08 April 2010

Siapa Bilang Merawat VW Klasik Susah?

Bentuknya yang lucu dan tidak mati gaya meskipun sudah uzur, menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk memiliki mobil VW klasik, seperti VW Kodok, VW Safari, juga VW Combi.

Namun, banyak yang menganggap, mengurus VW apalagi yang sudah uzur itu sulit. Keluhan paling umum biasanya karena takut mesinnya overheating karena VW tidak pakai radiator, sehingga bisa berakibat pada kebakaran.

Tapi, semua anggapan tersebut dibantah pemilik Bengkel Rumahan VW Djadoel, Glovy Liando. Menurutnya, merawat VW klasik bahkan sebenarnya lebih mudah daripada merawat mobil Jepang pada umumnya.

Glovy memaparkan, sebenarnya kejadian VW sering overheat atau bahkan kebakaran, itu karena faktor pemiliknya yang jorok atau setengah hati merawatnya.

"Dari dulu sampai sekarang, masih banyak VW yang bisa jalan, berarti kan sebenarnya safety, cuma faktor pemiliknya aja," ujarnya ketika berbincang dengan detikOto, Selasa (6/4/2010)

Permasalahan kebakaran itu, paling banyak biasanya karena konfigurasi mesin VW dimana posisi Delco berada dibawah Karburator. Ada selang bensin dari karet yang biasanya karena jarang dicek sudah getas atau jelek.

"Nah, usahakan mengecek selang bensin apakah masih bagus atau tidak, jangan nunggu rusak, sehingga bocor, dan tetesan bensin mengenai Delco, bisa kebakaran jadinya," papar Glovy.

Cara lainnya, selain dengan rutin mengecek selang bensin, juga dengan menutupi delco dengan helm dari karet yang banyak terdapat dipasaran, sehingga aman dari tetesan bensin.

Sedangkan kalau mesin VW sering overheat karena tidak pakai radiator, Glovy menyarankan para pemilik VW untuk megganti oli mesin lebih cepat dari mobil-mobil lain pada umumnya.

"VW memang tidak pakai radiator, tapi punya oil cooler, nah asal ganti oli rutin biasanya 2 bulan sekali, tidak ada masalah meski dipakai keluar kota sekalipun," ujarnya.

Bagaimana? Mudah bukan merawat VW klasik, asal dirawat sepenuh hati, dan memperhatikan hal-hal di atas, maka kenikmatan anda mengendarai VW klasik tidak akan terganggu.

( bgj / ddn / dtk )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar