18 Juli 2010

Kiat Rumah Bersih & Sehat

Tips Rumah Bersih dan Sehat

Setiap orang mendambakan rumah yang sehat, bersih dan nyaman. Berikut beberapa tips sederhana untuk menciptakan rumah yang sehat dan asri (dikutip dari Health):

  1. Dapur, Ada baiknya mencuci piring yang ada di tempat cucian sedikit demi sedikit, jangan menumpuk cucian piring karena itu hanya akan memberatkan beban mencuci piring Anda dan juga membiarkan bakteri berkembang dari sisa-sisa makanan di piring.
  2. Sediakan tempat sampah untuk bahan kering dan basah, berikan ventilasi yang cukup di dapur, dan terapkan pola hidup rapi setiap habis memasak dengan menempatkan segalanya pada tempatnya lagi.Tak ada yang lebih menyenangkan bukan ketika melihat dapur yang selalu dalam keadaan bersih?
  3. Kamar mandi, Jangan biarkan kamar mandi dalam keadaan lembab karena akan meninggalkan jamur, berikan sedikit celah untuk matahari. Sikat lantai kamar mandi dan bersihkan bak air secara rutin agar air yang digunakan pun selalu dalam keadaan bersih.Menaruh tanaman hias di kamar mandi juga bisa membuat suasana lebih asri dan segar. Jangan lupa taruh parfum dan kamper anti bakteri di kamar mandi. Sebaiknya pilih juga lantai kamar mandi yang berwarna cerah seperti hijau, biru atau pink.
  4. Kamar, Kasur adalah tempat berbahaya, bakteri bisa berkembang biak dengan cepat disana. Untuk itu, gantilah seprai dan cucilah sesering mungkin dan pilihlah bahan seprai yang menyerap keringat atau bahan lain yang tidak gampang berbulu.Menjemur kasur juga bisa membunuh bakteri, jadi sesekali jemurlah kasur di bawah terik matahari. Pastikan kamar selalu dalam keadaan bersih dan rapi karena disitulah kita menghabiskan waktu yang cukup lama untuk tidur. Jadi jika kamar kotor, Anda pun akan gampang terserang penyakit.
  5. Ruang tengah, Taruhlah pohon bambu kecil di tengah-tengah ruangan untuk menciptakan ruangan yang sehat, sejuk dan asri. Bambu bisa menjadi alat penyaring formaldehid (zat kimia yang banyak terdapat di furniture-furniture kayu) serta benzen (terdapat pada tinta, plastik atau bahan karet) yang berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga. Tambahkan juga keindahan ruang tengah dengan menempatkan bunga lili yang juga berfungsi mengeliminasi trichloroethylene, zat kimia yang banyak terdapat pada lukisan dan cat yang berbahaya jika banyak terhirup pernafasan.


Mudah bukan, jadi mulailah membuat keindahan dan kebersihan dari hal-hal kecil dan sederhana, karena rumah yang sehat mencerminkan pribadi yang sehat.

2 komentar:

  1. Mantap banget ya tips yang diberikan harus dipraktekin nich biar kita punya rumah yang bersih dan sehat...

    BalasHapus
  2. Masukan buat kita sob n makasih banyak info kerennya cuma kok kurang lengkap ya penjelasannya..

    BalasHapus