16 September 2010

Anelka Gemilang, Chelsea Menang 4-1

Penyerang Chelsea, Nicolas Anelka mencetak dua gol dan satu assist yang menentukan kemenangan timnya 4-1 atas Zilina pada pertandingan penyisihan Grup F, Kamis (16/9/2010) dini hari WIB.

Pesta Chelsea dibuka oleh gol Michael Essien pada menit ke-13. Saat itu, dalam sebuah serangan. Essien berhasil menjangkau umpan Nicolas Anelka dan menembakkannya dari tengah kotak penalti masuk ke sudut kanan bawah gawang Zilina.

Setelah itu, Zilina memberikan perlawanan yang berujung dua peluang melalui Bello Babatounde dan Momodou Ceesay. Namun, Chelsea mampu mengatasi itu dan membalasnya dengan sebuah serangan yang berujung gol dari kaki Nicolas Anelka.

Berada di sisi kanan kotak penalti, Anelka berhasil menyambut umpan Florent Malouda dan menembakkan bola masuk ke sudut kiri bawah gawang Martin Dubravka.

Tak mau kehilangan momen, Chelsea terus menekan lawan. Selain berhasil merusak koordinasi serangan lawan, Chelsea mampu menciptakan sejumlah peluang, yang salah satunya berujung gol ketiga pada menit ke-28. Gol kali ini juga tercipta dari Nicolas Anelka, menyusul tendangan sudut.

Ketinggalan tiga gol ternyata tak mematikan semangat Zilina. Mengambil risiko merenggangkan pertahanan, mereka berani meladeni perebutan bola di lini tengah dengan Chelsea. Meski tak sepenuhnya bebas ancaman, mereka mampu menciptakan peluang lebih banyak dari sebelumnya.

Pada menit ke-32 sampai 36 saja, mereka melepaskan tembakan ke gawang Chelsea sebanyak empat kali. Namun, semuanya kandas di tangan Petr Cech atau garis lapangan.

Cheslea sendiri masih menciptakan setidaknya dua peluang setelah itu. Namun, skor 3-0 tak berubah sampai peluit turun minum berbunyi.

Memasuki babak kedua, Chelsea nyaris kecolongan gol Emil Rilke pada menit ke-46. Namun, setelah Cech mengatasinya, Chelsea melancarkan serangan yang membuahkan gol keempat pada menit ke-48.

Gol ini dicetak oleh Daniel Sturridge. Dari tengah kotak penalti, ia menyambar umpan terobosan Yossi Benayoun dan mengempaskannya masuk ke sudut kanan bawah gawang Zilina.

Gol itu juga belum mampu melumpuhkan semangat juang tim tuan rumah. Mengandalkan serangan cepat dari sektor sayap, mereka terus mencoba menciptakan peluang gol.

Usaha Zilina akhirnya membuahkan satu gol balasan, pada menit ke-55, melalui Tomas Oravec. Gol bermula dari kesalahan Alex mengantisipasi sebuah umpan Zilang Zilina, sehingga bola meluncur ke arah gawang. Oravec bereaksi cepat mengejar bola dan menyonteknya masuk ke gawang Cech, yang sudah telanjur salah posisi.

Tak lama setelah gol itu, kedua kubu mulai melakukan pergantian pemain. Permainan pun berubah. Meski mendapat tenaga baru, alur serangan yang dibangun keduanya tak selugas sebelumnya.

Memang, masing-masing masih mampu menciptakan peluang gol. Namun, skor 4-1 untuk Chelsea tak berubah sampai akhir.

Selama 90 menit, Chelsea menguasai bola sebanyak 58 persen dan melepaskan enam tembakan akurat dari 13 percobaan. Adapun, Zilina menciptakan lima peluang emas dari 23 percobaan.

Susunan pemain:
Zilina: 30-Martin Dubravka; 6-Patrick Mraz, 3-Mario Pecalka, 15-Jozef Piacek, 5-Lubomir Guldan (2-Stanislav Angelovic 79); 28-Bello Babatounde, 12-Robert Jez; 44-Admir Vladavic, 18-Momodou Ceesay (10-Tomas Majtan 61), 9-Emil Rilke (21-Pavol Poliacek 57); 14-Tomas Oravec
Chelsea: 1-Petr Cech; 18-Yuri Zhirkov, 26-John Terry, 33-Alex, 2-Branislav Ivanovic; 10-Yossi Benayoun (46-Joshua McEachran 79), 12-John Mikel Obi, 5-Michael Essien; 39-Nicolas Anelka, Florent Malouda (38-Patrick Van Aanholt 88), 23-Daniel Sturridge (44-Gael Kakuta 62) (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar