04 April 2010

Selain Untuk Kecantikan, Ketimun Ampuh Bersihkan Ginjal

Buah ketimun mengandung silicon, fluorin dan kalium, dan sebaliknya, rendah kalori, sehingga mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh. Cara mendapatkan manfaat ini mudah saja, yakni dengan mengkonsumsi air perasan buah ketimun segar. Lakukan setiap hari, sampai lambung terbiasa menerima cairan ketimun.

Selain sebagai pembersih ginjal, ketimun memiliki banyak manfaat lain. Satu buah ketimun segar, umumnya mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak dan 2,2% karbohidrat. Selain itu ketimun juga mengandung zat bermanfaat lainnya, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Biji ketimun diketahui mengandung racun alkaloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati penyakit cacingan. Biji ketimun juga diyakini mampu meredakan radang tenggorokan, akibat batuk yang diikuti dengan hilangnya suara. Caranya, cukup dengan mencampurkan biji ketimun dengan sedikit garam dan dikumur selama beberapa kali sehari.

Ketimun juga bisa digunakan untuk mengompres saat Anda atau anak Anda demam. Tak perlu menambahkan es, karena buah ketimun sudah memberikan rasa dingin yang dibutuhkan untuk mendinginkan tubuh yang panas akibat demam.

Jus ketimun yang segar dan berguna untuk kesehatan, juga dapat merawat kulit dari kudis. Tak heran kalau ketimun dijadikan sebagai masker muka, sebab selain melembabkan, ketimun membantu kulit menjadi halus dan mulus.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan khasiat ketimun:


1. Mengurangi tekanan darah tinggi
Dua buah ketimun segar dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

2. Mengobati sariawan
Makan buah ketimun mentah sebagai camilan, lakukan secara rutin setiap hari.

3. Mengatasi bengkak di sekitar mata
Mata bengkak karena tidur terlalu larut atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Caranya, iris tipis ketimun dan taruhlah di kedua mata, lakukan sambil berbaring selama 15 menit. Lalu bilas.

Selain sebagai pelengkap dalam menu lalapan, mentimun juga punya nilai lebih untuk merawat kecantikan. Berikut beberapa tips kecantikan yang dapat Anda peroleh dari mentimun.

Astringent Mentimun

Salah satu cara mudah untuk mengurangi kilauan minyak di kulit berminyak:
Potong 1/2 mentimun, kupas dan blender hingga lembut. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Basuh dengan air dingin dan tepuk-tepuk ringan wajah hingga kering.

Masker Mentimun - Avokad

Formula ini berfungsi untuk semuanya: perawatan, mengecilkan pori-pori, dan membantu mengangkat sel kulit mati serta membuat kulit lebih segar.

Blender semua bahan hingga lembut:
1/2 cangkir parutan

mentimun
1/2 cangkir avokad
1 putih telur
2 sendok teh susu bubuk.

Dingin kan selama 30 menit, lalu oleskan di wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit, lalu basuh dengan air hangat. Percikan air dingin setelahnya lalu tepuk-tepuk hingga kering.

Masker Pembersihan Kulit

Jika Anda biasanya bermasalah dengan noda-noda di wajah, masker ini akan membantu anda mencegahnya.

Blender sampai halus bahan-bahan:

1/2 mentimun, dikupas
1 sendok makan susu tanpa lemak
1 sendok makan yogurt

Oleskan di wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu basuh dengan air.

Perawatan Agar Kulit Bersinar

Jika kulit Anda kusam dan berminyak, resep satu ini akan membantu untuk membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan bersinar.

1 sendok teh selai mentimun
Tambahkan sedikit air mawar

Oleskan di wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air hangat.

Meredakan Mata Sembab
Kurang tidur biasanya membuat mata kita jadi sembab, tapi tak usah khawatir mentimun dapat membantu mengatasi masalah ini.

Potong dua iris mentimun, berbaring lah dan letak kan potongan tersebut di masing-masing mata Anda. Biarkan selama 15 menit, lalu angkat.

Mengurangi Lingkaran Gelap di Bawah Kelopak Mata

1. Oleskan selai mentimun, bisa sendiri atau dicampur dengan jus wortel di bagian lingkaran hitam di bawah mata. Biarkan selama 20 menit lalu basuh dengan air dingin.

2. Campurkan selai mentimun dengan susu dan dinginkan selama 30 menit. Oleskan di bagian bawah mata dan biarkan selama 20 menit. Basuh dengan air dingin.

Mentimun tak tahan lama, jadi pastikan menggunakan setiap resep kecantikan tersebut di atas segera setelah membuatnya. Selamat mencoba. (fn/sm/kl) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar