25 April 2010

Menang, MU Curi Puncak Klasemen

Manchester United kembali membuktikan kekuatannya di hadapan Tottenham Hotspur. Di kandang sendiri, Sabtu (24/4/2010), MU menang telak 3-1. Kemenangan ini membawa mereka ke puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan nilai 79.

Meski berhasil mencetak tiga gol di Old Trafford, tidak mudah bagi "The Red Devils" untuk menaklukkan tamunya. Selain karena sikap mengotot Spurs, MU dipersulit oleh absennya striker Wayne Rooney, yang mengalami cedera pangkal paha.

Di bawah kendali Dimitar Berbatov, serangan "Setan Merah" hingga 20 menit pertama tampak datar-datar saja. Tikaman MU justru lebih sering datang dari barisan kedua. Berbatov baru memperlihatkan taringnya setelah setengah jam permainan. Kesempatan pertama gagal ketika tendangan jarak dekatnya diblok oleh Ledley King.

Sebaliknya, Tottenham juga kesulitan membangun serangan. Permainan Bale dan Jermain Defoe yang ngotot sempat merepotkan barisan belakang MU. Walau demikian, skor tetap 0-0 hingga babak pertama usai.

Pada paruh kedua, MU langsung tancap gas. Serangan kembali ditunjukkan oleh Ryan Giggs dan rekannya yang berada sejajar. Darren Fletcher hampir saja membuat MU unggul ketika bola sundulan Berbatov mendekatinya. Namun, pemain gelandang itu gagal menjangkau bola.

Setelah sepuluh menit berjalan, tuan rumah mendapat hadiah penalti. Pelanggaran terhadap Patrice Evra di kotak penalti mengantarkan Giggs menjadi algojo di titik putih. Dengan tendangan kerasnya, Giggs mengirim bola ke pojok kiri.

Keunggulan MU itu hanya berlangsung sepuluh menit. Spurs mendapat kesempatan sepak pojok pada menit ke-70 dan kiper Edwin van der Sar hanya bisa terperangah melihat sundulan King yang melayang ke pojok kanan.

Skor imbang semakin membuat tim tamu yakin dapat mencetak gol. Namun, keputusan Pelatih Sir Alex Ferguson yang mengganti Rafael da Silva dengan Federico Macheda berbuah gol kedua untuk MU. Seusai mendapat umpan terobosan Macheda pada menit ke-80, Nani mencongkel bola melewati kepala kiper Heurelho Gomes. Gol cantik itu membawa MU unggul 2-1.

Empat menit menjelang bubar, MU kembali mendapat hadiah penalti untuk kedua kalinya. Lagi-lagi Giggs maju ke titik putih dan kembali berhasil memperdaya Gomes. Skor 3-1 bertahan sampai laga bubar.

Susunan pemain:
Man Utd: Van der Sar; Rafael (Macheda 80), Vidic, Evans, Evra (O Shea 67); Fletcher, Scholes, Giggs, Valencia (Carrick 59), Nani; Berbatov.

Tottenham: Gomes; Assou-Ekotto, Dawson, King, Bale; Bentley (Lennon 66), Huddlestone, Palacios, Modric; Defoe (Gudjohnsen 55), Pavlyuchenko (Crouch 75).(kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar