23 Juni 2010

Inggris Tembus Perdelapanfinal

Inggris akhirnya lolos ke babak 16 besar. Kemenangan 1-0 di laga pamungkas kontra Slovenia, Rabu (23/6) malam WIB, sudah cukup bagi The Three Lions.

Pada laga yang dihelat di Nelson Mandelay Bay Stadium itu Jermain Defoe tampil sebagai pahlawan tim lewat gol tunggalnya di menit ke-23.

Dengan raihan tiga poin ini Inggris melaju ke babak 16 besar sebagai runner up Grup C. Sebab disaat bersamaan Amerika Serikat menang 1-0 dari Aljazair. Poin Inggris dan AS sama yaitu lima namun The Yankees unggul selisih gol.

Jalannya pertandingan

Pada menit ke-8 Valter Birsa menguji David James lewat sepakan dari jarak 20 yard. Beruntung James dengan sigap menangkapnya.

Di menit ke-13 tendangan bebas Frank Lampard dari seperempat lapangan masih mengarah tepat ke pelukan Samir Handanovic.

Defoe! Di menit ke-22 Inggris akhirnya mampu memecah kebuntuan. Umpan silang James Milner ke depan gawang disambar Defoe dan bobolah gawang Samir Handanovic.

Di menit ke-29 Inggris nyaris menggandakan keunggulan. Wayne Rooney yang mendapat bola di kotak penalti mengumpan pendek kepada Gerrard. Gerrard pun melepaskan sepakan mendatar ke pojok gawang yang masih bisa diamankan Handanovic.

Hingga babak pertama berakhir skor tetap 1-0 untuk Inggris.

Empat menit setelah restart Defoe yang menerima umpan Rooney bisa menjebol gawang Slovenia. Namun dianulir wasit karena Rooney sudah terjebak offside lebih dulu.

Di menit ke-56 corner Gareth Barry disambut tandukan John Terry di tiang jauh namun masih bisa ditepis Handanovic.

Rooney! Di menit ke-57 Rooney yang lolos dari jebakan offside setelah mendapat umpan Lampard gagal memaksimalkannya jadi gol. Setelah tembakannya dari jarak dekat hanya menerpa tiang gawang.

Di menit ke-68 Inggris hampir saja kebobolan. Kesalahan komunikasi antara Terry dan Glen Johnson berhasil dimanfaatkan Milijove Novakovic yang lantas melepaskan sepakan yang mampu tertahan kaki Johnson.

Inggris memasukkan beberapa pemain bertahan untuk memperkuat pertahanan mereka. Dan akhirnya berhasil karena skor 1-0 bisa dipertahankan hingga usainya laga.

Susunan pemain

Slovenia: 1-Samir Handanovic; 2-Miso Brecko, 4-Marko Suler, 5-Bostjan Cesar, 13-Bojan Jokic; 10-Valter Birsa, 8-Robert Koren, 18-Aleksandar Radosavljevic, 17-Andraz Kirm; 9-Zlatan Ljubijankic (14-Zlatko Dedic 62'), 11-Milivoje Novakovic.

England: 1-David James; 2-Glen Johnson, 15-Matthew Upson, 6-John Terry, 3-Ashley Cole; 16-James Milner, 4-Steven Gerrard, 8-Frank Lampard, 14-Gareth Barry; 19-Jermain Defoe (21-Emile Heskey 85'), 10-Wayne Rooney (11-Joe Cole 72'). (mrp/roz/dtk)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar