14 Juni 2010

Grup D: Jerman Cukur Australia 4-0

Jerman meraih hasil sempurna kala berhadapan dengan Australia. Tampil dominan sejak awal, 'Tim Panser' melumat Australia empat gol tanpa balas.

Pada pertandingan yang dihelat di Durban Stadium, Senin (14/6/2010) dinihari WIB, Jerman tampil atraktif dengan sepakbola menyerang sejak babak pertama. Mereka pun membuat Socceroos tak berkutik dan akhirnya menang 4-0 berkat gol-gol Lukas Podolski, Miroslav Klose, Thomas Mueller dan Cacau.

Australia sendiri bermain dengan 10 pemain setelah Tim Cahill diberi kartu merah di menit 56. Keluarnya Cahill makin membuat pasukan arahan Pim Verbeek ini mati kutu.



Berkat kemenangan dengan skor telak ini, Jerman pun memimpin klasemen Grup D. Mereka dibuntuti Ghana yang beberapa jam sebelumnya menang 1-0 atas Serbia.

Jalannya Laga

Tetapi Australia lebih dulu menggebrak pertahanan Jerman kala pertandingan berjalan tiga menit. Berawal dari sepak pojok, bola kemudian jatuh di kaki Richard Garcia yang langsung melepaskan tendangan. Sial bagi Garcia, sepakannya masih bisa diblok Philipp Lahm.

Jerman membalas di menit ketujuh. Serangan yang rapi dibangun berakhir dengan Miroslav Klose melepaskan tendangan keras yang kemudian diblok oleh kiper Mark Schwarzer. Bola muntah dicecar Mesut Ozil, namun tendangannya berhasil diblok oleh bek Australia sehingga bola melambung di atas mistar gawang.

Jerman akhirnya memimpin ketika pertandingan berjalan delapan menit. Umpan terobosan Mesut Ozil kepada Thomas Mueller--yang lolos dari jebakan offside--langsung dilanjutkan dengan operan ke sisi kiri. Di sana ada Lukas Podolski yang langsung melepaskan tendangan keras.

Sepakan kaki kiri Podolski langsung menghujam gawang Australia, meski kiper Mark Schwarzer sempat menepisnya.

Klose! Penyerang Bayern Munich ini nyaris menambah keunggulan Jerman di menit 24, andai dirinya bisa menyambar bola sodoran Podolski. Kakinya hanya beberapa inci meleset dari arah bola yang bergulir.

Terus menyerang, Jerman akhirnya mencetak gol kedua di menit 26. Umpan silang dari Philipp Lahm dari sisi kanan langsung disambar oleh Klose yang berdiri di depan gawang.

Ozil nyaris mencetak gol ketiga Jerman. Menerima bola hasil umpan terobosan, Ozil menyontek bola melewati Schwarzer, tetapi Lucas Neill dengan sigap langsung membuang bola yang sudah setengah jalan menuju gawang. Jala Australia selamat.

Babak pertama berakhir dengan Jerman unggul dua gol tanpa balas atas Autralia.

Pada menit 48, Australia mengklaim bahwa mereka layak mendapatkan penalti setelah Per Mertesacker mereka melakukan handball. Klaim ini ditolak oleh wasit.

Thomas Muller unjuk kebolehan di menit 54. Penyerang Bayern Munich ini melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Hasilnya? Bola masih melambung di atas mistar gawang.

Kartu merah kembali keluar di Piala Dunia 2010 dan kali ini diberikan untuk Tim Cahill! Gelandang Australia ini langsung diusir setelah melakukan tekel terhadap Bastian Schweinsteiger. 'Tim Kanguru' pun bermain dengan 10 pemain sejak menit 56.

Klose kembali mengancam pertahanan Australia di menit 60. Namun tendangannya masih bisa diblok Schwarzer. Bola muntah kemudian disodorkan kepada Sami Khedira di sisi kiri, namun nama terakhir gagal menyambarnya. Gawang Australia selamat.

Gool!! Jerman akhirnya mencetak gol ketiga di menit 67, kali ini lewat Thomas Mueller. Usai melakukan kerjasama dengan Podolski, Mueller mengecoh Carl Valeri sebelum akhirnya melepaskan sepakan kaki kiri ke tiang jauh. Schwarzer tak mampu membendungnya dan gawang Australia bobol lagi.

Tak lama kemudian, tepatnya di menit 70, Jerman kembali membobol gawang Australia. Operan Ozil dari sisi kiri langsung disambar Cacau dengan kaki kanan. Schwarzer mendapatkan hari yang berat kalau melihat skor 4-0 untuk keunggulan Jerman.

Gol tersebut pun bertahan sampai peluit panjang dibunyikan. Jerman menang 4-0 dan berhak atas raihan tiga angka.

Pemain

Jerman: 1-Manuel Neuer; 3-Arne Friedrich, 17-Per Mertesacker, 16-Philipp Lahm, 14-Holger Badstuber; 6-Sami Khedira, 7-Bastian Schweinsteiger, 8-Mesut Ozil (23-Mario Gomez '74), 13-Thomas Mueller; 10-Lukas Podolski (21-Marko Marin '81), 11-Miroslav Klose (19-Cacau '68).

Australia: 1-Mark Schwarzer; 2-Lucas Neill, 3-Craig Moore, 11-Scott Chipperfield, 8-Luke Wilkshire, 16-Carl Valeri, 5-Jason Culina, 13-Vince Grella (14-Brett Holman '45), 7-Brett Emerton (15-Mile Jedinak '74), 4-Tim Cahill, 19-Richard Garcia (17-Nikita Rukavytsya '64).

(roz/krs/dtk)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar