13 Agustus 2011

Rumah Petak 2 Blok

Assalamualikum ustadz,

saya punya lahan berukuran 10X36 meter disisi selatan dengan lebar 10meter yang menghadap jalan. disisi barat,timur dan utara sudah ada rumah tinggal. Saya berharap lahan ini bisa dibuat 2 blok sisi barat dan timur (jika itu memungkinkan).

Di dalam rumah tersebut diharapkan ada ruang tamu, ruang tidur, dapur,ruang keluarga, dan kalau memungkinkan ada tempat jemuran.

Kemudian apakah pa ustadz punya solusi mengenai pembuangan air kotor dan tinjanya? yang mana gorong2 jalan belum tersedia di wilayah kami.

Demikian pertanyaan ini mudah-mudahan Bpk ustadz diberri kemudahan oleh Allah SWT. amien.

mang tito

Jawaban

Assalaamu'alaikum wrwb

Netters sekalian, banyak email yang sudah saya pelajari. Bahkan beberapa ada yang sudah saya buat disainnya. Namun kendala operasional yang membuat kami tidak dapat oprtimal melayani pemirsa sekalian. Karena cukup besar tenaga yang harus kami peras untuk memutar siaran dunia maya ini.

Apalagi saya tidak hanya sekedar membuat tulisan. Gambar yang ada setelah diolah di dapur disain harus mampu ditampilkan di layar pemirsa sekalian. Bukan berarti membedakan dengan tulisan lain. Namun inilah kenyataannya.

Sering kali gambar yang ada tidak mampu di up load. Atau malah sebaliknya. Data email yang sudah masuk justru hilang. Padahal gambarnya sudah jadi. Dan mencari tumpukan data tersebut bukanlah pekerjaan mudah.

Namun kami tetap berjuang untuk dapat melayani pemirsa sekalian. Dan terimakasih atas dukungannya selama ini. Ada yang memberi apresiasi. Ada yang datar-datar saja seolah ini pekerjaan mudah. Bahkan ada yang kecewa karena tidak terlayani dengan sistem on line yang gratis ini.

Atas ketidaknyamanan tersebut kami menghaturkan permohonan maaf. Lalu bila ada prestasi di dalamnya maka semata itu milik Allah. Alhamdulillah kami mampu bertahan selama 10 an tahun melayani pemirsa sekalian. Dan segala puji bagi Allah yang telah memberi kesempatan bagi kami untuk beramal sholeh melalui media internet.

Netters sekalian, mari kita sapa Mang Tito. Kumaha Mamang ? Damang ? Wilujeung sumping di eramuslim. Semoga Allah melapangkan rizki Mang Tito sekeluarga. Dan semoga rumah petaknya ini bisa membawa keberkahan tersendiri.

Rumah petak ini nampaknya cukup mewah. Karena kebutuhan ruangnya agak berbeda dari rumah petak biasa. Hanya kendalanya adalah muka tanah 10 meter. Dengan 2 blok kiri dan kanan akan terasa sesak jika tidak diatur dengan baik.

Untuk itu saya buat dengan pola melebar. Karena muka tanah 10 meter terasa sempit ketika diisi 2 area rumah petak. Maka solusi melebar dengan ruang tidur menyamping menjadi solusi hemat.

Karena ia tergolong rumah petak mewah, maka saya coba buat area parkir mobil di depan. Walaupun tetap motor dapat masuk ke dalam gang di depan rumah petak. Hingga fasilitasnya sesuai dengan market yang dituju. Walaupun tidak semua rumah terlayani. Namun cukup untuk menjadi daya tarik utama.

Bagian mukanya minimalis agar tampil modern. Dan juga memiliki daya jual. Dengan keluarga warna merah yang segar ia tampil berani dan mecolok. Di balut batu alam dan kamprotan abu-abu membuat padanan warnanya sedap dipandang.

Dari tampak muka rumah dapat kita kembangkan pula ruang di atas atap. Karena atap ruang tidur lebih tinggi. Dengan keadaan ini kita punya peluang untuk membuat gudang atau ruang tambahan di atas plafond.

Ini bagian service area. Mulai dari dapur, tangki air, kamar mandi, ruang cuci - jemur dan akses hawa masuk dari sini. Ditambag kisi-kisi bersirip di depan dan samping akan membuat rumah mungil ini segar. Karena sirkulasi hawa tetap diperhatikan.

Sementara sekian dulu jumpa kita kali. Mohon maaf harus diakhiri. Karena sudah ada 2 meeting yang saling berdekatan hari ini. Mohon doa agar kami menjadi lebih baik. Karena doa netters sekalin yang berpuasa di Bulan Ramadhan ini makbul.

Sekali lagi terimakasih atas dukungannya. Akhirul kalam,

Wassalaamu'alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST - andanarsitek@yahoo.com

(em)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar