18 Juli 2010

El-Zabri: Mengunjungi Gaza Benar-Benar Mengubah Hidup Saya

Di Detroit, Amerika Serikat, sesuatu saat ini sedang terjadi. Sesuatu ini awalnya kecil, namun kemudian menjadi besar. Adalah sebuah forum yang peduli terhadap masalah keadilan dunia dan termasuk juga agendanya Palestina. Dalam forum yang melibatkan banyak sekali elemen-elemen sosial internasional. Salah satunya adalah seorang aktivis Palestina, Haithem El-Zabri, yang terbang dari Texas untuk menghadiri acara tersebut. Berikut adalah kutipan wawancaranya dengannya. El-Zabri dikenal sebagai pendiri PalestineOnlineStore.com.

Ceritakan sedikit tentang diri Anda….

Saya lahir di AS karena orang tua saya belajar di sini, pada tahun 1967. Kami kemudian pindah ke Italia dan kemudian ke Kuwait, dan saya kembali ke sini untuk belajar dan tinggal. Saya mengambil jurusan Marketing dan mendapatkan Master dalam bidang Komunikasi di Digital Media.

Apa yang membawa Anda ke Detroit?

Saya di Detroit untuk mempromosikan produk Palestina di Konferensi Serikat Media dan Forum Sosial Amerika Serikat. Konferensi ini besar melibatkan sejumlah besar orang yang peduli tentang keadilan sosial dan hak asasi manusia.

Apakah Forum Sosial itu?

Forum Sosial AS adalah versi Amerika dari Forum Sosial Dunia, ada lebih dari 20.000 orang peduli dengan isu-isu keadilan sosial, yang progresif untuk menyusun strategi dan mengkoordinasikan untuk perubahan.

Bagaimana Anda terlibat sebagai aktivis Palestina?

Saya selalu mendengar orang tua saya berbicara tentang Palestina. Guru saya di Italia benar-benar terkejut betapa saya tahu tentang masalah ini pada usia muda, dan ia juga terkejut ketika saya menceritakan hal yang sebenarnya, yang sama sekali berbeda dengan yang mereka dapatkan dari berita.

Kemudian, selama Intifadah pertama, saya terdaftar dalam program musim panas internasional di Universitas Birzeit. Menghabiskan musim panas itu di Palestina, menyaksikan peristiwa itu, menjadi bagian dari perlawanan yang sangat popular itu, dan mengunjungi Gaza benar-benar mengubah hidup saya. Saya ingat dengan jelas seorang teman di Birzeit memohon kepada saya "Saat Anda kembali, katakan kepada orang Amerika apa yang Anda lihat dan apa yang sebenarnya terjadi di sini." Dan dengan segera itu menjadi misi saya dalam hidup saya.

Saya menangis setiap kali saya berpikir tentang hal ini, karena narasi Palestina diberhentikan oleh media mainstream Barat dan yang memungkinkan Israel untuk memanipulasi opini publik dan melanjutkan penindasan atas rakyat kami dan Amerika Serikat untuk terus mendukung tanpa menghadapi perlawanan yang signifikan. Kesadaran publik adalah langkah pertama dalam advokasi untuk Palestina dan kami perlu bekerja dengan semangat yang lebih lagi.

Ceritakan tentang situs web Anda....

PalestineOnlineStore.com dimulai sebagai sebuah website kecil yang menjual film-film dokumenter tentang Palestina. Pada saat saya meluncurkanya pertama kali, saya hanya memasarkan dua film yang baru saja dirilis dan sangat kuat; 'Jalur Gaza' dan 'Jenin Jenin.' Dan secara bertahap, saya mulai menambah film-film yang lain, dan sekarang PalestineOnlineStore menjual film tentang Palestina daripada vendor lainnya. Plus, saya telah menambahkan berbagai macam item lainnya, termasuk buku, musik, poster, peta, kerajinan, t-shirt, bendera, minyak zaitun, dan banyak lagi.

Dalam hal film, PalestineOnlineStore.com sekarang menjadi distributor beberapa film pemenang penghargaan, termasuk 'The Iron Wall”, 'The Land That Speaks Arabic Language,” dan 'To Gaza With Love. " Dalam hal buku, saya sudah menerbitkan sendiri sebuah buku kecil yang juga saya turut menulisnya, berjudul "Nakba - Pembersihan Etnis itu berlangsung di Palestina." Buku kecil ini adalah jawaban kami tentang bagaimana mendidik orang-orang dengan sedikit pengetahuan tentang masalah ini secara singkat dan ringkas (hanya 40 halaman). Dalam hal musik, toko kami memungkinkan Mohammed Al Farra, seorang musisi muda dari Gaza, untuk merilis debut CD. toko ini juga menghasilkan beberapa t-shirt, poster, dan stiker bumper, bila memungkinkan di Palestina.

Pesanannya datang dari mana saja?

Pesanan datang baik dari rakyat Palestina ataupun non-Palestina, tapi sebagian besar yang memesan justru dari non-Palestina. Secara geografis, mereka datang dari seluruh dunia, bahkan termasuk tempat-tempat seperti Brunei, Korea Selatan, dan San Marino! Sebagian besar pesanan berasal dari Amerika, Kanada, dan Eropa.

Bagaimana dengan keuntungannya?

PalestineOnlineStore.com adalah proyek yang misinya untuk membuat produk Palestina, dan terutama informasi sumber daya dan untuk mendukung ekonomi Palestina. Semua keuntungan dikerahkan untuk advokasi Palestina, dan juga tentu saja untuk produk berikutnya. Khusus untuk Palestina, tak ada ongkos kirim. Sekitar 50% keuntungan diserahkan kepada rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Apa tujuan Anda berikutnya untuk PalestineOnlineStore?

Visi saya adalah untuk menjadikannya sebagai "Amazon Palestina."

Bagaimana Anda memandang aktivis Palestina di AS saat ini?

Sementara ini hanya seidkit aktivis Palestina yang baik dan berdedikasi, jumlah ini harus lebih besar lagi di waktu mendatang. Ada banyak yang harus dilakukan dalam hal advokasi dan tidak dapat dilakukan tanpa menggerakkan seluruh masyarakat. Di sini, di Forum Sosial, komunitas Arab terbesar di Amerika (yaitu Dearborn) sangat kurang terwakili. Forum Sosial telah banyak mengangkat Palestina, namun kurang dukungan dari aktivis Palestina itu sendiri.

Di Palestina, anak-anak muda menghadapi tank dengan batu. Di Amerika, kita memiliki kondisi yang jauh lebih mudah, dan kita harus menggunakan itu dan membela hak-hak saudara-saudari kita. (sa/ppt/em)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar