12 Juni 2010

Juni-Juli, Bulan Halal Seluruh Dunia!

Trend halal memang tengah mendunia. Buktinya berbagai negara dari seluruh dunia berlomba memproduksi produk halal dan menggelar pameran halal berskala Internasional di bulan Juni - Juli 2010. Negara mana saja yang turut berpartisipasi?

Kebutuhan akan makanan halal dan produk halal makin meningkat. Tidak hanya di Asia melainkan melebar hingga ke Eropa. Hal ini tidak hanya dibuktikan dengan makin banyaknya perusahaan yang berlomba memproduksi makanan dan produk halal, tetapi juga lewat pameran halal berskala internasional.

Diawali dari negara tetangga kita, Brunei Darussalam yang pada tanggal 3 Juni 2010 lalu secara resmi membuka International Halal Expo 2010. Event yang berlangsung selama empat hari berturut-turut tersebut juga sekaligus menggelar International Halal Market Conference 2010 untuk yang kelima kalinya.

Di belahan dunia yang berbeda, Rusia pun juga ambil bagian. Pada tanggal 7 – 9 Juni 2010 kemarin Dewan Mufti Rusia untuk pertama kalinya menggelar pameran produk halal. Bahkan Dubes RI Moskow, Hamid Awaludi mendapat kehormatan untuk ikut serta membuka pameran berskala internasional tersebut.

Pameran halal yang pertama kalinya diadakan di Rusia tersebut tidak hanya ditujukan untuk mendukung kehidupan kaum muslim Rusia, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan akan produk halal. Tetapi juga untuk meningkatkan pertumbuhan produk halal domestik Rusia melalui para investor yang ikut berpartisipasi dalam pameran.

Seolah tak mau menyerah dengan krisis pemerintahan di negaranya, Thailand pun dalam waktu dekat akan menggelar event serupa. Pameran Halal di Phuket (IMT-GT) rencananya akan dilaksanakan pada 19 – 20 Juni 2010 dan World Halal Congres di Bangkok tanggal 1 – 2 Juli 2010. Kemudian pada 23 – 25 Juni 2010, disusul oleh Malaysia yang sudah ketujuh kalinya menggelar MIHAS (The International Halal Showcase).

Bagaimana dengan Indonesia? Sebagai salah satu negara dengan muslim terbesar tahun ini Indonesia pun tak ingin ketinggalan. Pada tanggal 23 – 25 Juli nanti, tak tanggung-tanggung ada 4 event akan digelar secara berturut-turut oleh LPPOM MUI sepanjang pameran halal internasional (International Halal Business & Food Expo – IHBF) berlangsung.

Kegiatan tersebut antara lain Global Halal Forum tanggal 23 Juli 2010, International Training on Halal Assurance System tanggal 24-25 Juli 2010, dan Pertemuan lembaga-lembaga sertifikasi halal seluruh dunia (World Halal Council) tanggal 25 Juli 2010.

Pameran halal ini akhirnya ditutup oleh negara tirai bambu, Cina. Dimana Cina bakal menggelar pameran produk halal dan training Halal Assurance System (HAS) pada 27 – 30 Juli 2010. Nah, sebagai muslim yang peduli akan produk halal yuk kita ikut serta menyukseskan bulan halal ini dengan berpartisipasi di IHBF bulan Juli nanti!

(Sumber LPPOM MUI)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar