18 Juli 2010

Perbaiki Broken Link Di Blog Anda

Tentu anda sudah mengetahui apa yang disebut dengan Link atau Tautan di dalam website atau blog bukan? dengan Link atau tautan kita bisa menghubungkan atau menyambungkan suatu halaman ke halaman yang lain, atau dari satu website ke website yang lain. Menurut para pakar SEO, link sangat berpengaruh terhadap Serp seperti Google dan lain sebagainya. Banyak webmaster rela mengeluarkan biaya ratusan ribu bahkan sampai jutaan rupiah untuk mendapatkan link dari website yang mempunyai rank yang baik.

Selain itu, anda sudah mendengar bahkan mengetahui istilah Broken Link atau Dead Link bukan? namun jika belum, coba disinggung secara sekilas. Broken Link atau Dead Link yaitu sebuah link yang telah rusak atau sudah mati, atau link yang pernah dibuat terhubung ke halaman web yang sudah tidak ada. Misalkan seperti ini, kang Rohman pernah menerangkan bagaimana cara menyimpan favicon ke yahoo geocities, namun seiring berjalannya waktu, ternyata kini Yahoo Geocities telah ditutup dan sudah tidak ada, maka link yang pernah di buat dalam posting tersebut sudah tidak aktif lagi atau sudah Broken link.

Lagi-lagi menurut para pakat SEO, dengan adanya broken link alias Dead link pada website anda, hal tersebut dapat berakibat buruk. Oleh karenanya anda harus memantau keberadaan Link didalam website atau blog anda tersebut, jika diketahui ada link yang broken a.k.a tautan mati maka segeralah perbaiki broken link tersebut dengan cara mengubah dengan link yang baru atau menjadikannya teks biasa dan bukan sebuah link.

Yang jadi masalah adalah bagaimana memantau broken link sedangkan link yang ada dalam blog jumlahnya sangat banyak dan tersebar didalam postingan yang telah lama?

Ada banyak cara untuk memonitor keberadaan Broken Link diantarnya dengan menggunakan Broken Links Checker atau Dead links checker, menggunakan software Link Checker atau ada juga yang memasang Plugin Link Cheker (untuk wordpress) dan lain sebagainya. Mari dibahas satu persatu.

Online Broken Link Checker Tools

Ada banyak website yang menyediakan layanan gratis Broken Links Checker atau dead links Checker, sebagai contoh adalah layanan dari :

Caranya cukup mudah, anda tinggal mengisi form yang ada dengan alamat blog atau website anda, kemudian klik tombol “check” dan secara otomatis link yang ada dalam website anda akan dicek, silahkan lihat hasilnya.

Broken Links checker Software

Jika anda kurang menyukai online broken links checker, mungkin bisa mencoba software yang di install pada komputer anda. Beberapa software broken links checker yang bisa didapatkan secara gratis diantaranya yaitu :

1. Xenu's Link Sleuth

2. Free Link Checker

Jika harus memilih diantara kedua software tersebut, kang Rohman lebih memilih menggunakan Xenu's Link Sleuth.

Links Checker Firefox add-ons

Untuk anda pecinta setia Browser internet Firefox, anda bisa menggunakan add-ons links checker.

1. LinkChecker

Dengan Link Checker add-ons ini kita bisa memeriksa status dari link website, apakah masih aktif, di redirect, atau sudah tidak aktif (broken link), namun yang di cek adalah hanya link pada halaman web yang sedang anda buka. Perbedaan status antaar link yang aktif, redirect, atau broken link dibedakan dengan warna pada link yang di cek. untuk mengecek link dalam satu halaman, caranya cukup dengan klik kanan pada halaman web yang anda buka lalu pilih “Check Page Links”.

Terlihat bahwa link yang broken di highlight dengan warna merah.

Dari hasil analisa, broken link dominan pada link yang terdapat pada kotak komentar postingan yang umurnya telah lama.

2. Pinger

Add-ons Pinger ini cara kerjanya mirip dengan add-ons LinkChecker.

Broken Link Checker Wordpress Plugin

Nah, khusus blog yang menggunakan Wordpress.org alias wordpress self hosted, plugin Broken Link Checker bisa menjadi alternatif sebagai jalan keluar mengatasi adanya broken link pada blog anda.

Broken link Checker plugin akan selalu memonitor status dari semua links yang ada dan akan melaporkannya langsung di dashbord blog. Jika ada terdapat broken link, plugin Broken link Checker akan memberi alternatif apakah link tersebut akan di buang, di edit atau langsung di jadikan teks biasa.

Online Broken Links Monitor

Selain cara-cara diatas, ada juga alternatif lain yaitu dengan menggunakan layanan Online broken Links monitor. Prinsip dasarnya yaitu website yang menyediakan layanan online broken links monitor akan mengecek secara rutin kondisi dari keberadaan link pada website yang kita miliki, kemudian melaporkannya ke email yang kita berikan pada saat melakukan pendaptaran terhadap website layanan online broken links monitor. Berikut layanan yang mungkin anda minati :

1. Link Tiger

Pada dasarnya Link Tiger adalah layanan online broken links monitor berbayar. Namun, ada juga pilihan tidak berbayar alias free, akan tetapi tentu saja fasilitas yang akan didapat berbeda dengan yang berbayar.

Layanan gratis Link Tiger mengijinkan hanya satu website atau blog untuk satu account di link tiger. jumlah link yang akan dicek dibatasi sampai 1000 links. Jika pada blog anda memiliki lebih dari 1000 links, maka links yang selebihnya tidak akan di cek statusnya. Hasil dari scanning terhadap link website anda akan di kirim secara rutin ke email yang di daftaran.

Jika hasil pengecekan dari link tiger sudah ada, tentu saja anda harus sesegera mungkin memperbaiki link yang sudah broken tersebut agar tidak berakibat buruk terhadap kondisi website anda.

2. Link Alarm

Link alarm adalah layanan mirip dengan Link Tiger. Pada dasarnya layanan ini dalah berbayar, namun ada juga layanan gratisnya. Untuk layanan gratis, website yang akan dimonitor dibatasi hanya 1 website untuk satu accoung di link alarm.

Namun, jumlah link yang akan dicek hanya sampai 100 links, berbeda dengan link Tiger yang akan mengecek 1000 links.

Selain layanan diatas, tentu saja masih terdapat ratusan bahkan mungkin sampai ribuan layanan online untuk mengecek keberadaan broken link. Mana yang anda sukai maka gunakanlah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar