30 Agustus 2010

Modifikasi Fuel Pump Agar Tidak Ngadat


Masih banyaknya pengguna mobil yang mengalami kerusakan pada fuel pump membuat komunitas mobil putar otak untuk mengatasi masalah ini, tentunya agar mobil tidak mogok di tengah jalan.

Seperti komunitas mobil Karimun Club Indonesia. Menurut Ketua Karimun Club Pujiyono Wahyuhadi sudah banyak usaha dari KCI dalam mengantisipasi masalah ini.

"Mulai dengan melakukan kegiatan kuras tangki bersama, hingga membentuk emergency team yang dilengkapi dengan emergency kit yang kami sebut Tangki Jinjing, yaitu jerigen berisi BBM yang dilengkapi fuel pump sehingga bila ada mobil anggota yang mogok maka Tangki Jinjing tersebut dipasang dan mem-bypass sistem fuel pump aslinya sehingga mobil bisa berjalan lagi sampai ke bengkel rekanan KCI terdekat," ujarnya.

Menurut hasil observasi KCI pada unit fuel pump rusak yang baru berumur satu bulan, terlihat tingkat keausan pada komponen komutator ini seperti unit yang telah digunakan bertahun-tahun.

Karenanya KCI, dengan dimotori oleh member Heru dan Ade, melakukan eksperimen dengan melakukan modifikasi pada sistem pompa bahan bakar dengan mengaplikasikan pomp yang berjenis mechanical fuel pump, atau yang dikenal dengan sistem fuel pump type membran untuk mobil Karimun Classic/Kotak.

Seperti diketahui, Karimun Classic menggunakan mesin type F10A yang sama seperti yang digunakan pada mobil Suzuki Carry 1000, dan Katana/Jimny, yang memang masih menggunakan fuel pump type membran.

"Jadi kami mengaplikasikan fuel pump membran milik Katana/Jimny (gambar 1) dan melakukan modifikasi pada fuel pump/filter kit assembly (gambar 2) yang ada di tangki mobil untuk mem-bypass in-tank fuel pump/filter karena bila tidak maka akan menghambat hisapan fuel pump membran yang ada di ruang mesin," ujarnya.

Hasilnya, menurut Puji sangat baik. Fuel pump membran berhasil memberikan suplai BBM yang mencukupi bagi mesin karburator F10A.

"Kami melakukan tes dengan menjalankan mesin hingga 7.000 RPM tanpa masalah. Beberapa member malah menggeber mobilnya hingga kecepatan 145 km per jam tanpa gejala mbrebet sama sekali," ujarnya.

Dengan mechanical fuel pump ini praktis apapun kualitas BBM tidak akan mempengaruhi kinerjanya dalam melakukan suplai BBM untuk pembakaran.
( ddn / ddn / dtk )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar