04 April 2010

Pesta 6 Gol, City Tembus Champions

Manchester City berpesta enam berbalas satu ke gawang Burnley dalam duel Premier League, di Turf Moor, Sabtu (3/4/2010). Hasil ini membuat koleksi poin City bertambah menjadi 59 poin, sehingga berhak naik ke peringkat keempat, menggusur Tottenham yang cuma punya 58 poin.

Pesta gol City dibuka oleh Emmanuel Adebayor saat laga baru berjalan empat menit. Menguasai bola di tengah kotak penalti, ia dengan tenang menyepak bola masuk ke tengah gawang Burnley.

Semenit berselang, giliran Craig Bellamy yang mempermalukan kiper Brian Jensen. Setelah menguasai umpan Tevez di dalam kotak penalti, Bellamy mengontrol bola dan melesakkannya ke dalam gawang.

Tak puas hanya menjadi pengumpan, Tevez kemudian menyumbang gol ketiga City di menit ketujuh. Memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Adebayor yang ditepis Jensen, Tevez menyepak bola masuk ke gawang Burnley.

Setelah itu, situasi cukup tenang sampai terciptanya gol keempat City dari kaki Patrick Vieira di menit ke-20. Memanfaatkan umpan Adam Johnson, Vieira menanduk bola masuk ke sudut kiri atas gawang Jensen.

Adebayor kemudian memastikan City tertinggal 0-5 dengan golnya di menit ke-45. Setelah menjangkau umpan Tevez, Adebayor berpenetrasi dan menggocek bola sebelum melepaskan tendangan mendatar yang membuat bola kembali menggetarkan gawang Jensen.

Memasuki babak kedua, City mencoba melanjutkan pesta mereka. Namun, Burnley sudah belajar dari kesalahan di babak pertama dan cukup berhasil meredam nafsu membunuh lawan. Toh, mereka tetap gagal menghindari gol keenam City yang dicetak Vincent Kompany di menit ke-58. Memanfaatkan sepak pojok Adam Johnson, Kompany menanduk bola masuk ke sudut kanan bawah gawang Burnley.

Kebobolan enam gol tanpa balas tak lantas membuat Burnley sudi menyerah. Mereka terus berusaha mencari celah menyerang dan akhirnya berhasil memperkecil ketinggalan berkat gol Steven Fletcher di menit ke-71. Setelah menguasai umpan Jack Cork, ia melesakkan bola ke sudut kanan atas gawang Given.

Setelah gol itu, Burnley semakin bersemangat melancarkan serangan. Namun, City tampak sudah puas dengan tiga poin dan mulai melakukan sejumlah pergantian pemain. Pergantian ini kemudian memang menurunkan kualitas serangan City. Meski tak kebobolan lagi, mereka gagal menambah gol sampai peluit berbunyi panjang.

Susunan pemain:
Burnley: 12-Brian Jensen; 34-Daniel Fox, 18-Leon Cort, 4-Michael Duff, 14-Tyrone Mears; 33-Chris Eagles, 7-Kevin McDonald (42-Jack Cork 45), 2-Graham Alexander, 22-David Nugent; 20-Robbie Blake (11-Wade Elliott 45); 9-Steven Fletcher (10-Martin Paterson 81)
City: 1-Shay Given; 16-Sylvinho (34-Nigel De Jong 67), 33-Vincent Kompany, 28-Kolo Toure, 4-Nedum Onuoha; 39-Craig Bellamy, 18-Gareth Barry, 24-Patrick Vieira, 11-Adam Johnson; 32-Carlos Tevez (52-Alex Nimely 83); 25-Emmanuel Adebayor (14-Roque Santa Cruz 79) (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar