01 Agustus 2011

Juni: Kenapa Penjualan Jupiter Z CW Ambrol 50% ?

Juni: Penjualan Jupiter Z CW Anjlok 50%, Why…???



Di segment bebek, data penjualan Jupiter Z casting wheel (CW) patut dicurigai karena anjlok 50% lebih. Ada apakah ini? Padahal tak ada isu pabrikan Yamaha akan mengeluarkan bebek baru. Apakah dampak dari isu akan meluncurnya “Jupiter Killer” dari Honda yang gencar sejak bulan Mei?

Coba perhatikan data penjualan di atas. Jupiter Z CW biasanya mampu terdistribusi jauh di atas 20 ribuan, bahkan pernah laku 34 ribuan. Tapi bulan Juni amsiong bro, cuma laku 15,707 unit. Untuk ukuran Jupiter Z angka tersebut terbilang sedikit ya. Sepanjang sejarah mungkin penjualan Jupiter Z CW paling kecil kali ya. Masak hampir sama dengan jualan Blade versi lama yang sudah stop jualan (15 ribuan unit/bulan).

Padahal tidak ada isu sama sekali akan ada produk bebek baru dari Yamaha. Artinya hingga akhir tahun, pilihan bebek Yamaha ya masih seperti sekarang (Vega ZR, Jupiter Z dan MX135).


Bisa jadi hembusan bebek baru Honda yang sejak jauh-jauh hari dikomunikasikan sebagai “Jupiter Killer” yang menjadi biang keroknya. Bayangkan sob, sekitar dua bulanan berbagai media print, online apalagi blogger gencar sekali menyebarkan informasi disertai beragam sketa yang menggambarkan ancaman terhadap Jupiter Z. Hemmm… apakah benar-benar karena efek itu?

Pengujian terhadap analisa tadi harus diperkuat dengan data penjualan Jupiter Z CW untuk bulan-bulan berikutnya. Penjualannya kembali naik atau justru makin mengecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar