23 Juli 2010

Natularisasi Bukan Jaminan Prestasi Timnas

Pro dan kontra seputar rencana PSSI melakukan naturalisasi kepada pemain-pemain asing berdarah Indonesia terus berdatangan. Mantan pemain timnas, Ricky Yakobi, menentang rencana tersebut, karena menurutnya, naturalisasi bukan jaminan untuk mengangkat prestasi timnas.

Rencananya, PSSI akan melakukan naturalisasi kepada pemain-pemain seperti Sergio van Dijk, Kim Jeffrey Kurniawan, Donovan Partosoebroto, dan Jason Oost. Hal ni dilakukan guna meningkatkan prestasi timnas senior yang lesu dalam beberapa tahun terakhir.

"Menurut saya, sekarang belum saatnya untuk melakukan naturalisasi. Lebih baik kita fokuskan membina putra-putra muda bangsa kita. Ada banyak bakat yang bisa diasah di negeri ini," kata Ricky di FX Plaza, Jumat (23/7/2010).

"Belum tentu pemain-pemain ini lebih bagus dari pemain kita. Kalau terkenal, mana mungkin mereka mau main untuk Indonesia. Kalau pemain naturalisasi yang dibawa ke SEA Games, lalu, pemain-pemain asli timnas yang sekarang mau dikemanakan?" lanjut Ricky.

"Naturalisasi hanya cara instan untuk meraih prestasi di SEA Games. Jika gagal, pasti dicari cara-cara instan lainnya. Ada baiknya jika kita benar-benar membina pemain-pemain saja untuk masa depan," pungas Ricky. (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar