12 Juni 2010

Cara Hacker Membobol Akun Facebook dan YM

Inilah Cara Hacker Membobol Akun Facebook Dan YM

Facebook dan Yahoo Messenger (YM) adalah jejaring sosial yang sangat digemari di Indonesia.

Melalui media online ini kita dapat melakukan aktivitas-aktivitas sosial yang menguntungkan.

Mulai dari saling bertukar informasi dengan orang lain, mencari teman sampai pada berbisnis.

Namun lain soalnya bila akun online tersebut justru merugikan seperti yang sedang menimpa Jajang C Noer, salah satu seniman tenar tanah air.

Ada beberapa modus yang menyebabkan email, YM dan FB dapat dibobol orang.

Pertama, pembobolan dengan cara recovery password. Modus ini dilakukan dengan melakukan recovery terhadap password seseorang.

"Kelemahan akun di Indonesia karena kebanyakan gratis securitynya jadi lemah. Ini ditambah kecerobohan kita dalam membuat security question yang mudah ditebak orang," kata Ruby Alamsyah, Pakar Informasi dan Teknologi.

"Seperti misalnya nama anak kita siapa, suami kita siapa. Selain itu, kita juga sering menaruh quote-quote pribadi kita dalam sebuah akun seperti facebook, blog atau yang lainnya. Hal inilah yang kemudian menjadi faktor mudahnya akun kita dibobol oleh seseorang," Ruby menjelaskan.

Kedua, Thising. Modus ini dilakukan melalui penyediaan link palsu. Biasanya penyedia melakukan olah wacana yang bertujuan untuk menarik minat pengguna akun yang lain untuk mengunjungi link tersebut.

"Begitu kita 'tertipu' masuk ke link ini, seluruh data kita termasuk password dapat dengan mudah terbaca. Modus yang kedua ini presentasenya memang lebih sedikit dari pada modus yang pertama," ucap Ruby.

Ketiga, Filoger. Kebanyakan melalui soft ware. Modus ini lebih banyak dilakukan melalui email atau komputer di tempat publik.

"Untuk modus ini, lebih banyak kejadian melalui komputer-komputer umum atau publik seperti warnet, kantor dll. Cara si pembobol dengan memasang sebuah soft ware untuk membaca akun-akun korban," ujarnya.

Modus yang keempat adalah Sniver. Menurut Ruby, modus ini dilakukan melalui penyadapan jaringan atau sinyal internet yang lewat. Namun presentasi dari modus keempat ini sangat sedikit di Indonesia.(ar/vs/dt) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar