22 Juli 2010

Festival Halal Phuket Pikat Wisatawan Asing

Baru-baru ini Thailand menggelar sebuah Festival Halal. Festival yang mempromosikan makanan halal Thailand tersebut ternyata menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi Phuket.

Festival Halal yang diselenggarakan secara berkala oleh pemerintah Thailand telah berlangsung di taman Saphan Hin. Dari seluruh provinsi yang ada di Thailand, Phuket memang dikenal memiliki penduduk muslim yang sangat besar. Food fair tersebut akan diselenggarakan hingga akhir Ramadhan untuk masyarakat muslim di seluruh provinsi Andaman.

Namun tidak hanya populer di kalangan warga muslim, ternyata festival ini juga populer dikalangan masyarakat pemeluk agama Budha dan bahkan para turis. Malah ajang ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk mencoba makanan yang berbeda. Makanan berbagan daging kambing adalah salah satu yang paling mudah ditemui di tengah-tengah festival makanan halal yang berlangsung hingga 24 September 2010.

Di kalangan warga Muslim, status provinsi Phuket makin meningkat dengan produksi makanan halal yang kini menjadi prioritas bagi pemerintah lokal. Phuket juga kini menjadi salah satu provinsi tujuan di Thailand untuk negara-negara dengan penduduk muslim terbesar seperti Indonesia dan Malaysia. Selain itu menciptakan perdagangan halal internasional merupakan salah satu keuntungan yang dilirik Thailand selain dari wisata.

Banyak turis asing datang dari Bangkok ke puket untuk mencicipi makanan gaya selatan ini. Makanan halal kaum Muslim kaya akan rasa dan pengunaan lebih sedikit. Untuk mereka yang ingin menjelajah Phuket, Festival Halal ini memiliki daya tarik tersendiri.

Saat ini di Phuket dengan populasi penduduk yang beragam terdapat 50 masjid dan diperkirakan 40-50% diantaranya muslim. Kebanyakan desa-desa di sekitar pantai kebanyakan merupakan kaum muslim, dengan Patong sebagai daerah dengan penduduk muslim terbesar. (halalfocus.net)

( dev / Odi / dtk )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar