05 Agustus 2011

Lima Tentara NATO Tewas di Afghanistan

5 Tentara NATO Tewas di Afghanistan

Aliansi militer pimpinan AS mengatakan empat tentara Amerika tewas di tengah meningkatnya serangan oleh pejuang Islam terhadap pasukan asing di Afghanistan.

Pasukan pimpinan AS tersebut kehilangan nyawa anggota mereka di Afghanistan timur Kamis, NATO mengumumkan.

Dalam insiden lain pada hari yang sama, seorang tentara NATO tewas ketika seorang pria berpakaian sebagai polisi Afghanistan melepaskan tembakan padanya.

Sebelumnyan pada Rabu dua tentara NATO juga tewas dalam pemboman pinggir jalan di Afghanistan selatan dan satu lainnya kehilangan nyawanya dalam insiden yang tidak terkait pertempuran di timur negara itu.

Korban terakhir itu menjadikan setidaknya 345 anggota pasukan pimpinan Amerika tersebut telah tewas di Afghanistan untuk tahun ini saja.

Menurut angka resmi, lebih dari 2.617 tentara pimpinan AS telah tewas di Afghanistan sejak Ameirka memimpin invasi di negara Asia tersebut di tahun 2001.

Situasi keamanan tetap rapuh di Afghanistan meskipun kehadiran hampir 150.000 pasukan asing pimpinan Amerika di negara itu.

Meningkatnya jumlah korban pasukan asing di Afghanistan telah menyebabkan kemarahan meluas di AS dan negara-negara anggota NATO lain, sehingga mengakibatkan semakin berkurangnya dukungan publik untuk perang Afghanistan yang telah berlangsung hampir satu dekade tersebut. (by/ptv/voai)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar