21 Juli 2010

PLN Pasoki Listrik ke 3 BUMN Semen

PT PLN (Persero) dan PT Semen Gresik Group (SGG) menandatangani perjanjian kerja sama terkait kesanggupan PLN memenuhi kebutuhan listrik untuk ketiga pabrik semen SGG yaitu PT Semen Gresik, PT Semen Padang, dan PT Semen Tonasa.

Nantinya, PLN sebagai perusahaan bidang penyediaan dan pelayanan ketenagalistrikan akan memberikan layanan dengan konsep business to business (B to B) melalui pemberian pelayanan tertentu berdasarkan Service Level Agreement (SLA) yang disepakati bersama.

Hal ini disampaikan Menteri BUMN Mustafa Abubakar saat memberi sambutan dalam acara pendandatanganan perjanjian kerja sama antar kedua BUMN tersebut, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (21/7/2010).

"Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa dapat lebih fokus mengelola bisnis intinya untuk memproduksi semen dalam mendukung pembangunan nasional," tuturnya.

Saat ini daya terpasang (eksisting) di tiga lokasi pabrik semen, yakni di Tuban, Padang, dan Tonasa sekira 252 MVA. Diperkirakan dalam tiga tahun ke depan ketiga pabrik semen itu membutuhkan tambahan daya sekira 187 MVA.

Menurut Manager Komunikasi PLN Bambang Dwiyanto, untuk tahap awal PLN akan menyediakan 150 MVA untuk ketiga pabrik semen tersebut. Harga layanan yang akan diberikan PLN yakni sebesar USD8,9 Sen per kwh.

"Total 150 MVA, tapi saya tidak hapal (detail untuk ketiga pabrik semen tersebut). Harga layanan 8,9 sen dolar per kwh. Ini B to B," tutur Bambang.

Dalam skema kerja sama penyediaan tenaga listrik bagi SGG, PLN menawarkan tingkat pelayanan premium diantaranya meliputi jaminan kepastian penyambungan, jaminan tingkat ketersediaan tanpa terkena pengurangan beban bila terjadi krisis daya (Load Curtailment), jaminan kualitas tegangan, keandalan yang tinggi dan adanya skema pinalti atas keandalan.

Layanan yang diberikan PLN kepada SGG disebutkan akan menjadi model untuk melayani pelanggan lainnya.

"Dengan adanya sinergi yang strategis antara pabrik listrik dan pabrik semen ini diharapkan dapat lebih mendorong peningkatan produksi semen dari SGG dengan pengelolaan yang lebih terfokus. Sementara PLN akan menjamin kebutuhan listrik untuk ketiga pabrik semen tersebut dengan level pelayanan sekelas pelanggan VIP," harap Mustafa.(ade/okz)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar