23 Juli 2010

Bank Mandiri Harap BI Sokong Bank Dalam Negeri

Dipilihnya Darmin Nasution menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) secara aklamasi oleh DPR kemarin, disambut baik oleh Direktur Utama Bank Mandiri (BMRI), Zulkifli Zaini.

"Kami menyambut baik diangkatnya pak Darmin sebagai Gubernur BI, semoga dengan diangkatnya pak Darmin, BI bisa lebih baik lagi tingkat mediasinya," tambahnya kepada wartawan dalam paparan publik laporan keuangan triwulan II-2010 BMRI, di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (23/7/2010).

Tingkat mediasi yang dimaksudnya adalah ketentuan-ketentuan yang dikeluarkan oleh BI yang dapat mendukung perbankan dalam negeri.

"Kami juga berharap BI dapat mendukung perbankan dalam negeri dalam pembukaan cabang-cabang di Indonesia sebagaimana rencana kami untuk membuka beberapa cabang di luar negeri terutama di Malaysia dan China," tambahnya.

Saat ini, lanjutnya, ada beberapa perusahaan besar seperti Pertamina, PLN dan lain-lain yang membutuhkan kredit untuk keperluan ekspansi usaha. Dan BMRI bisa usahakan untuk memberikan kredit kepada perusahaan-perusahaan besar tersebut.

"Namun, kita berharap ke depan, dengan kepemimpinan pak Darmin di BI, ada sebuah ketentuan dari BI untuk bank-bank dalam negeri seperti Bank Mandiri untuk diberikan kelonggaran dalam memberikan pinjaman yang selama ini jika tidak diberikan kepada bank-bank di dalam negeri maka akan diberikan kepada perbankan asing," jelasnya.

Dan menurutnya, apa yang disampaikan kali ini sudah ditangkap oleh anggota DPR dalam fit and proper test gubernur Bi di DPR kemarin.

"Makanya kami berharap agar Bi dapat memberikan bantuan dan kemudahan bagi perbankan dalam negeri seperti sama halnya saat BI memberikan kemudahan bagi perbankan asing dalam membuka cabang di Indonesia," pungkasnya.(ade/okz)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar