05 Agustus 2011

Wilayah Populasi Motor Paling Besar di Indonesia

Inilah Wilayah Populasi Motor Terbesar di Indonesia

TAHUKAH Anda provinsi mana di Indonesia yang memiliki populasi sepeda motor terbesar? Nah, saya coba menelusuri berdasarkan data registrasi Kepolisian RI. Artinya, sepeda motor yang memiliki pelat nomor dan sah beredar di wilayah hokum Indonesia.
Hasilnya, ini dia 10 wilayah populasi motor terbesar hingga akhir tahun 2010. Jawa Timur (Jatim) merupakan wilayah yang tertinggi, yakni sekitar 9,10 juta unit. Sedangkan DKI Jakarta berada diposisi kedua yakni sekitar 8,76 juta unit.
Di belakang Jakarta adalah Jawa Tengah (8,29 juta), Jawa Barat (3,82 juta), Sumatera Utara (3,47 juta), Sumatera Selatan (3,42 juta), Riau (2,70 juta), Bali (2,05 juta), Sulawesi Selatan (1,78 juta), dan Kalimantan Tengah (1,65 juta). (lihat grafik satu)



Di Jatim, selaku wilayah paling banyak populasi motor, komposisi antara motor dengan mobil bak bumi dengan langit. Jumlah motor mencapai sekitar 87,40%, sedangkan mobil hanya sekitar 12,60%. Oh ya, kategori mobil tersebut merupakan gabungan dari seluruh jenis, seperti mobil penumpang dan mobil barang, serta bus. Total populasi kendaraan di Jatim berdasarkan data Korps Lalu Lintas (Lantas) Polri mencapai sekitar 10,41 juta unit.
Jakarta yang merupakan wilayah kedua terbesar populasi sepeda motornya di Indonesia, ternyata komposisi motor mencapai sekitar 73,05%, sedangkan mobil sekitar 26,95%. Korps Lantas Polri menyebutkan, populasi kendaraan sekitar 11,99 juta unit pada akhir 2010.



Selain di Jatim dan Jakarta, di delapan provinsi lainnya, komposisi antara motor dan mobil juga didominasi oleh motor. Sebut saja misalnya di Jateng, yakni motor (86,79%) dan mobil (13,21%). (lihat grafik dua)
Tampaknya sepeda motor masih menjadi alat transportasi utama bagi penduduk di ke-10 provinsi tersebut. Mungkin salah satunya dipicu oleh belum maksimalnya moda transportasi massal umum yang tersedia di kota-kota tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar