23 Juli 2010

5 Tips Mencegah Infeksi Mata atau Mata Belekan

Pada musim penghujan sering kali ditemui infeksi mata atau masyarakat awam sering menyebutnya belekan. Namun, sering kali banyak orang mengobati sendiri dengan ala kadarnya. Padahal mengobati sendiri penyakit mata tak selalu aman dan perlu diwaspadai, karena tidak semua kelainan dan penyakit mata sama obatnya. Untuk mewaspadai infeksi mata atau belekan tersebut, perhatikan beberapa tips dari dr. Armanto Sidohutomo, SpM dari Klinik Mata Tritia Surabaya.

Infeksi mata atau belekan disebabkan oleh bakteri, jamur atau virus. Infeksi ini bisa terjadi semua bagian mata, bisa mempengaruhi keduanya atau hanya satu mata saja. ”Untuk itu, sebaiknya menjaga kebersiahan mata setiap saat dengan tidak memegang atau mengucek mata secara langsung dengan tangan yang tidak terjaga kebersihannya,” ungkap dr. Armanto, begitu ia disapa.

Beberapa cara menjaga kebersihan mata dan menghindari penularannya yakni:

1. Tidak mengucek mata dengan tangan.

Jaga kebersihan mata dengan tidak mengucek mata memakai tangan secara langsung, karena tangan merupakan sumber bakteri yang tidak sengaja menempel pada tangan.

...Jaga kebersihan mata dengan tidak mengucek mata memakai tangan secara langsung, karena tangan merupakan sumber bakteri yang tidak sengaja...

Juga jangan gunakan sapu tangan untuk membersihkan mata karena sapu tangan belum tentu terjaga kebersihannya. Gunakan tisu yang bersih untuk membersihkan mata, sekali pakai langsung buang.

2. Gunakan pelindung mata.

Untuk melindungi mata dari debu atau air hujan, gunakan kaca mata atau helm berkaca ketika berkendaraan terbuka agar tak ada kotoran yang masuk melalui air masuk ke mata tersebut. Gunakan juga kaca mata jika berada di tempat-tempat yang berisiko tertular penyakit mata dan infeksi dari kuman yang mungkin menempel di tangan, karena tangan tidak selalu dalam kondisi steril.

3. Cuci tangan pakai sabun.

Jika terpaksa anda membersihkan mata dengan menggunakan tangan, cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu. Biasakan selalu untuk mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan cairan pembersih tangan sebelum memegang mata. Menghindari menyentuh mata setelah bepergian atau menyentuh barang-barang orang yang sakit mata.

4. Hindari kontak dengan penderita.

Menghindari berbagai barang pribadi seperti handuk, kaca mata, sapu tangan, perias mata atau lensa kontak dengan orang lain.

5. Memperhatikan kaca mata atau lensa kontak yang digunakan.

Sebelum anda memakai kaca mata atau lensa kontak, bersihkan terlebih dahulu agar tidak ada bakteri atau virus yang menempel di kaca mata maupun lensa kontak tersebut. Sehingga bakteri, virus dan jamur tidak menempel di mata. [rps/eHealth/voai]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar