18 Juli 2010

KB suntik 3 bulanan

Assalamu'alaikum,

Semoga dokter selalu dalam keadaan sehat wal afiat...

Begini dokter 40 hari setelah melahirkan saya KB suntik 3 bulanan. Dua minggu setelah KB saya keluar bercak - bercak darah dan terus bertambah banyak seperti darah mens seperti biasa, dan hampir 1 bulan seperti itu.

Yang saya mau tanyakan :

1. Apakah darah itu mens normal atau bukan. Atau apakah itu tanda bahwa saya tidak cocok dengan KB suntik?

2. Apakah saya boleh menjalankan shalat karena mengingat darah ini sudah keluar selama hampir 1 bulan?

Mohon penjelasannya. Terima Kasih sebelumnya.

Wassalamu'alaikum wr..

Chairani

Jawaban

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Seorang wanita yang baru menggunakan KB suntik 3 bulan kadang akan timbul spotting (perdarahan sedikit-sedikit / flek), dan jika KB tersebut dilanjutkan maka biasanya tidak akan terjadi perdarahan atau menstruasi. Hanya saja jika Ibu mengalami spotting yang berkepanjangan maka sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Pada kasus yang ibu alami, darah yang keluar tersebut kemungkinan bukan darah haid atau disebut istihadoh. Untuk itu berlaku bagi ibu adalah hukum orang yang suci, yaitu ibu tetap sholat, puasa, itikaf, membaca Alquran, menyentuh dan membawa mushaf.

Dan untuk menjalankan sholat, Ibu wajib berwudhu pada setiap kali akan melaksanakan salat, membersihkan dan mencuci kemaluannya sebelum berwudhu dan menutupinya dengan secarik kain atau pembalut untuk menghindari keluarnya darah tersebut. Sebagaimana sabda Nabi SAW ketika ditanya tentang darah istihadah, Nabi saw. menjawab, “Berwudhulah pada setiap shalat.” (HR al-Bukhâri).

Wallahu a’lam bish-shawab.
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. (em)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar