11 April 2010

5 Langkah Mudah Ubah Pola Makan

Pola makan sehat ternyata sangat penting bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, termasuk mengetahui makanan mana yang perlu dihindari. Untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat ternyata tak begitu sulit. Apa saja langkah-langkah mudahnya?

Untuk memperoleh tubuh yang ideal ternyata sangat berkaitan erat dengan pola makan Anda sehari-hari. Dengan mengkonsumsi makanan sehat ternyata akan lebih mudah menurunkan berat badan dibanding melakukan diet ketat. Namun Anda juga harus mengetahui makanan-makanan apa saja yang sebaiknya dihindari atau dikurangi konsumsinya.

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari atau kurangi konsumsinya:

1. Kurangi Konsumsi Keju: Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa kita harus mengurangi konsumsi keju? Keju memang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya mengurangi konsumsi keju dengan mengkonsumsinya tidak lebih dari 60 gram keju dalam seminggu.

Setiap 30 gram keju mengandung 4-7 gram dari lemak jenuh. Bayangkan jika Anda mengkonsumsinya setiap hari, berapa banyak lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh? Terkadang kita memang tidak menyadari banyaknya keju yang masuk ke dalam tubuh karena keju biasa terdapat pada sandwich, burger, salad, pizza, dll yang biasa kita konsumsi setiap hari. Oleh karena memesan burger atau sandwich tanpa keju bisa jadi solusi yang baik.

2. Ganti Soft Drink dengan Jus Jeruk atau Susu Skim
Pada tahun 1976, soft drinks menjadi minuman yang sangat populer di Amerika dan kemudian menyebar hingga ke seluruh dunia. Dalam sekaleng soda ternyata tidak memiliki kalori, melainkan banyak pemanis buatan. Setiap 12 ons minuman soda terdapat sekitar 10 sendok teh gula, 160 kalori-tidak ada yang lain. Dibandingkan dengan susu yang dapat membantu mencegah osteoporosis, atau jus yang dapat membantu pencegahan kanker. Dalam sekaleng soda terdapat 180 kalori yang berupa permen cair.

Jika Anda ingin mengurangi kalori, minumlah jus buah yang tentunya dari buah asli dengan sesedikit mungkin tambahan gula dan Skim milk sebagai pengganti soft drink. Jika Anda benar-benar peduli dengan kesehatan dan tubuh Anda rasanya hal tersebut bukan hal yang sulit.

3. Kurangi Konsumsi Sodium: Dengan mengurangi konsumsi sodium sekitar 4.000mg per hari bisa mengurangi rata-rata tekanan darah sekitar 2 poin. Hal tersebut cukup untuk menyelamatkan kurang lebih 10.000 manusia dari serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu cukup kurangi konsumsi sodium yang kadang tak terlihat seperti pada french fries, sandwich, potato chips, cereal, dan roti.

4. Makanlah Gandum Sedikitnya 3 kali Sehari: Dengan mengkonsumsi gandum, Anda akan lebih banyak mendapatkan serat, vitamin E, vitamin B-6, magnesium, zinc, potassium, dll. Keuntungan lainnya adalah berkurangnya resiko terkena penyakit seperti diabetes, kanker, dan tentunya memperlancar pencernaan.

Untuk mengkonsumsinya cukup dengan menikmati satu lembar roti gandum setiap hari untuk menu sarapan. Bisa juga dalam bentuk whole-wheat pasta, whole-grain crackers, atau oatmeal secara bergantian setiap harinya.

5. Konsumsi Lebih Banyak Sayuran dan Buah: Penyakit jantung, stroke, kebutaan, kanker, dll bersumber dari kurangnya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu ubah pola kebiasaan Anda dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Misalkan saja dengan membuat salad untuk disisipkan pada makanan utama.

Nah, siap untuk mengolah pola makan Anda untuk tubuh yang lebih sehat dan ideal?

( eka / Odi / dtk )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar