24 Juni 2010

Grup D: Jerman Didampingi Ghana ke 16 Besar

Jerman berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup usai menang 1-0 atas Ghana. Namun The Black Stars tetap mendampingi Der Panser sebagai wakil Grup D.

Dalam laga yang dihelat di Soccer City, Kamis (24/6) dinihari WIB, Mesut Ozil jadi pahlawan Jerman lewat gol tunggalnya di menit ke-60. Dengan hasil ini Jerman kokoh di puncak klasemen dengan enam poin dari tiga laganya.

Sementara Ghana meski kalah tetap lolos ke perdelapanfinal sebab di laga lainnya Serbia kalah 1-2 dari Australia. Poin Ghana adalah empat dan sama dengan Australia tapi unggul selisih gol.

Di babak 16 besar Jerman akan menghadapi Inggris dan Ghana akan bertemu Amerika Serikat.

Jalannya pertandingan

Baru dua menit laga berjalan Cacau buka peluang Jerman mencetak gol. Namun sepakannya dari sisi kiri pertahanan Ghana masih lemah dan tepat di tangkapan Richard
Kingson.

Di menit ke-9 crossing datar Lukas Podolski mengenai kaki Jonathan Mensah dan berbelok ke gawang sendiri. Beruntung dengan sigap Kingson menepisnya untuk menjadi sepak pojok.

Di menit ke-24 peluang emas didapat Mesut Ozil. Berlari sendirian ke kotak penalti dan tanpa kawalan Ozil gagal menyarangkan bola dalam duel satu lawan satu dengan Kingson. Bola membentur kaki kiper Ghana itu.

Semenit sesudahnya corner Ghana menuju Asamoah Gyan dan disambut tandukan yang mengarah ke pojok gawang Manuel Neuer. Untung Philipp Lahm ada di garis gawang dan dengan cepat menyapu bola itu.

Pada menit ke-40 free kick Bastian Schweinsteiger menuju langsung mulut gawang Ghana. Namun Kingson lagi-lagi dapat meninju bola dan amanlah gawang Ghana.

Skor 0-0 menghiasi papan skor di akhir babak ini.

Marka pertandingan memasuki satu jam Jerman akhirnya unggul. Umpan Mueller yang berakselerasi di sayap kanan menemui Ozil di depan kotak penalti. Tanpa kawalan Ozil melepaskan tembakan keras kaki kiri yang menghujam gawang Kingson.

Semenit sesudahnya Ghana langsung membalas menyerang. Sundulan Prince Tagoe hampir membobol gawang Neuer andai Jerome Boateng tak menghalaunya.

Di menit ke-66 Dede Ayew melepaskan tembakan di kotak penalti namun Philipp Lahm dengan sigap memblok tendangan tersebut.

Skor 1-0 pun bertahan hingga usainya laga.

Susunan pemain

Ghana: 22-Richard Kingson; 4-John Pantsil, 8-Jonathan Mensah, 5-John Mensah, 2-Hans Sarpei; 6-Anthony Annan, 23-Kevin-Prince Boateng, 13-Dede Ayew, 12-Prince Tagoe (11-Sulley Muntari 64'); 21-Kwadwo Asamoah, 3-Asamoah Gyan (14-Matthew Amoah 81').

Jerman: 1-Manuel Neuer; 16-Philipp Lahm, 3-Arne Friedrich, 17-Per Mertesacker, 20-Jerome Boateng (2-Marcell Jansen 73'), 13-Thomas Mueller (15-Piotr Trochowski 68'), 6-Sami Khedira, 7-Bastian Schweinsteiger (18-Tomas Kroos 80'), 10-Lukas Podolski, 8-Mesut Ozil, 19-Cacau. (mrp/key/dtk)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar