16 September 2010

Berkat Bunuh Diri, Madrid Menang 2-0

Real Madrid berhasil mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0 pada fase Grup G Liga Champions, Rabu atau Kamis (16/9/2010) dini hari WIB. Gol Madrid diciptakan oleh Gonzalo Higuain dan bek Ajak, Vurnon Anita.

Kemenangan tersebut memang pantas diraih Madrid. Pasalnya, Madrid mampu memeragakan permainan yang cukup atraktif dan selalu berhasil memegang kendali permainan semenjak menit-menit awal.

Madrid membukukan peluang yang cukup baik pada menit ke-17. Saat itu, berhasil lepas dari kawalan lawan, Gonzalo Higuain langsung melepaskan tendangan keras. Sayang tembakannya hanya membentur tiang gawang Ajax yang dikawal Maarten Stekelenburg.

Tak ingin kehilangan momen, Madrid terus mengempur pertahanan lawan dengan permainan yang cukup atraktif. Beberapa kali kombinasi umpan satu-dua yang diperagakan Madrid cukup membuat lawannya kerepotan.

Lihat saja bagaimana aksi pergerakkan Angel Di Maria buah kerjasama antara Xabi Alonso dan Mesut Oezil nyaris membuahkan hasil pada menit ke-24. Maria yang berhasil menembus rapatnya pertahanan Ajax gagal melepaskan tembakan setelah lajunya keburu dipotong oleh Stekelenburg.

Kerja keras Madrid akhirnya baru berhasil membuahkan gol berkat gol bunuh diri Anita pada menit ke-31.

Tak lama berselang, Di Maria hampir menggandakan keunggulan. Usai menerima umpan dari Marcelo, Di Maria yang dalam posisi bebas langsung melepaskan tembakan keras. Sayang, tembakannya hanya melayang tinggi di atas mistar gawang Ajax. Setelah itu, Madrid masih mendominasi laga. Tapi, skor 1-0 untuk keunggulan Madrid tetap bertahan hingga turun minum.

Selepas turun minum, Madrid masih menguasai pertandingan. Permainan aktraktif pun masih dipergakan pasukan Jose Mourinho. Namun, ketangguhan Stekelenburg di bawah mistar membuat Madrid harus gigit jari karena peluangnya harus terbuang percuma.

Lihat saja bagaimana kecermatan kiper asal Belanda itu mementahkan tendangan keras Ronaldo pada menit ke-51. Empat menit kemudian, Stekelenburg pun kembali mempertontonkan kemampuannya dengan menahan tembakan Di Maria.

Madrid tak ambil pusing dengan kegagalan itu. Mereka terus memberikan ancaman ke jantung pertahanan lawan. Ronaldo hampir saja menggandakan keunggulan bagi timnya pada menit ke-66. Peluang tersebut berawal dari kejelian Higuain yang melihat Ronaldo dalam keadaan tak terkawal. Namun, Ronaldo membuang peluang emas itu karena tembakannya masih melebar.

Meskibegitu, Madrid akhirnya mampu memperbesar keunggulan berkat gol yang diciptakan Higuain pada menit ke-73. Gol Higuain tersebut tidak bisa terlepaskan dari kegemilangan Oezil.

Menerima umpan dari Alonso, Oezil langsung melepaskan tembakan keras. Namun, Stekelenburg berhasil menepisnya. Mendapat bola rebound, gelandang asal Jerman itu tak egois dengan mengirimkan umpan kepada Higuain. Tanpa berlama-lama, Higuain langsung melibas bola yang bersarang di pojok kanan bawah gawang Stekelenburg.

Pada menit ke-87, Madrid bisa saja memperbesar keunggulan jika saja Ronaldo tak membuang peluang. Berhasil melawati dua pemain lawan, Higuain langsung mengirimkan umpan kepada Ronaldo. Namun sayang, gelandang asal Portugal itu tidak sigap menerima umpan tersebut sehingga lawan berhasil mencuri bola. Peluang itu menjadi peluang terakhir yang diciptakan Madrid pada laga ini.

Real Madrid: Iker Casillas, Ricardo Carvalho, Pepe, Marcelo, Alvaro Arbeloa; Sami Khedira, Xabi Alonso (Diarra 80); Gonzalo Higuain: Mesut Oezil (Canales 87); Cristiano Ronaldo, Angel Di Maria (Pedro Leon 79).

Ajax Amsterdam: Maarten Stekelenburg; Andre Ooijer, Toby Alderweireld, Eyong Enoh, Vurnon Anita, Gregory Van Der Wiel; Siem De Jong, Urby Emanuelson, Demy De Zeeuw; Miralem Sulejmani, Mounir El Hamdaoui (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar