27 Agustus 2010

Nelan Lendir, Batal Puasa Nggak?

Assalamu alaikum warahmatullah! Met sore. Kenalkan saya Titin, salah satu pendengar Voice of Islam di Bau Bau. Ada sdkit yang mengganjal di pikiran saya. Begini, akhir-akhir ini di tenggorokan saya slalu ada lendir. Kadang kalo lagi malas atau lagi sibuk lendir itu saya telan aja. Kira-kira, puasa saya batal tidak? Saya kira itu saja yang saya tanyakan. Makasih sebelumnya. Wassalam (+62856969XXX)

Jawab:

Waslm. Wr. Wb.

Realitas atau definisi shaum sudah sangat jelas yakni :

اَلصَّوْمُ هُوَ الإِمْسَاكُ عَنِ الأَكْلِ وَالشُّرْبِ وَالْجِمَاعِ مِنْ طُلُوْعِ الْفَجْرِ اِلَى الْمَغْرِبِ

Shaum adalah menahan diri dari makanan, minuman dan jima sejak terbit fajar hingga maghrib

Jika lendir yang dimaksudkan oleh Titin adalah berada dalam ruang mulut atau dalam awal saluran kerongkongan, maka jika ditelan tentu saja itu tidak akan membatalkan shaum, karena tidak termasuk dalam fakta makan atau minum yang pasti membatalkan shaum. Namun jika lendirnya berasal dari ruang atau rongga hidung, maka bila ditelan tentu saja akan membatalkan shaum sebab lendir tersebut berasal dari luar ruang atau rongga mulut sehingga masuk dalam kategori makan atau minum. [Ust. Ir. Abdul Halim/min]

1 komentar:

  1. makasih infonya kk...
    aku ini punya penyakit alergi dan sering bersin...
    jadi sekarang aku tau gak ble nelan lendir saat puasa...
    thanks bgt ya kk..

    BalasHapus