18 Juli 2010

RPH Halal di Amerika Tunggu Persetujuan USDA

Hanya sekitar tujuh rumah pemotongan hewan halal di kota New York yang telah memperoleh persetujuan dari USDA. Kini satu lagi rumah pemotongan hewan halal sedang berjuang memperoleh pengesahan USDA agar dapat segera beroperasi.

Pasangan ayah dan anak yang menjalankan bisnis Madani Halal - rumah pemotongan hewan di Queens - masih menunggu keputusan pemerintah federal. Mereka berniat menjadi salah satu rumah pemotongan hewan halal di lingkungan Ozone Park yang diakui oleh United States Department of Agriculture (USDA).

"Pengesahan ini sangat dinantikan, meski sulit," ujar Imran Uddin (32) salah satu pemilik. "Kami menghabiskan banyak dana untuk membuka fasilitas USDA, dimana jika berhasil nantinya kami bisa menjual produk kami ke supermarket, toko daging, diseluruh jaringan pasar Amerika bahkan internasional"

Sang ayah, Riaz Uddin (77), telah memulai bisnis tersebut sejak 1997 dengan menjual berbagai jenis daging ayam segar, kambing, dan domba kepada para imigran di Amerika.

"Kaum muslim di lingkungan kami membutuhkan tempat seperti ini," ujar Riaz Uddin mengenai pengembangan bisnisnya tersebut. "Banyak permintaan akan produk halal, dan komunitas muslim pun bertambah sangat cepat."

Produk lainnya yang dijual beberapa diantaranya adalah ayam hutan dan anak burung dara yang hanya ditemukan di Pennsylvania. Imran Uddin mengatakan bahwa produk yang mereka jual bebas dari suntikan hormon. Hewan-hewan tersebut juga dipotong dengan penuh perikemanusiaan dan dilakukan secara Islam.

"Halal memang sudah merupakan tradisi bagi kaum muslim, namun tidak bagi masyarakat di negara ini - terutama di kota New York," jelas Riaz. "Kebanyakan orang menghubungkannya dengan penjual makanan pinggir jalan yang bisa dilihat diseluruh penjuru kota."

Salah satu pelanggan Madani adalah Jake Dickson, pemilik Dickson's Farmstand Meats di Chelsea Market. Ia biasa membeli sekitar 150-200 potong ayam setiap minggu. "Bagi saya yang penting adalah kesegaran dagingnya dan Imran bisa menyediakannya untuk saya."

Saat ini di Amerika telah terlihat pasar potensial akan produk halal. Namun yang sekarang dibutuhkan adalah pasokan memadai akan produk-produk bersertifikat halal tersebut. Dari 200 rumah potong hewan di New York City, tahun ini selain Madani Halal, hanya 7 yang telah diperiksa dan memperoleh pengesahan dari USDA. (Nydailynews)

( dev / Odi / dtk )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar