08 April 2010

Bordeaux Menang, Lyon ke Semifinal

Gol tunggal Marouane Chamakh tak menolong tuan rumah Bordeaux untuk lolos ke semifinal Liga Champions. Meski Bordeaux menang 1-0 atas Olympique Lyon, "Les Girondins" tersingkir karena kalah agregat 2-3.

Bordeaux tidak bisa memanfaatkan keunggulan mereka sebagai tuan rumah pada leg kedua babak perempat final di Stadion Chaban Delmas, Rabu (7/4/2010). Selama 15 menit pertama, mereka justru kalah dalam penguasaan bola. Gelandang Lyon, Michel Bastos, dua kali mengancam gawang Cedric Carrasso meski upayanya berakhir dengan tendangan gawang.

"Les Girondins" baru mendapat peluang pertamanya di menit ke-17. Tendangan bebas Wendel mendarat mulus di kepala Yoann Gourcuff. Sayang, sundulan mantan pemain AC Milan itu naik tipis di atas mistar.

Setelah itu, tim asuhan Laurent Blanc tersebut berbalik menguasai permainan dan lebih sering memberi tekanan. Dua menit menjelang jeda, Wendel hampir mengubah skor. Tendangan kerasnya meluncur deras ke gawang Hugo Lloris, tapi bola hanya membentur mistar.

Chamakh akhirnya menjadi penentu keunggulan Bordeaux di menit terakhir babak pertama. Menerima umpan dari Jaroslav Plasil, pemain asal Maroko itu berhasil menyodok bola ke gawang Lloris.

Di babak kedua, tim tamu kembali mempertontonkan permainan ngotot yang cenderung keras untuk mengurangi tekanan tuan rumah. Pertahanan "Les Gones" begitu rapat sehingga Bordeaux pun hanya mampu membuat dua tendangan ke arah gawang.

Tuan rumah, yang menguasai 65 persen alur bola, justru lebih sering kehilangan bola ketika sudah mendekati kotak penalti. Salah umpan dan intersepsi lawan membuat Alou Diarra dan kawan-kawan mati di tengah jalan.

Empat menit sebelum bubar, Wendel hampir membuat gol kedua bagi Bordeaux. Namun, tandukannya ditepis oleh Lloris dan batallah kesempatan Bordeaux ke semifinal.

Di semifinal, Lyon akan menghadapi klub Bundesliga, Bayern Muenchen. Bayern juga kalah pada leg kedua lawan Manchester United, tapi dengan agregat 4-4, "FC Hollywood" berhak melaju ke empat besar karena unggul gol tandang.

Susunan pemain:
Bordeaux: Carrasso; Sane, Ciani, Planus (Cavenaghi 84), Tremoulinas; Plasil, Diarra (Chalme 70); Wendel, Gourcuff, Jussie (Gouffran 79); Chamakh.

Lyon: Lloris; Reveillere, Cris, Boumsong (Bodmer 77), Cissokho; Toulalan, Gonalons; Delgado, Kallstrom, Bastos (Ederson 88); Gomis (Pjanic 66). (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar