23 Agustus 2010

Panduan Memandikan Bayi Buat Ibu Muda

Panduan Memandikan Bayi Untuk Ibu Muda

Rasanya wajar bila seorang ibu baru masih belum berani memandikan bayinya sendiri, karena takut salah, was-was, nggak percaya diri atau karena alasan lainnya. Padahal, melalui aktivitas ini, seorang ibu dapat membangun kedekatan dan keterikatan dengan anak.

“Sebagai ibu baru, kita harus yakin, nggak boleh takut dan harus pede memandikan anaknya,” begitu pesan dr. Elizabeth Hutapea, SpA dari RS. Royal Taruma, Jakarta Barat.



Mandikan si kecil dua kali sehari, pagi dan sore hari. Jangan terlalu pagi, lakukan ketika udara tidak terlalu dingin. Ciptakan kondisi menyenangkan saat memandikan seperti bernyanyi atau mengajak ngobrol bayi.

nah, para ibu muda, berikut ini ada beberapa tips memandikan bayi yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah.

Langkah-langkah Memandikan Bayi

Langkah 1
Siapkan perlengkapan mandi seperti:
- Bak mandi khusus bayi yang sudah diisi air hangat
- Sabun khusus untuk bayi. Boleh sabun dalam bentuk cair maupun padat, sesuaikan dengan kulit bayi Anda mana yang lebih cocok.
- Waslap 2 buah (1 untuk menyabuni, 1 untuk membilas)
- Kapas (jika tiba-tiba si kecil buang air kecil ataupun BAB)
- Handuk Lembut
- Minyak telon
- Perlengkapan pakaian (popok kain/pospak, celana dalam, baju)

Langkah 2
- Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum acara memandikan bayi dimulai.
- Basahi waslap dengan air hangat.
- Sebelum dimasukkan ke dalam bak, letakkan dulu si kecil di atas handuk lembut atau perlak. Usap lembut wajah dan lehernya dengan waslap yang sudah dibasahi air hangat, baru bagian tubuhnya.

Langkah 3
Ambil sabun, tuangkan ke waslap dan usapkan ke kepala. Bagian wajah juga disarankan, kecuali jika kulit wajah si kecil teramat sensitif terhadap sabun, sebaiknya hindari.

Langkah 4
Usapkan sabun ke seluruh bagian tubuhnya, bagian terakhir adalah area seputar pantat, anus, dan alat kelamin.

Langkah 5
- Bilas dengan dengan waslap bersih khusus untuk membilas.
- Masukkan bayi ke dalam bak yang sudah berisi air hangat. Bilas kembali seluruh bagian tubuhnya.
- Pastikan tangan Anda menopang tubuhnya dengan baik.

Langkah 6
Saat membilas tubuh bayi dalam posisi telentang maupun tengkurap, pastikan tangan Anda mantap menopang bagian ketiaknya, sehingga kasus tergelincir/meluncurnya bayi ke dalam bak dapat dihindari.

Langkah 7
Jika sudah betul-betul terbilas dengan bersih, angkat, rebahkan di atas handuk lembut yang sudah dibentangkan kemudian keringkan dengan sempurna.

Langkah 8
- Untuk bayi yang tali pusatnya belum puput, bersihkan dengan kasa steril yang sudah dioleskan dengan alkohol 70 persen.
- Oleskan baby oil secukupnya ke tubuh bayi kecuali telapak tangan guna menghindari jika bayi mengulum-ngulum tangannya dan baby oil tersebut tertelan.
- Bila perlu, usapkan hair lotion pada rambutnya atau baby cream pada kedua selangkangannya.

Langkah 9
Pakaikan popok kain/pospak, celana, baju, sarung tangan dan kaki. Nah, si kecil sudah keren sekarang! (rps/Mom& Kiddie/voai)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar