22 Agustus 2010

Wigan vs Chelsea: Anelka Impresif, Chelsea Pesta Gol Lagi 6-0


Berkat Drogba-Anelka-Kalou, Chelsea Pesta Lagi

Dengan sumbangan gol dan assist, Didier Drogba, Nicolas Anelka, dam Kalou, menjadi penentu kemenangan Chelsea 6-0 atas Wigan Athletic, pada laga Premier League, di DW Stadium, Sabtu (22/8/2010). Dengan hasil ini, sampai pekan kedua Premier League musim ini, Chelsea membukukan rekor memasukkan-kemasukan 12-0.

Sebelumnya, Chelsea membukukan kemenangan 6-0 saat melawan West Bromwich Albion, akhir pekan lalu. Namun, berbeda dari saat itu, penampilan Chelsea di muka Wigan jauh di bawah standar.

Bermain di kandang lawan, Chelsea kesulitan mengembangkan permainan dan berkali-kali tertekan, setidaknya selama 30 menit pertama. Untung saja, di tengah kelesuan itu, kiper Petr Cech menunaikan tugas dengan baik, sehingga Wigan kesulitan mengubah peluang menjadi gol.

Pada menit kesepuluh misalnya, Branislav Ivanovic salah mengumpan sehingga gol jatuh di kaki Maynor Figueroa. Figueroa kemudian melepaskan tembakan akurat, yang berhasil diamankan Cech.

Berbeda dari itu, Chelsea malah mampu mengungguli Wigan saat mendapat peluang pertama, yaitu pada menit ke-33. Saat itu, memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Frank Lampard yang ditepis Kirkland, Malouda menyontek bola masuk ke tengah gawang.

Gol itu tak lantas diikuti oleh membuahkan perbaikan penampilan Chelsea. Sebaliknya, Wigan malah menambah tekanan mereka. Sayang, meski mampu menekan juara bertahan, Wigan tak kunjung mampu memperbaiki kualitas eksekusinya sehingga dipaksa berada dalam keadaan tertinggal 0-1, sampai peluit turun minum berbunyi.

Memasuki babak kedua, Chelsea masih tampak tak bergairah, sampai pada menit ke-48, Nicolas Anelka berhasil menjangkau umpan terobosan John Obi Mikel dan melesakkan bola masuk ke sudut kanan atas gawang Wigan.

Wigan belum sempat bereaksi terhadap gol itu, ketika Anelka kembali menjebol gawang Kirkland pada menit ke-52. Berdiri di depan mulut gawang dalam apitan pemain lawan, Anelka berhasil menanduk masuk bola liar hasil tembakan Didier Drogba yang memantul ke tanah.

Terciptanya dua gol dalam waktu empat menit, tak lantas mengubah jalannya permainan. Chelsea membaik tetapi masih belum bisa merebut dominasi dari Wigan. Adapun, Wigan masih terus mengalami kesulitan mengubah peluang menjadi gol. Nasib baik juga sepertinya belum menampakkan kebaikannya kepada Wigan.

Pada menit ke-62, misalnya, McCarthy menembakkan bola ke sudut kanan bawah gawang Chelsea, yang sayangnya membentur tiang gawang. Bola kemudian mental ke Boseli, yang langsung menembakkan bola. Kali ini, bola mau masuk gawang, namun wasit tak mengesahkan gol itu karena menilai Boseli berada dalam posisi off-side saat melakukan eksekusi.

Dua menit berselang, Boselli kembali mengancam gawang Cech. Memanfaatkan umpan silang Charles N'Zogbia, ia menanduk bola tepat ke sasaran. Namun, bola masih bisa diamankan Cech.

Terus mengalami kegagalan, Wigan tak menurunkan fokus maupun intensitas permainannya. Namun, setelah beberapa saat berusaha tanpa hasil, Wigan malah kecolongan gol keempat Chelsea yang dicetak Salomon Kalou.

Gol ini bermula dari serangan balik, yang dipimpin Drogba. Menggiring bola sendirian ke arah tengah kotak penalti, Drogba berhasil memancing perhatian dua bek lawan dan memaksa Kirkland Kirkland keluar sarang. Begitu, ketiganya mendekat, ia menyodorkan bola kepada Kalou, yang melesakkan bola masuk ke gawang yang tak terkawal.

Gol kali ini tampaknya betul-betul memukul kepercayaan diri Wigan. Pasalnya, setelah itu, mereka mulai tampak kesulitan membangun serangan dan lebih sering tertekan. Kekecewaan Wigan semakin tak terbendung ketika Chelsea mendera gawang mereka dengan gol kelima, yang dicetak Salomon Kalou. Dari tengah kotak penalti, Kalou berhasil menanduk umpan silang Drogba masuk gawang Kirkland pada menit ke-89

Namun, gol itu bukanlah gol terakhir Chelsea. Sesaat menjelang akhir pertandingan, Yossi Benayoun menambah penderitaan Wigan dengan gol keenam. Dari tengah kotak penalti, ia berhasil meneruskan umpan Paulo Ferreira masuk gawang Wigan.

Selama 90 menit, Chelsea menguasai bola sebanyak 48 persen dan menciptakan kuma peluang emas dari 15 usaha. Adapun, Wigan melepaskan delapan tembakan tepat ke gawang dari sebelas usaha. (*)

Susunan pemain:
Wigan: 1-Chris Kirkland; 31-Maynor Figueroa (17-Emmerson Boyce 84), 3-AntolĂ­n Alcaraz, 2-Steve Gohouri, 23-Ronnie Stam; 4-James McCarthy (8-Ben Watson 79), 21-Mohamed Diame (16-James McArthur 80); 20-Hugo Rodallega, 6-Hendry Thomas, 10-Charles N'Zogbia; 9-Mauro Boselli
Chelsea: 1-Petr Cech; 3-Ashley Cole, 26-John Terry, 33-Alex, 2-Branislav Ivanovic (19-Paulo Ferreira 63); 8-Frank Lampard, 12-John Mikel Obi, 5-Michael Essien (10-Yossi Benayoun 79); 11-Didier Drogba; 15-Florent Malouda (21-Salomon Kalou 70), 39-Nicolas Anelka (KMP)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar