24 Agustus 2010

Manchester City vs Liverpool: City Cukur Liverpool 3-0


Manchester City memetik hasil gemilang di pekan kedua Liga Inggris. Menjalani big match menjamu Liverpool, The Citizens memetik kemenangan besar dengan skor 3-0.

Hasil 3-0 atas Liverpool menjadi capaian hebat buat Citizens mengingat di Liga Inggris mereka belum pernah menang atas The Reds di kandang sendiri sejak tahun 2005 lalu. Kemenangan ini sekaligus membayar keraguan banyak pihak setelah pada pekan pertama lalu mereka cuma bisa bermain 0-0 dengan Tottenham Hotspur.

Di City of Manchester Stadium, Selasa (24/8/2010) dinihari WIB, City tampil dominan atas tamunya. Bermain penuh percaya diri, anak didik Roberto Mancini membuka keunggulan melalui Gareth Barry di menit 13. Carlos Tevez menyempurnakan hari City dengan golnya di menit 52 dan penalti di menit 68.

Tiga poin dari laga ini mengantar City naik ke posisi empat klasemen dengan total poin dikumpulkan berjumlah empat, sama dengan Manchester United. Sementara dengan satu poin didapat, anak didik Roy Hodgson terdampar di urutan 17.

Buat Liverpool, kekalahan ini membuat mereka belum meraih satupun kemenangan di Liga Inggris musim ini. Pada laga perdana pekan lalu, 'Si Merah' diimbangi Arsenal di kandang sendiri.

Jalannya Laga

Sempat mendapat perlawanan di menit-menit awal pertandingan, City mulai terlihat bisa menguasai permainan menjelang menit 10. Tendangan keras Adam Johnson jauh dari luar kotak penalti yang melenceng tipis dari gawang Pepe Reina mengawali gempuran tuan rumah.

Tekana demi tekanan yang dilancarkan tuan rumah membuahkan hasil di menit 13. Menusuk dari sisi kiri pertahanan The Reds, James Milner lolos dari kawalan saat masuk kotak penalti, pemain debutan City itu pun dengan leluasan mengirim umpan mendatar ke dalam kotak penalti yang dituntaskan dengan sempurna oleh Barry ke dalam gawang lewat sontekan terarahnya.

Dalam posisi tertinggal, Liverpool tak mampu memberikan reaksi yang diharapkan. The Reds terlihat sangat kesulitan menghadapi permainan cepat yang diperagakan City, yang membuat Steven Gerrard cs sering dibuat pontang-panting di barisan belakang.

Barry kembali mengancam gawang The Reds di menit 19 melalui tendangan jarak jauhnya. Tak lama berselang gantian Carlos Teves menebar ancaman saat dia berhasil memenangi adu sprint dan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Tak ada gol dari proses itu karena bola cuma mengarah ke sisi luar gawang.

Si Merah memiliki peluang saat Fernando Torres mengirim bola pada Gerrard yang berdiri di muka kotak penalti. Tapi upaya tersebut tak banyak membahayakan pertahanan City karena arah sepakan sang kapten jauh melenceng dari sasaran.

Enam menit sebelum turun minum gantian Tevez yang membuat barisan belakang The Reds was-was. Di dalam kotak penalti, striker Argentina itu sempat mengecoh seorang pemain bertahan Liverpool dan melepaskan tembakan. Tim tamu beruntung si kulit bundar yang mengarah ke tiang dekat melejit ke luar lapangan karena membentur pemain Liverpool yang lain.

Di babak kedua City terus memberi tekanan ke pertahanan Liverpool. Hasilnya adalah gol kedua di menit 52 yang dilesakkan Tevez.

Gol itu bermula dari tendangan sudut yang ditanduk Micah Richards di tengah kotak penalti. Berdiri di tengah gawang, Reina terlihat siap menangkap bola yang datang ke arahnya. Namun pergerakan Tevez tepat di depannya, membuat kiper Spanyol itu gagal membaca arah bola dengan sempurna. Si kulit bundar masuk ke gawang meski sepertinya tak terlihat menyentuh sang striker Argentina.

Liverpool langsung bereaksi terhadap gol tersebut. Dalam sebuah momen mereka bahkan punya tiga peluang beruntun mencetak gol, yang tetap tak berujung robeknya gawang Joe Hart.

Bermula dari tendangan jarak jauh Gerrard yang terbentur tiang gawang, bola berhasil direbut Dirk Kuyt yang kemudian mengopernya pada David Ngog. Namun sepakan striker Prancis itu bisa dimentahkan Hart. Upaya rebound kedua yang dilakukan Torres dari jarak dekat juga mentah di tangan kiper Inggris berusia 23 tahun itu.

Di menit 67 Liverpool terkubur makin dalam menyusul terciptanya gol kedua Tevez dari eksekusi penalti. Wasit menunjuk titik putih di dalam kotak penalti Liverpool menyusul pelanggaran yang dibuat Skrtel terhadap Adam Johnson.

Tak memberi banyak kontribusi, Torres diganti Ryan Babel di menit 76. Pesepakbola Belanda itu langsung menebar ancama saat sepakannya dari sudut sempit yang lebih dulu memantul di tanah masih bisa diblok Hart.

Tak banyak yang bisa dilakukan Liverpool di sisa pertandingan. Hingga peluit akhir dibunyikan wasit, skor 3-0 untuk keunggulan tuan rumah tak berubah..

Pemain

Man City: Hart, Richards, Toure, Kompany, Lescott, De Jong, Toure Yaya, Barry, Milner, Adam Johnson, Tevez

Liverpool: Reina, Johnson, Skrtel, Carragher, Agger, Jovanovic, Gerrard, Lucas, Kuyt, Torres, Ngog ( din / krs /dtk )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar