25 April 2010

Usaha Sampingan Seorang Guru

Assalamu 'alaikum ww.

salam sukses

saya (35 Th) seorang kasek sebuah sd swasta yang aktifitas dari 06.30 s.d 15.00 wib. kecuali jum'at dan sabtu setengah hari. sehubungan kebutuhan hidup dengan anak mulai besar (3 anak). saya tinggal diperumahan yang dekat pasar kecil..kira2 usaha sampingan apa yang bisa saya lakukan agar tidak mengganggu aktifitas pokok saya. mohon jawabaannya. terima kasih..

wassalamu'alaikum ww.

abu najwa

Jawaban

Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

Abu Najwa yang dirahmati Allah ada banyak sekali peluang yang bisa bapak lakukan untuk menghasilkan uang tambahan bagi keluarga bapak.Selepas jam 15.00 dan hari sabtu dan minggu dapat bapak isi untuk mencari tambahan penghasilan. Yang jadi persoalan bapak sendiri bingung mau bisnis apa bukan?

Saran pertama saya bacalah buku ke 9 saya yang berjudul JANGAN MAU SEUMUR HIDUP JADI ORANG GAJIAN Jilid 2. "Kalau saya mau bisnis, bisnis apa ya?" Pertanyaan tersebut Insya Allah akan terjawab disana...

Baiklah sekarang mari kita amati peluang yang ada dengan menganalisa tempat tinggal bapak saat ini ! Kita mulai dengan kata-kata yang menjadi pertanyaan bapak,"....saya tinggal diperumahan yang dekat pasar..."

'..saya tinggal diperumahan.." dari sini bapak mulai bisa menganalisa atau memperkirakan apa saja kebutuhan orang yang tinggal di perumahan tersebut. Apakah kebutuhan sembako? air minum dalam kemasan (aqua), makanan jajanan (bakso, mie, es campur dll), pengidikan (kursus, les atau private, dll) atau jasa lainnya seperti fotocopy, pulsa, dst. Dari sana bapak bisa mulai, yaitu mencoba memenuhi kebutuhan mereka.

Selanjutnya,"....dekat pasar.." Nah bapak bisa mencegat orang-orang yang akan pergi kepasar persis didepan jalan menuju pasar sehingga mereka tidak perlu berjalan sampai pasar tapi kebutuhan mereka semuanya terpenuhi. Sebagai contoh bahap bisa membuka toko beras, sayur, telur, daging dst di depan jalan menuju pasar. Kalau harga yang bapak tawarkan sama atau lebih murah dari harga dipasar, lalu mengapa mereka harus kepasar? Kan ada yang lebih dekat !

Demikian Penjelasan Saya, Semoga Bermanfaat. Belajar lagi lebih banyak tentang bisnis disini

Valentino Dinsi
(Spiritual Entrepreneur beralamat di www.ayomandiri.org, www.valentinodinsi.com dan www.bisnis2121.com serta www.mandiri4sukses.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar