04 April 2010

Messi-Bojan Antar Barca ke Puncak

Pemain Barcelona, Lionel Messi dan Bojan Krkic, mencetak gol yang ikut menentukan kemenangan timnya 4-1 atas Athletic Bilbao dalam duel Divisi Primera, Sabtu (3/4/2010). Barcelona kini mengoleksi 77 poin dan berhak naik ke puncak klasemen, menggusur Real Madrid yang cuma punya 74 poin.

Menjamu Bilbao, Barca tampil tanpa beberapa pemain utamanya. Andres Iniesta masih cedera, sedangkan Zlatan Ibrahimovic dan Dainel Alves diistirahatkan setelah partai berat di Liga Champions melawan Arsenal. Meski begitu, kekuatan "Azulgrana" tetap solid. Yang menarik di pertandingan ini adalah keberanian Pep Guardiola memasang tiga bomber kecil di lini depan, yakni Bojan Krkic, Jeffren Suarez, dan Lionel Messi.

Seperti biasa, sejak awal "El Barca" mampu mendominasi pertandingan. Umpan-umpan pendek antar-lini berjalan dengan lancar. Serangan demi serangan terus dibangun kubu Catalan guna membongkar pertahanan tim tamu. Gol pertama Barca tercipta pada menit ke-27 melalui Suarez. Crossing Eric Abidal dari sayap kiri berhasil dituntaskan oleh Suarez dengan kaki kanannya ke gawang Gorka Iraizoz, 1-0 untuk Barcelona.

Meski unggul, Barca tetap menekan pertahanan Bilbao. Alhasil, gawang Iraizoz kembali bobol pada menit ke-40 melalui aksi Krkic. Umpan terobosan Carles Puyol ke kotak penalti berhasil ditembak Krkic ke pojok kiri gawang Bilbao. Kedudukan 2-0 bertahan hingga turun minum.

Pada paruh kedua, Bilbao bermain lebih baik. Dalam tujuh menit awal, tim besutan Joaquin Caparros mampu melesatkan lima tembakan. Namun, semuanya belum mampu membobol gawang Victor Valdes. Justru Barca yang mendapatkan gol tambahan melalui Krkic pada menit ke-59.

Gol diawali lagi oleh aksi Eric Abidal di sayap kiri. Pemain asal Perancis itu melepas umpan datar ke kotak penalti yang langsung disambar oleh Krkic. Enam menit kemudian, Lionel Messi menambah keunggulan Barcelona menjadi 4-0.

Striker Bilbao, Markel Susaeta, mencetak gol penghibur bagi timnya pada menit ke-77. Skor 4-1 bertahan hingga wasit Antonio Lahoz meniup peluit akhir pertandingan. (*)

Susunan pemain
Barcelona: Valdes; Chigrynskiy, Pique, Abidal, Puyol; Busquet (Xavi 54), Maxwell, Toure; Suarez (Pedro 60), Krkic, Messi.
Athletic Bilbao: Iraizoz; Amorebieta, Jose, Del Campo, Iraola; Martínez, Gurpegui, Gabilondo (Yeste 45), Lopez (Toquero 45); Llorente (Iturraspe 70), Susaeta. (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar