke sudut kiri bawah gawang Gilks.

Enam gol tanpa balas tak memuaskan Arsenal. Di waktu tersisa, mereka terus mencoba melancarkan serangan dan mampu menciptakan beberapa ancaman serius. Namun, meski tidak kebobolan, mereka gagal menambah gol sampai peluit berbunyi panjang.

Pemain:
Arsenal: 1-Manuel Almunia; 22-Gael Clichy, 5-Thomas Vermaelen, 17-Alex Song, 3-Bacary Sagna; 19-Jack Wilshere, 2-Abou Diaby (4-Cesc Fábregas 62), 7-Tomas Rosicky; 29-Marouane Chamakh, 23-Andrei Arshavin (10-Robin Van Persie 62), 14-Theo Walcott
Blackpool: 21-Matthew Gilks; 3-Stephen Crainey, 6-Ian Evatt, 20-Craig Cathcart, 15-Alex Baptiste; 26-Charlie Adam, 19-Ludovic Sylvestre (31-Dekel Keinan 37), 11-David Vaughan; 9-Marlon Harewood (10-Brett Ormerod 57), 12-Gary Taylor-Fletcher (27-Ishmel Demontagnac 57), 14-Eliot Grandin (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar