17 Juni 2010

Grup B: Higuain Hat-trick, Argentina Cukur Korsel 4-1

Gagal mencetak gol di laga pertama, striker Argentina Gonzalo Higuain langsung panas di laga kedua. Melawan Korea Selatan, pemain Real Madrid itu mencetak tiga gol dan membuat timnya menang 4-1. Dengan dua kemenangan, Argentina menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2010.

Penampilan gemilang Higuain itu tak lepas dari kerja sama apik lini depan "Albiceleste". Bermain tenang, tim asuhan Diego Maradona tersebut mampu mengatasi perlawanan alot Korsel.



Pemain Korsel yang kalah dalam kemampuan teknik dibanding Argentina butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan permainan lawan di Stadion Soccer City, Johannesburg, Kamis (17/6/2010). Kali ini "Taeguk Warriors" tak sengotot pertandingan pertama lawan Yunani.

Argentina pun berhasil menguasai permainan sejak menit awal. Lionel Messi yang digadang-gadang bakal jadi bintang lapangan justru memberikan kesempatan kepada pemain lain untuk maju lebih dalam, termasuk Angel Di Maria.

Pergerakan Di Maria ini sangat berbahaya di sayap kanan pertahanan Korsel. Di menit ke-17, Di Maria memenangkan sebuah tendangan bebas. Lionel Messi mengeksekusi bola mati dan kaki Park Chu-Young tak sengaja membelokkan bola ke gawangnya sendiri. Gol, 1-0 untuk Argentina.

"Albicelete" menggandakan skor lagi pada menit ke-33. Berawal dari sepak pojok, Maxi Rodriguez menerima bola dari Lionel Messi di sayap kiri. Maxi mengirimkan umpan ke kanan dan ditanduk Nicolas Burdisso ke arah Gonzalo Higuain, yang menanduk bola ke dalam jaring.

Enam menit berikutnya, Di Maria hampir menambah gol. Apes, tendangan voli kaki kirinya ditepis kiper Jung Sung-Ryong. Semenit jelang jeda, Messi menunjukkan kelasnya. Melewati tiga pemain, ia menyontek bola ke kanan. Sung-Ryong gagal menghalau, tapi bola tak mengenai sasaran.

Lee Chung-Yong justru mengejutkan Argentina sebelum wasit meniup peluit tanda istirahat. Martin Demichelis gagal menguasai bola mental dari Chu-Young. Bola direbut Lee Chung-Yong, yang kemudian kiper Sergio Romero. Gol, skor 2-1 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Argentina kembali memegang kendali permainan. Enam menit berlalu, Higuain kembali mengancam gawang Sung-Ryong. Apes, tendangan jarak dekatnya ditepis oleh sang kiper. Dua menit berselang, giliran tendangan geledek Tevez dihalau kiper Seongnam Chunma itu.

Korsel juga membuat kejutan di menit ke-58. Lewat serangan balik, Yeom Ki-Hun mampu menusuk di sayap kiri pertahanan Argentina. Sayang, tendangan kaki kiri Ki-Hun melenceng tipis di kiri gawang.

Namun, "Negeri Ginseng" tak berkutik ketika Messi memperlihatkan kemampuannya menggocek bola pada menit ke-76. Setelah dua tendangannya membentur kiper dan tiang, Higuain menyambut bola liar di depan gawang. Dengan tendangan pelan, Higuain memasukkan bola ke gawang kosong.

Hanya berselang empat menit, Higuain mencetak gol ketiganya malam itu. Memanfaatkan umpan lambung Sergio Aguero, ia kembali menyundul bola dan mengarahkannya ke tiang jauh.

Pemain:
Argentina: Sergio Romero; Jonas Gutierrez, Martin Demichelis, Walter Samuel (Nicolas Burdisso 23), Gabriel Heinze; Maxi Rodriguez, Javier Mascherano, Angel Di Maria; Lionel Messi, Gonzalo Higuain, Carlos Tevez (Sergio Aguero 75).

Korsel: Jung Sung-Ryong; Oh Beom-Seok, Cho Yong-Hyung, Lee Jung-Soo, Lee Young-Pyo; Lee Chung-Yong, Ki Sung-Yueng (Kim Nam-Il 46), Kim Jung-Woo, Yeom Ki-Hun, Park Ji-Sung; Park Chu-Young (Lee Dong-Gook 81). (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar