31 Juli 2011

Mayoritas Negara Timur Tengah Memulai Ramadhan Senin Esok

Otoritas keagamaan di sebagian besar Timur Tengah menyatakan bahwa Senin besok (1/7) akan menjadi awal bulan suci Ramadhan.

Ramadhan dimulai sekitar 11 hari lebih awal setiap tahun. Yang mulai dihitung berdasarkan penampakan bulan baru, yang menandai awal bulan lunar umat Muslim yang bervariasi antara 29 atau 30 hari.

Pernyataan resmi yang dikeluarkan Sabtu kemarin di Mesir, Arab Saudi, Libanon, Suriah, Uni Emirat Arab, Yordania, Kuwait, Qatar dan Yaman mengatakan bulan suci akan dimulai pada hari Senin.


Beberapa negara menggunakan perhitungan astronomi dan observatorium, sementara yang lain mengandalkan penglihatan awal bulan dengan mata telanjang, menyebabkan kadang-kadang terjadi perbedaan penentuan awal Ramadhan di Timur Tengah.

Perbedaan politik dan perselisihan agama antara Sunni-Syiah dan negara-negara mayoritas di kawasan ini juga kadang-kadang berperan dalam perbedaan tanggal awal untuk Ramadhan.

Tahun ini, hari-hari musim panas yang panjang dan panas kemungkinan akan menyebabkan bulan suci Ramadhan akan dijalini dengan cukup berat.(fq/ap/em)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar