25 April 2010

Liverpool Ditawar Rp 6,9 Triliun

Pengusaha asal China, Kenneth Huang, sedang dalam proses membeli Liverpool dari Tom Hicks dan George Gillet. Menurut Daily Mirro, bila negosiasi berhasil, Benitez akan mendapat anggaran pengembangan tim sebesar 500 juta poundsterling atau sekitar Rp 6,9 triliun.

Huang mengaku sudah berniat membeli Liverpool pada 2008 lalu. Namun, menurutnya, ia membatalkan negosiasi karena Liverpool meminta harga satu miliar dollar AS atau sekitar Rp 8,9 triliun, yang dinilainya tidak masuk akal.

Meski begitu, niat Huang membeli Liverpool tak pupus. Begitu mendengar bahwa Liverpool dibelit utang dan dijual dengan harga 660 juta poundsterling atau sekitar Rp 9,1 triliun, ia langsung menghubungi Hicks-Gillet.

Lebih jauh, Huang juga mengonfirmasi bahwa ia mengatakan bahwa sebagai bentuk keseriusannya, ia sudah menghubungi pelatih Liverpool, Rafael Benitez, Menurutnya, bila negosiasi berjalan lancar, ia ingin Benitez tetap melatih Liverpool.

"Negosiasi sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir dan kami sudah sampai pada titik krusial. Saya sangat berharap ini berubah menjadi negosiasi yang sukses. Sekarang, tim audit saya sedang mempelajari pembukuan dan tim legal saya terus berkontak dengan mereka. Kami memiliki kompetitor berat di Timur Jauh. Namun, negosiasi ini bisa selesai Juni nanti," ungkap Huang.

"Saya pertama kali menjajaki (peluang membeli Liverpool) pada 2008 lalu. Saat itu, saya berada di Singapura menghadiri Grand Prix Formula-1. Namun, harga yang dminta saat itu satu miliar dollar Amerika Serikat (atau sekitar Rp 8,9 tiliun),. Itu sama sekali tak masuk akal. Jadi saya membatalkannya. Permintaan harganya sekarang turun dan kami bicara lagi,"

"Saya ingin Liverpool menjuarai Liga Champions dan Premier League. Saya pikir, Benitez adalah pelatih yang bagus," paparnya.

Sementara itu, media-media Italia mengklaim, agen Benitez, Manuel Garcia Quilon, sudah bertemu dengan Juventus untuk membicarakan soal peluang transfer Benitez ke Turin. Disebutkan juga, Benitez sudah memberikan nama enam orang yang akan dijadikan stafnya.

Keenam orang itu adalah tangan kanannya, Mauricio Pellegrino, pencari bakat Eduardo Marcia, pelatih kebugaran Paco De Miguel. Juventus juga sudah mendekati conditioning specialist West Ham, Antonio Pintus, Direktur Olahraga Valencia, Amedeo Carboni, dan kepala pengembangan pemain muda AC Milan, Mauro Pederzoli.

Mengingat Benitez membuka negosiasi dengan Juventus karena gonjang-ganjing Liverpool, pergantian pemilik bisa membuatnya bertahan. Menurut pemberitaan di Italia, Juventus memberinya batas waktu pengambilan keputusan pada 10 Mei mendatang. (MIR/kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar