04 April 2010

Dicukur Udinese, Juve Sulit ke Zona Champions

Juventus dipermalukan tuan rumah Udinese, 0-3, dalam lanjutan duel Serie-A, Sabtu (3/4/2010). Kekalahan ini menyulitkan Juventus menuntaskan misi finis di empat besar.

Saat ini Juventus sementara terkurung di peringkat ketujuh dengan mengoleksi 48 angka sekaligus selisih tiga angka dari Palermo yang berada di peringkat keempat. Selain itu, Juve juga harus mampu menghadapi persaingan sengit dari Sampdoria dan Napoli yang sama-sama mengincar jatah tiket terakhir Liga Champions.

Kekalahan ini terbilang menyakitkan karena Juventus menekan sejak menit-menit awal. Bahkan, mereka memiliki dua peluang emas yang diciptakan oleh Alessandro Del Piero dan Mauro Camoranesi. Sayang kiper Udinese, Samir Handanovic, berhasil menggagalkannya.

Sebaliknya, meski mengalami tekanan, Udinese mampu membungkam tamunya berkat gol yang dicetak oleh Alexis Sanchez pada menit ke-9. Gol tersebut tercipta setelah Sanchez berhasil memaksimalkan bola liar hasil tembakan Antonio Di Natale yang membentur tiang.

Setelah gol tersebut, Juve langsung menaikkan tempo permainan. Berselang dua menit, Juve nyaris mencetak gol balasan melalui aksi Amauri. Namun peluang itu sia-sia karena tembakannya masih melebar. Peluang emas lainnya terjadi pada menit ke-27.

Del Piero, yang tampil sebagai eksekutor bola mati di depan kotak penalti, nyaris menyarangkan bola. Sayang tembakan kencang dan terukur yang dilepaskannya berhasil digagalkan oleh Handanovic.

Tekanan tersebut membuat Udinese mau tak mau merapatkan barisan pertahanannya untuk mengamankan keunggulan. Praktis, tim tuan rumah hanya berusaha memaksimalkan setiap kesalahan pemain Juve dengan melakukan serangan balik yang cepat. Strategi ini cukup jitu. Pasalnya, Juventus tak mampu mencetak gol balasan hingga turun minum.

Tak seperti pada babak pertama, Juve lebih tampil tertekan. Berkali-kali umpan silang dari Simenoe Pepe dan Mauricio Isla cukup merepotkan barisan pertahanan Juventus. Terus mendapatkan tekanan, Juventus kembali kebobolan oleh gol yang dicetak Pepe pada menit ke-65.

Gol tersebut berawal dari penetrasi yang dilakukan Sanchez. Namun, tembakannya berhasil ditepis Manninger sehingga bola menjadi liar. Sekelebat Pepe yang dalam keadaan bebas langsung melibas bola. Manninger hanya melongok saat bola kembali bersarang di gawangnya.

Mannienger terlihat kesal. Ia melampiaskan kekesalannya tersebut dengan berteriak dan menendang bola ke gawangnya. Sepertinya Manninger memang terlihat sangat kesal karena jala yang menempel dengan mistar terlepas sebagaian. Akibatnya, laga sempat terhenti sesaat. Setelah beberapa petugas berhasil memperbaikinya, laga pun kembali dilanjutkan.

Namun, gawang Manninger hanya sesaat terlihat rapi. Sebabnya, jala Manninger kembali robek oleh tembakan Di Natale pada menit ke-77. Seusai menerima umpan Isla, Di Natale langsung melepaskan tembakan yang bersarang di sisi kiri gawang Manninger. Gol Di Natale itu memeteraikan kemenangan Udinese menjadi 3-0.

Susunan pemain
Udinese: Handanovic; Lukovic, Zapata, Pasquale, Ferronetti; Inler (Sammarco 48), Pepe, Isla; Di Natale (Flores 82), Sanchez
Juventus: Manninger; Cannavaro, Legrottaglie, De Ceglie, Zebina; Melo, Sissoko, Marchisio, Camoranesi (Giovinco 61); Del Piero, (Iaquinta 60) Amauri (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar