02 Mei 2010

Kiat Pengecekan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Tips Pengecekan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Ada 2 hal utama yang paling harus Anda perhatikan apabila Anda akan membeli sebuah mobil bekas, yaitu surat dokumen kendaraan dan kondisi kendaraan. Kedua hal ini, seharusnya menjadi standar bagi masyarakat yang berniat membeli mobil bekas. Untuk surat dokumen kendaraan, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain : BPKB, STNK, Faktur dan lainnya.

Untuk mengetahui kondisi detil mobil bekas tersebut, ada beberapa tips pengecekan yang sebaiknya Anda lakukan, antara lain:

  1. Bagian mesin mobil: buka kap mobil (penutup mesin) tersebut, kemudian cek kondisinya secara detil. Anda bisa menghidupkan mesinnya, apabila mesin itu masih bagus, maka lampu indikator tekanan oli akan segera mati dan bunyinya terdengar halus atau rata. Perhatikan juga asap knalpot mobil, apabila keluar asap berwarna hitam atau biru, maka kemungkinan kondisi mesin tersebut ada yang tidak beres.
  2. Bagian body/chasis: Anda bisa melakukan pengecekan dengan menaikkan salah satu roda kendaraan ke tempat yang lebih tinggi, misalnya saja trotoar. Kemudian buka tutup semua pintu mobil, apabila pintu tertutup tidak sempurna, kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami benturan bahkan pernah mengalami tabrakan.
  3. Bagian-bagian yang mengalami kerusakan dan/atau terkena karat: Periksalah semua bagian mobil, pastikan tidak ada permukaan yang tidak rata, apabila Anda menemukan permukaan yang tidak rata, Anda bisa menanyakan langsung penyebab permukaan yang tidak rata tersebut. Dan penting sekali bagi Anda untuk memeriksa bagian-bagian yang mudah terkena karat, antara lain : jendela dan pintu, talang air (atap), pada bagian atas spion dan antena radio, bagian di balik lis, di sekitar lampu (bagian depan dan belakang) bagian dalam spakbor, di bagian body bawah dan knalpot, serta di bawah karpet garasi.
  4. Bagian suspensi: cek dengan menekan masing-masing sisi mobil ke bagian bawah secara bergantian. Sisi yang Anda tekan harus lebih tinggi dari posisi awal dan turun lagi ke posisi saat Anda tekan.
  5. Bagian ban: coba Anda perhatikan permukaan ban yang sudah aus (gundul), perhatikan juga permukaan ban apabila ada yang tidak rata karena bisa menunjukkan ketidakberesan, baik di bagian roda maupun mekanisme suspensi.
  6. Bagian lainnya yang perlu Anda perhatikan, antara lain :
  • Cek kondisi alas kaki dan bantalan pedal,
  • Periksalah alas tempat duduk,
  • Pada bagian kemudi perhatikan jika ada bunyi/suara yang tidak normal,
  • Perhatikan kolong mesin, untuk menghindari kebocoran oli,
  • Ketoklah bagian demi bagian mobil,
  • Periksalah kondisi ban serep Anda,
  • Buka bagian alas kaki (floor mat) cek kondisi di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar