30 Agustus 2010

Rupiah Dibuka di Level Rp 9.010

Awal pekan ini pergerakan rupiah kembali mengalami pelemahan, karena masih berada di atas Rp9.000 per USD. Namun bila dibandingkan dengan penutupan Jumat lalu, rupiah malah mengalami penguatan.

Berdasarkan data dari yahoofinance, Senin (30/8/2010), rupiah dibuka di level Rp9.010 per USD, setelah pada Jumat sebelumnya menyentuh Rp9.022 per USD.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Lana Soelistianingsih dalam buletinnya memang telah memprediksikan bila nilai tukar rupiah bakal melemah kembali ke atas level Rp9.000 per USD.

"Pelemahan terhadap USD ini juga terjadi di hampir semua mata uang Asia lain. Pelemahan juga terjadi pada IHSG, yang ditutup turun ke 3.104,73 kendati sebagian besar indeks di bursa Asia kemarin ditutup naik," tandasnya.

Sebelumnya, pergerakan rupiah pada pagi ini diperkirakan pada awal pekan cenderung masih akan bergerak ranging (berada dalam range).

Hal ini karena situasi ekonomi global masih dalam ketidakpastian walaupun rasa kekhawatiran global akan sedikit berkurang setelah Pimpinan Federal Reserve, Ben Bernanke yang menyatakan lambatnya pemulihan ekonomi membuat Fed siap mengambil tindakan lebih lanjut demi menopang ekonomi Amerika Serikat (AS).(ade/okz)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar